menjelang pemilihan ketua OSNI periode 2018/2019,para calon kandidat melakukan debat kandidat calon ketua OSNI 2018/2019.

Acara yang dilaksanakan pukul 08.00 WIB berlangsung menarik dan seru,yang menghadirkan argumen dan perang kata kata antar calon ketua OSNI.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al quran kemudian berlanjut dengan sambutan kepala sekolah menengah atas(SMA) Ust Abdurahmat dan doa yang dipimpin oleh Ust Hasyim Abdul Jamil,setelah doa para kandidat memasuki ruangan dan memaparkan visi dan misinya,acara selanjutnya adalah tanya jawab antara kandidat dengan assatid dan santri.

Beberapa dari kita mungkin belum mengetahui manfaat dan jenis dari debat yang ada.berikut ini adalah jenis dan manfaatdari debat.

Debat terjadi karena adanya perbedaan pemikiran, baik satu orang maupun pendapat kelompok. Adanya adu argumentasi karena perbedaan pendapat antara dua pihak atau lebih baik perorangan maupun dalam kelompok. Debat banyak dilakukan untuk mencari pemecahan dalam suatu permasalahan berdasarkan argumen atau pendapat masing-masing . Debat dijadikan suatu kompetisi yang bertujuan untuk memecahkan permasalah yang terjadi.

Ciri-ciri Debat

Debat berbeda dengan diskusi,karena biasanya diskusi bukan hanya karna ada adu argumen akan tetapi karena adanya hal yang ingin dipahami. Debat memiliki beberapa ciri ciri tersendiri diantaranya:

  1. Adanya pihak yang menyetujui tentang hal yang diperbedatkan, dan ada juga pihak yang tidak setuju.
  2. Ada argumen yang digunakan sebagai sarana adu argumentasi.
  3. Adanya sebuah proses mempertahankan pendapat bagi masing-masing pendebatnya.
  4. Adanya pihak netral yang dapat mendinginkan suasana ketika du argumen berlangsung sengit.

Debat tidak hanya sekadar adu argumen dalam suatu forum. Debat yang ada di pesantren Darunnajah 14 merupakan Debat formal,disebut juga Debat konvesional atau debat pendidikan, yakni debat yang dilakukan bukan untuk membuat keputusan. Akan tetapi, debat ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan.

Manfaat Debat

Banyak orang berpendapat bahwa debat dapat memicu sentimen bagi beberapa orang dari mereka yang tidak sesuai argumennya bagi pihak lain. Namun sebenarnya, melakukan debat itu baik untuk dilakukan, karena debat memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  1. Melatih Berpikir Kritis

Berani melakukan adu argumen bukan tanpa dasar. Dengan banyak perbedaan pendapat dengan pendapat yang lain akan mengasah pikiran untuk lebih kritis dalam mencari sumber yang dapat menguatkan argumen.

  1. Melatih Komunikasi

Melakukan debat melatih komunikasi dengan orang lain menjadi lebih baik. debat dilakukan dengan menggunakan kalimat yang mudahdimenegrti agar tidak ada salah persepsi dari lawan debatnya. Sering melakukan debat dapat membuat seseorang terlatih mengolah kata yang akan ditujukan kepada lawan debatnya. Sehingga, melakukan debat dapat melatih komunikasi dengan baik.

  1. Menambah Wawasan

Adanya banyak perbedaan pendapat dan banyaknya argumen yang keluar ketika debat dari satu pihak ke pihak lain akan membantu menambah wawasan bagi pihak lain. Argumen yang sebelumnya belum banyak diketahui bisa jadi menjadi wawasan baru tentang kebenaran suatu hal yang diperdebatkan.

  1. Mendalami Suatu Masalah

Dengan melakukan debat, seseorang akan mempelajari materi lebih dalam yang dapat membantu menguatkan argumen yang dimiliki. Penelusuran terhadap informasi terhadap masalah yang terjadi akan terus dikaji sampai ditemukan suatu referensi yang menguatkan argumennya. Sehingga seseorang akan mendalami suatu permasalahan tersebut.

  1. Melatih Berfikir Kreatif

Ketika melakukan adu argumen dengan orang lain, tujuan memberikan sebuah argumen yakni untuk membuat orang lain paham dan menerima argumen yang dilontarkan agar sependapat. Agar argumennya diterima kebenarannya sehingga orang lain tidak dapat mengelak, seseorang perlu memiliki cara yang kreatif agar orang lain berfikir bahwa argumen yang diberikan adalah benar.

  1. Mendorong Melakukan Penelitian

Efek yang dapat ditimbulkan ketika melakukan debat dan menjadikan seseorang ragu yakni seseorang tersebut akan melakukan penelitian tentang kebenaran suatu hal yang diperdebatkan. Penelitian dilakukan untuk mencari sebuah kepastian dari hal yang diperdebatkan.

  1. Melatih Kepekaan atau Lebih Responsif

Terbiasa melakukan debat akan melatih seseorang lebih peka dan lebih responsif terhadap masalah yang ada. Dengan debat, seseorang tidak hanya diam dan menahan pendapatnya, akan tetapi lebih responsif apabila ada pendapat yang tidak sesuai dengan apa yang seseorang tersebut pikirkan.

  1. Menjaga Kerendahan Hati

Seringkali, debat menimbulkan kericuhan karena adanya adu argumen sengit dan tidak ada pihak yang terlalu kekeh terhadap argumennya. Diperlukan kerendahan hati dari kedua belah pihak agar tidak terlalu memaksakan pendapat. Memertahankan pendapatnya memang bukanlah hal yang salah, akan tetapi berlangsung terlalu memaksakan pendapatnya dan emosional juga tidak dibenarkan dalam debat.

 

  1. Melatih Kepercayaan Diri

Ketika melakukan debat, mau tidak mau harus ada adu argumen dengan mengeluarkan apa yang ada di dalam hati. Dengan melakukan debat, kepecayaan diri dapat didapatkan dibandingkan hanya diam menyimpan permasalah yang tidak berani dikemukaan.

Selain manfaat tersebut, melakukan debat memiliki beberapa manfaat lainnya, yakni:

  1. Melatih Belajar Persuasi
  2. Melatih Keberanian Mengungkapkan Pendapat
  3. Sebagai Refleksi Diri
  4. Mempertahankan Suatu Keyakinan

Penulis:Muhammad Rafi Aliefanto

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 berada di Pabuaran Serang Banten. Pondok Pesantren Modern terbaik ini memiliki dua jenjang pendidikan, yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan Multimedia. Pondok Pesantren Nurul Ilmi khusus menerima santri putra dan menyediakan beasiswa bagi santri berprestasi. Nurul Ilmi memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka, seni bela diri, public speaking (latihan pidato), kursus programming, robot, desain, dan bebagai cabang olah raga seperti futsal, basket, volly, badminton. Pondok Pesantren Modern Nurul Ilmi memiliki banyak prestasi dalam bidang IT (Informasi dan Teknologi), sering menjadi juara dalam perlombaan dari taraf regional sampai nasional. Nurul Ilmi memiliki fasilitas lengkap seperti asrama, masjid, koperasi, laboratorium komputer, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, guest house (penginapan), perkantoran, gedung sekolah, ruang rapat, kantor organisasi santri, dll.