May 182011
 

JAKARTA/dn.com – Rabu, 18 Mei 2011/15 Jumada Tsani 1432 H adalah hari kunjungan tamu Ponpes Putri Assalam Manado yang berjumlah 80 santri beserta guru pendamping.

ditemui oleh H. Mardhani Zuhri, S.Pd.I., MA dan didampingi Organisasi Santri Darunnajah (OSDN) bagian penerima tamu, bagian pengajaran, bagian keamanan, dan  bagian bahasa. Rombongan tiba pk 08.00 – 10.00 dengan 2 bus. mengelilingi areal kampus, kemudian dilanjutkan pertemuan di aula empat windu

Yayasan Assalam Pondok Pesantren Manado Sulut menyelenggalaran tiga jenjang pendidikan, yakni Madrasah Tsanawiyah (MTs) Putra/Putri, Madrasah Aliyah (MA) Putri, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Putri. Assalam Manado beralamat lengkap di  Jl. Kuala Buha kec. Bunaken kota Manado telp.860880.

Ponpes Putri Assalam merupakan salah satu tonggak dakwah Islam di Manado. Bukti keberadaan umat Muslim di Manado dapat dilihat terutama dari simbol-simbol keislaman, seperti masjid, pondok pesantren, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model, jaringan radio Muslim, dan yayasan Muslim. Pesantren tersebut terletak di Dusun Bailang, Kecamatan Bunaken, Kota Manado. Menurut pimpinan pondok, Kholilullah Ahmas, Lc., Pesantren Putri Assalam didirikan tahun 1989. Pendirinya adalah Sumianto dan kawan-kawan, asal Jakarta. Pesantren itu berdiri di atas lahan seluas satu hektar.

Murid-murid pesantren itu tidak hanya terbatas dari Manado. Para santri juga datang dari berbagai wilayah lain di Provinsi Sulawesi Utara, seperti Minahasa, Bitung, dan Bolmong. keberadaan Pesantren Putri Assalam di Manado sangat penting. Setidaknya ada dua alasan. Pertama, misi dakwah. Islam masih dianggap minoritas di Manado maupun Sulut pada umumnya. Keberadaan pesantren ini dapat dikatakan sebagai tonggak dakwah di daerah yang populasi Kristennya masih dianggap dominan. Kedua, meningkatkan mutu keislaman umat Muslim di Manado. Kualitas keimanan mereka masih sangat beragam. Apalagi sebagian kecil dari mereka merupakan muallaf (orang yang baru berpindah dari agama lain ke Islam). Di sinilah pentingnya keberadaan pesantren untuk mendakwahkan agama Islam kepada para pemeluknya atau umat Muslim.

 Leave a Reply

(required)

(required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.