DARUNNAJAH.COM – Bogor. Masih dalam rangka forum Pesantren Alumni (FPA) Gontor di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Berlanjut dengan materi Pengenalan dan Cara Pengoprasionalan Website yang disampaiakn oleh Ustadz Mustofa Zahir, Lc sebagai Webmaster Darunnajah. Seluruh peserta Cyber Skills Training sangat antusias dan semangat untuk terus menyimak bahkan aktif bertanya dan berdiskusi, serta sharing pengalaman dan kendala ketika bermain didunia website.

Webmaster Darunnajah
Webmaster Darunnajah

Kamu belum mengenal dunia website? Hal itu sangat disayangkan, karena zaman now ini, orang yang buta huruf bukanlah yang tidak bisa baca seperti zaman dahulu, tetapi mereka yang buta huruf adalah yang tidak mengenal internet atau website. Karena semua yang kita butuhkan pasti ada di internet.

Sekarang, yuk kita kenalan dengan dunia Website

Website adalah kumpulan halaman yang terdapat di internet, berisi teks, media dan berbagai aplikasi. Website dibuat dengan program, dipanggil dengan domain.

Nah, sekarang sudah kenal kan? Tentu saja. Selanjutnya apa saja jenis Website?

Search Engine, Social Media, E-Mail, Media Sharing, Portal, Blog, E-Commerce, Application, Content Mngt System (CMS), Wiki. Semua jenis website tersebut memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing, tergantung kamu mau pakai yang mana. Dan cara kerja website adalah file dan program akan website disimpan dalam sebuah hosting (server). Website berjalan 24 jam penuh dan bisa diakses dari seluruh dunia. Website menggunakan nama domain sebagai alamatnya. Pengunjung membuka website menggunakan browser yang ada pada perangkat yang terhubung dengan jaringan.

Berbicara mengenai website, sepertinya sangat kurang jika kita masih belum mengerti apa itu Hosting dan Domain. Hosting adalah tempat penyimpanan data-data yang diperlukan oleh sebuah website (file dan database) serta menjalankannya sehingga bisa diakses dari seluruh dunia. Hosting berjalan di dalam sebuah server. Sedangkan Domain adalah nama unik yang manjadi alamat suatu website. Domain berguna untuk memudahkan pengunjung dalam mengingat naam dan alamat suatu website. Lebih pendek doamin yang digunakan maka akan semakin bagus, arenal bih mudah diingat.

Website Darunnajah,
Website Darunnajah,

Nah, untuk website Darunnajah sendiri sudah dibuat sejak 26 Maret 2001, hari ini usianya hampir 17 tahun dan website darunnajah selalu update 15-20 berita setiap harinya. Ini yang membuat para pengunjung selalu betah dengan berita-berita baru yang disajikan. Memiliki 10.100 halaman berita dan artikel yang dikelola oleh 30 anggota website. Dibuka setiap harinya oleh 300 pengunjung, dan para personel admmin website selalu mengadakan pelatihan rutin setiap bulan demi meningkatkan kualitas website.

Conten atau Tulisan menjadi Unsur Utama Pengelolaan Website

Kenapa pengelola website harus fokus ke tulisan? Ini karena pengunjung sangat suka dengan informasi, dan informasi itu akan lebih maksimal jika disajikan melalui tulisan. Tulisan juga akan menjadi faktor sukses terbesar untuk meningkatkan rangking google. Dengan tulisan kita telah berhasil menggunakan teknik paling alami, legal, aset, investasi selama-lamanya.

Apa yang membedakan tulisan di web dengan tulisan di buku? Sangat beda, karena bahasa yang digunakan didalam sebuah web, lebih menggunakan bahasa sehari-hari dan sangat ringan untuk dibaca, mengalir seperti kita yang sedang berbicang-bincang, kadang juga disertai dengan humor, bahkan tidak terlalu mementingkan kaidah jurnalistik atau bahasa yang baku.

Tunggu keseruan materi lainnya dalam Cyber Skill Training & Forum Pesantren Alumni (FPA) Gontor selanjutnya. Jangan sampai terlewatkan ya. Tetap tatap monitormu, agar menjadi webmaster yang lebih handal lagi. (WARDAN/Mbafer)

 

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.