Kerjasama yang telah terjalin sejak lama, antara dua negara, yaitu Indonesia dengan Afganistan telah memberikan pengaruh besar tehadap perkembagan Indonesia khususnya. Hubungan antara kedua negara tersebut, sebagian besar didasari oleh solidaritas keagamaan. Karena Indonesia adalah negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, serta Afganistan juga merupakan negara dengan mayoritas Muslim.

Catatan Kerjasama Dua Negara Besar, Indonesia dengan Afghanistan
Catatan Kerjasama Dua Negara Besar, Indonesia dengan Afghanistan

Indonesia telah mengekspresikan komitmennya untuk mendukung dan membantu pembangunan kembali Afganistan pasca Taliban dalam berbagai sektor, termasuk pelatihan teknis, infrastruktur, pemberdayaan wanita, edukasi yang lebih tinggi, dan pelatihan diplomat. Indonesia memiliki sebuah kedutaan besar di Kabul, sedangkan Afganistan memiliki sebuah kedutaan besar di Jakarta.

Menurut sejarah, Afghanistan memiliki kedekatan khusus dengan Indonesia karena merupakan salah satu negara yang mengakui awal kedaulatan Republik Indonesia. Kedua negara telah menjalin hubungan yang baik selama 62 tahun dan berperan aktif menyukseskan Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

Berikut beberapa catatan kerjasama antara Negara Indonesia dengan Negara Afganistan.

Kerjasama dalam Bidang Industri

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Afghanistan merupakan mitra dagang nonmigas terbesar di Asia Tengah. Ke depan, ia berharap, semakin banyak peluang kerja sama ekonomi dapat terjalin antara Indonesia dengan Afghanistan.

Pemerintah berkomitmen untuk memperkuat kerja sama di bidang industri dengan Afghanistan. Salah satu sektor industri yang potensial untuk dikerjasamakan yaitu tekstil.

Kerjasama dalam Bidang Perdagangan

Catatan Kerjasama Dua Negara Besar, Indonesia dengan Afghanistan
Catatan Kerjasama Dua Negara Besar, Indonesia dengan Afghanistan

Beberapa waktu terakhir, pemerintah Afghanistan telah mengambil langkah reformasi untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif. Oleh karena itu, pelaku bisnis Indonesia perlu melihat peluang dagang dan perluasan usaha ke negara tersebut.

Sebaliknya, Indonesia mengundang pelaku bisnis Afghanistan agar meningkatkan penanaman modal di Indonesia khususnya di industri manufaktur, mulai dari sektor barang konsumsi hingga barang modal.

Penghargaan Afghanistan untuk Knowledge Sharing & Capacity Building dari Indonesia

Catatan Kerjasama Dua Negara Besar, Indonesia dengan Afghanistan
Catatan Kerjasama Dua Negara Besar, Indonesia dengan Afghanistan

Pihak Afghanistan menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah Indonesia yang telah memberikan kontribusi dalam peningkatan kapasitas, khususnya melalui penguatan kerjasama teknik (KST) baik dalam skema bilateral, regional/internasional maupun triangular kepada Afghanistan di berbagai bidang termasuk pelatihan dan pendidikan diplomatik.

Dalam hal ini, pihak Indonesia menegaskan kembali komitmen untuk terus mendukung Afghanistan dalam proses pembangunan, perdamaian dan rekonsiliasi, termasuk dengan mendorong kerjasama lebih erat antara para Ulama dan Cendekiawan Muslim. Kedua pihak memandang pentingnya pembangunan Indonesian Islamic Centre (IIC) di Kabul sebagai Symbol of Friendship.

Catatan Kerjasama Dua Negara Besar, Indonesia dengan Afghanistan
Catatan Kerjasama Dua Negara Besar, Indonesia dengan Afghanistan

Kini, Afghanistan tengah mencoba bidang kerja sama baru, yaitu di bidang pendidikan, kebudayaan, dan pertukaran orang, utamanya para ahli dan birokrat. Serta harapan untuk kedapannya adalah, agar segera diadakan kunjungan antara dua negara tersebut. Sehingga kedua pihak dapat secara langsung melihat keadaan yang ada, dan akan memunculkan ide-ide baru yang lebih baik lagi.

Dan saat ini, Pesantren Darunnajah ditunjuk dan dipercayai langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk menerima kunjungan Dewan Perdamaian Tinggi Afghanistan. Sungguh amanah besar yanng telah didapatkan. (Wardan/Mbafer)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur’an.

Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll.

Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.