Ujian Itu Apa Sih ?

belajar ala santri
belajar ala santri

Berbicara mengenai ujian, pernahkan terbesit dalam pikiran anda, bagaimana cara jitu untuk hadapi ujian ? nah… kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara ampuh untuk hadapi ujian.

Fakata Hadapi Ujian

Kebanyakan dari kita selalu pusing jika sudah menghadapi ujian, menghitung mundur waktu ujian, 3…2…1… dan derrrrr tibahalah waktu, sistem kebut semalam pun mejadi trik yang banyak diambil oleh para siswa dalam menghadapi ujian. Apalagi jika mengahadapi ujian matematika, sudah merasa down sebelum menghdapi ujian.

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi ujian, salah satunya perbanyak membaca materi yang sudah dipelajari, terus mengulang materi yang telah dipelajari dan jangan merasa puas, terus mencari materi yang berkenaan tentang materi yang sudah dipelajari.

Masih Malas Belajar ?

Malas belajar bukanlah satu masalah baru bagi para pelajar. Meskipun telah mencari solusi untuk mengatasi rasa malas belajar tetapi solusi  yang diterapkan tidak pernah memberikan manfaat yang besar. Karena rasa malas itu sudah berurat akar didalam darah.

Bukan rahasia umum lagi, kalau ingin menjadi orang sukses haruslah memiliki sikap disiplin yang tinggi. Dimana tidak ada seidikipun difat malas dalam diri kita. Entah itu malas belajar, malas membaca, malas berolahraga, dan mala-malas lainnya.

Rahasia Mengatasi Malas belajar

Rasa malas adalah salah satu bentuk prilaku dari suka menunda. Bila anda suka menuda maka anda pasti akrab dengan sifat malas. Cara paling efektif untuk mengatasi ini adalah melakukan upaya nyata dengan tepat untuk membentuk perilaku baru yang bisa membantu anda memiliki rasa disiplin dalam diri untuk belajar.

Berikut akan kita bahas cara mengatasi malas belajar

  1. Tujuan tertulis

Mungkin anda bertanya mengapa tujuan berpengaruh dalam mengatasi malas belajar ?

Karena tujuan memberi pengaruh  yang sangat besar dalam diri kita saat ingin mencapai sesuatu. Akan memiliki kebanggan tersendiri jika target tertulis telah tercapai.

  1. Strategi belajar

Apakah anda menikmati cara belajar disekolah anda ? apakah belajar disekolah anda menyenangkan ? atau bahkan membuat anda tak berdaya dan semakin malas belajar ?

Strategi yang tepat adalah solusi untuk mengatasi kebiasaan malas belajar disekolah ataupun dirumah, dan ini sangat bermanfaat karena akan memudahkan anda dalam delajar.

  1. Prioritas belajar

Anda perlu membuat prioritas dalam belajar. Apakah anda memberikan sedikit waktu atau lebih untuk mempelajari satu materi tertentu, mengerjakan tugas serta belajar  untuk materi yang akan diajarkan esok hari.

  1. Posisi belajar

Meskipun terasa kurang masuk akal, tetapi ini akan sangat mempengaruhi anda dalam mood belajar. Bila anda belajar sambil tiduran maka lambat laun anda akan tertidur. Akan sulit untuk menahan diri agar tidak tidur. Maka dari itu carilah posisi belajar senyaman mungkin.

  1. Tindakan

Ini adalah pembungkus dari semua uraian diatas. Bila hanya melakuakan langkah pertama dan ke empat anda tidak akan bisa mengatasi rasa malas didalam diri anda. Cara untuk megatasi rasa malas adalah dengan melakukan langkah kecil.

Bila anda melakukan tindakan, meskipun itu tindakan yang sangat kecil. Bila terus  dilakukan secara secara terus menerus maka perlahan tapi pasti anda akan memiliki kebiasaan untuk belajar dan disiplin  untuk belajar dengan baik. Dengan begitu anda akan bisa mengatasi malas dalam diri anda.

