Yang pernah mondok masih ingat kan tentang cerita burung gagak dan kendi yang ada di pelajaran Muthola’ah kelas 3 dengan judul “Al Ghurobu Wal Jarratu”. Pastinya ingat dong, secara ceritanya yang menarik, juga perjuangan ngapalin dan memahaminya, bagaimana tidak semuanya pakai Bahasa Arab.

Seorang Santri Yang Sedang Melaksanakan Praktik Mengajar (Amaliah Tadris) di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Tak sengaja melihat postingan foto seorang santri yang sedang alamiah tadris dengan materi “Al Ghurobu Wal Jarratu” dari perlajaran muhtolaah. Jadi ingat waktu santri bagaimana dulu perjuangan mempersiapkan amaliah tadris, kesana-kemari mempersiapkan I’dad dan bukan sekali dua kali I’dad dicoret-coret ustadz pembimbing karena masih ada kekurangan dan perlu perbaikan.

Mempersiapkan alat peraga juga menjadi tantangan tersendiri cari botol serta batu, dan juga yang tak kalah penting adalah mengilustrasikan materi pelajaran dalam sebuah gambar yang bagus dan tentunya menarik. Jadilah meminta tolong teman yang pandai menggambar untuk membuatkan lukisan burung gagak lengkap dengan botol dan batu-batu kecilnya.

Ketika selesai pelaksanaan amaliah tadris, tibalah saatnya untuk memberikan evaluasi kepada teman yang praktik amaliah tadris. Semua teman dalam satu kelompok memberikan evaluasi tentang kekurangan dan kelebihan ketika sedang praktik dengan dipandu oleh seorang ustadz pembimbing.

Kegiatan Evaluasi Setelah Praktik Amaliah Tadris Yang Dibimbing Oleh Seorang Ustadz

Proses-proses seperti inilah yang akan selalu membekas dalam ingatan santri, bagaimana sebuah proses seorang guru yang mempersiapkan materi ajarnya begitu detail dengan segala macam alat peraganya agar materi yang disampaikan dapat dipahami oleh sang murid.

Begitulah seorang guru dengan keikhlasan dan dedikasnya yang luar biasa mencurahkan segala ilmu yang dimilikinya untuk di transfer atau diajarkan kepada anak didiknya agar kelak menjadi manusia-manusia yang berilmu dan berakhlak mulia./Ahmad Awaludin

Berikut Teks Bahasa Arabnya

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Sekolah Dasar Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan milik Yayasan Darunnajah. SD Islam Darunnajah menggunakan sistem pendidikan terpadu antara ilmu pengetahuan umum dan pendidikan agama Islam untuk mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia, berprestasi, terampil dan mandiri berdasarkan iman dan taqwa. Lembaga pendidikan Islam ini menyediakan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang menarik diantaranya seni bela diri, pramuka, sepak bola, renang, badminton, robotik, marawis, jurnalistik dll. Salah satu program unggulannya adalah hafalan Al-Qur’an juz 30 sehingga diharapkan lulusannya dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama bacaan surat-surat pendek dalam ibadah shalat lima waktu.