Hidup Rapi

Hidup rapi itu sehat
Hidup rapi itu sehat

Manusia itu hidup, bisa bergerak, berfikir, tumbuh, memiliki tempat tinggal, akan tetapi tidak semua manusia memiliki hidup yang rapi, rapi didisini memiliki beberapa arti seperti baik, teratur, bersih. Dengan demikian manusia yang dapat bergerak, berfikir, tumbuh, dan tempat tinggal yang baik, teratur, bersih dapat disebut dengan hidup rapi.

- Advertisement-

Manusia yang memiliki hidup yang rapi akan mendapatkan manfaat yang berharga yaitu kesehatan, dan sebaliknya manusia yang hidupnya awut-awutan, buruk, acak-acakan, kotor pasti memiliki banyak penyakit maka dari itu hiduplah dengan rapi.

Kebersihan

Dengan membuang sampah kita bisa hudup rapi
Dengan membuang sampah kita bisa hudup rapi

النَّظَافَةُ مِنَ الإِيْمَانِ

“Kebersihan sebagian dari iman” kata mutiara ini sudahlah tidak asing ditelinga kita, untuk teman teman yang masik meiliki hidup yang belum rapi dan bingung bagaimana cara memulainya, kata mutiara ini sangatlah cocok selain  kita mendapatkan kehidupan  yang rapi kita juga dapat meningkatkan iman kita karena dalam agama islam kebersihan sangatlah penting dalam mengerjakan semua ibadah.

Tanggung Jawab

tanggung jawab berada di bahu kita
tanggung jawab berada di bahu kita

Langkah pertama untuk mengawali hidup yang rapi yaitu membersihkan kamar atau tempat tinggal dan selanjutnya menjaga tempat tersebut agar terjaga dan tetap rapi, dari sini kita dapat mengasah rasa tanggung jawab kita seperti, mencuci piring setelah makan, merapikan tempat tidur setelah kita tidur, merapikan tempat bermain, mencuci baju, melipat baju setelah mencuci, dll. Dengan bigitu tempat yang kita tinggali akan selalu bersih dan nyaman untuk ditinggali.

Langkan-langkah di atas sangatlah cocok untuk seseorang yang tinggalnya tidak berkelompok. Bagaimana cara memulai hidup rapi apabila kita hidup berkelompok?, caranya sanghatlah mudah dan mirip dengan langakah-langkah sebelumnya hanya merubah langkah awalnya yaitu membuat jadwal piket untuk membersihkan tempat-tempat yang ditinggali, selanjutnya untuk menjaga tempat yang ditinggali agar selalu terjaga kebersihnya.

Mengapa harus membuat jadwal piket jika kita hidup berkelompok?, sebenarnya tidaklah masalah apabila tidak membuat jadwal piket akan tetapi kebersihan tidaklah selalu terjaga karena hanya beberapa orang sadar akan kebersihan, dan amatlah sungguh melelahkan apabila membersihkan tempat tinggal yang ditinggali bersama sendirian, dengan dibuatnya jadwal piket semuanya akan selalu menjaga kebersihan dan setiap indivudu akan memiliki rasa tanggung jawab.

Piket Kamar

Salah satu santri sedang mengerjakan tugas sebagai piket kaamar
Salah satu santri sedang mengerjakan tugas sebagai piket kaamar

Kegiatan piket kamar adalah kegiatan rutin di asrama sanlik (Asrama Cilik) SD Islam Darunnajah, kegiatan ini sangatlah cocok untuk menumbuhkan rasa tanggung jawa santri dalam kebersihan, setiap santri memiliki hari dimana hari tersebut mereka mempunyai tugas untuk membersihkan kamar mereka dan juga selalu menjaga kebersihan kamarnya.

 

 

Zamakhsyari Atba

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Sekolah Dasar Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan milik Yayasan Darunnajah. SD Islam Darunnajah menggunakan sistem pendidikan terpadu antara ilmu pengetahuan umum dan pendidikan agama Islam untuk mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia, berprestasi, terampil dan mandiri berdasarkan iman dan taqwa. Lembaga pendidikan Islam ini menyediakan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang menarik diantaranya seni bela diri, pramuka, sepak bola, renang, badminton, robotik, marawis, jurnalistik dll. Salah satu program unggulannya adalah hafalan Al-Qur’an juz 30 sehingga diharapkan lulusannya dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama bacaan surat-surat pendek dalam ibadah shalat lima waktu.