Ciptakan Kenyamanan Belajar

belajar nyaman diluar ruangan
salah satu contoh belajar nyaman

1. Memutar musik

Salah satu cara untuk menciptakan suasana belajar yang baik adalah dengan menguunakan musik, terutama musik tanpa vokal, musik jenis tersebut akan membantumu berkonsentrasi dalam belajar. Hal tersebut bukan hanya mitos lho !

  1. Pagi hari lebih efektif

Cobalah untuk bangun di jam 04.00 pagi sebelum kamu melakukan sholat subuh, sempatkan dirimu untuk membuka pelajaran dalam waktu 30 menit. Teknik belajar ini terbukti lebih efektif daripada kamu belajar hingga larut malam dan pagi merasa tidak fit.

Strategi Jitu Hadapi Ujian

stratgi hadapi ujian
Fokus belajar
  1. Perbanyak membaca

Ketika ujian menghampiri, kebanyakan dari kita panik karena merasa tidak mampu menghadapi ujian, hal seperti itu sangat berbahaya karen akan menimbulkan rasa tidak percaya diri.

  1. Perbayak latihan soal

Perbanyaklah mengerjakan soal-soal yang berkenaan dengan materi untuk membiasakan kita dalam mengerjakan soal yang akan kita hadapi ketika ujian.

  1. Buatlah jadwal utuk belajar

Membuat jadwal belajar juga bagian yang penting dalam suksesnya ujian yang kita tempu, mengatur waktu belajar dan membagi meteri yang akan kita pelajari.

  1. Persipakan metal

Percaya diri dalam menghadapi ujian adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam menghadapi segala hal, salah satunya dalam menghadapi ujian, jika kita percaya bahwa kita melaksanakan ujian, maka kita bisa, tetapi jika diawal kita sudah merasa tidak bisa, maka disitulah segala sesuatu yang kita fikirkan aka terjadi. Maka dari itu percaya diri dan berfikir positif sangat diperlukan.

  1. Menjaga kesehatan

Tubuh yang sehat akan membantu otak untuk bisa berinteraksi dalam proses belajar, terlebih ketika kita akan menghadapi ujian.

  1. Stop berfikir mencari bocoran soal

Jangan pernah berfikir akan ada bocoran jawaban dari soal yang diujikan ketika menghadapi ujian berlangsung, hal seperti itu akan membuat kita malas belajar.

  1. Berdo’a yang khusyu’

Khusyu’ dalam berdo’a juga merupakan hal yang sangat penting, karena “Usaha tanpa berdo’a nihil”.

Luruskan Niat Kuatkan Mental

Luruskan niat khusyu' beribadah
Luruskan niat khusyu’ beribadah

Dari kebanyakan siswa banyak melupakan hal yang satu ini. Masih banyak diantara siswa yang belum memilliki orientasi yang jelas . sekolah hanya asal sekolah saja. Yang penting masuk sekolah, tiga tahun kemudian mendapatkan ijazah. Yang benar niatkanlah dalam diri kita untuk mendulang ilmu yang bermanfaat.

Ujian Untuk Belajar

Sebagian dari kita banyak yang mati-matian melakuakan sitem kebut semalam demi mendapatkan nilai yang tinggi, hal seperti itu adalah salah besar, karena yang benar “ujian untuk belajar”, bukan “belajar untuuk ujian”.

Hadapi Ujian Ala Santri

Pesantren Darrunnajah merupakan salah satu mesantren yang mengedepankan tiga standar mutu, yaitu : santri yang mampu berbahasa arab dan inggris, menguasi ilmu pengetahuan agama dan umum, berakhlaqul karimah. Tiga standar mutu Darunnajah tersebut telah mencakup semuanya dari cara kita mengahdapi malas belajar malas membaca dan malas lainnya, tunggu apalagi, mari Daftarkan putra dan putri terbik anda dipesantren Darunnajah.

Kunjungi

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Darunnajah 3 Al-Manshur Serang Banten adalah lembaga pendidikan Islam modern yang menerapkan sistem kurikulum terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris yang intensif.

Lingkungan asri dan alami yang didukung dengan fasilitas lengkap, membuat santri-santri Al-Manshur selalu bersemangat dalam menuntut ilmu. Pesantren Al-Manshur menyelenggarakan pendidikan dari tingkat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah (MD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP/SLTP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SLTA).