cara memerah susu sapi yang baik dan benar
cara memerah susu sapi yang baik dan benar

 

Hai sobat pembaca yang berbahagia dalam artikel ini saya akan berbagi tips serta beberapa cara untuk memerah susu sapi baiklah, sebelum kita membahas tentang cara memeras susu sapi kita akan mengenal terlebih dahulu jenis jenis sapi perah yang ada di daerah sub-tropis dan daerah tropis seperti berikut:

JENIS SAPI PERAH TROPIS

  1. Sapi Sahiwal

Sahiwal berasal dari daerah Punjab, perbatasan Pakistan dan India. Sapi jenis ini diklaim sebagai jenis sapi perah tropis terbaik.

Sapi Sahiwal memiliki warna yang beraneka ragam, kebanyakan berwarna coklat muda hingga kemerahan. Bulunya halus dan kakinya pendek.

Sapi ini memiliki bobt tubuh sekitar 500-600 kg untuk jantan dan 450 kg untuk betina. Produktivitas susu sekitar 2500-3000 kg per laktasi.

  1. Sapi Red Sindhi

Sapi ini beraal dari India, terutama berkembang di daerah-daerah kering dan panas. Kulitnya berwarna merah tua, ukuran tubuhnya kecil.

Sapi jantan dewasa berbobot 450-500 kg dan betina 350 kg. Produktivitas susunya 1700 kg per laktasi.

  1. Sapi Gir

Sapi ini masih berasal dari India. Pada umumnya sapi ini berwarna putih, namun ada juga yang berwarna bercak coklat atau hitam dan warna kuning kemerahan.

Berat badan sapi dewasa sekitar 600  kg dan betina 400 kg. Produksi susu mencapai 2000 kg per laktasi.

  1. Sapi Ongole

Sapi ini berasal dari India juga, sapi ongol banyak ditemukan di Indonesia namun biasanya diperlakukan sebagai spai pedaging. Warnanya putih hingga agak gelap.

Bobot tubuh pejantan mencapai 500-600 kg dan betina 450-500 kg. Produksi susu relatif sedikit hanya 1250-1500 kg per masa laktasi.

  1. Peranakan Frisien Holstein (PFH) atau Sapi Grati

Sapi ini banyak dijumpai di daerah Jawa Timur. Sapi ini persilangan antara pejantan Frisien Hosltein (FH) dengan sapi betina lokal dari jenis jawa dan madura. Sapi PFH memiliki karakteristik tubuh agak besar dengan daya adaptasi terhadap iklim tropis yang baik.

Produktivitas susu sapi ini berkisar 2500-3000 liter per laktasi.

JENIS SAPI PERAH SUB TROPIS

  1. Friesien Holstein (FH)

Frisian Holstein bisa dikatakan sebagai sapi perah paling populer di Dunia. Konon, lebih dari 80% populasi sapi perah di Amerika terdiri dari jenis ini. Demikian juga di Indonesia, sejak jaman kolnial hingga sekarang sebagian besar berupa jenis sapi perah FH.

Sapi ini berasal dari Provinsi Friesland di Belanda. Walaupun berasal dari daerah subtropis, sapi ini bisa beradaptasi di daerah tropis.

Sapi FH memiliki badan yang besar, bobotnya sapi jantannya bisa mencapai 1 ton sedangkan sapi betina bisa mencapai 625 kg. Ukurannya paling besar dibanding jenis sapi lain. Sapi ini memiliki ciri-ciri utama warna kulit hitam putih, tanduknya pendek mengarah ke depan.

Produksi susu sapi FH di daerah asalnya bisa mencapai 7245 kg per masa laktasi. Sedangkan di Indonesia 4500-5500 liter per masa laktasi atau setara 10 liter susu per ekor per hari.

  1. Sapi Jersey

Sapi ini berasal dari Pulau Jersey  yang terletak diselat antara Inggris dan Perancis. Nenek moyang sapi ini berasal dari banteng liar yang dikawinkan dengan sapi normandia.

Sapi jersey memiliki warnah tubuh yang beragam, mulai dari hitam, merah tua,  coklat kekuningan terkadang dibagian tertentu ada warna putihnya. Tanduk sapi ini lebih panjang ketimbang FH dan mengarah ke atas.

Bobot sapi perah jenis ini mencapai 625 kg untuk pejantan dan 425 kg untuk yang betina. Produktivitas susunya mencapai 2500 liter per masa laktasi.

  1. Sapi Guernsey

Sapi Guernsey berasal dari Pulau Guernsey, Inggris Selatan. Seperti sapi jersey, sapi ini dikembangkan dari sapi liar Bos Typicus longifrons.  Warna sapi Guernsey coklat kekuningan hingga hampir merah bercampur dengan warna putih. Tanduknya berukuran sedang, arahnya agak condong ke depan.

Bobot sapi jantan bisa mencapai 700 kg dan sapi betina 475 kg. Produksi susunya mencapai 2750 liter per masa laktasi.

  1. Sapi Brown Swiss

Sesuai namanya sapi ini dikembangkan di Swiss. Sapi ini memiliki warna tubuh keabu-abuan hingga coklat. Perilakunya sangat jinak dan mudah dikendalikan.

Sapi Brown Swiss memiliki badan cukup besar. Sapi jantan bisa mencapai 900 kg dan betina 600 kg. Produktivitas susunya mencapai 3000 kg per masa laktasi.

  1. Sapi Ayrshire

Sapi ini berasal dari Skotlandia warnanya coklat kemerahan belang putih. Ayrshire memiliki tanduk yang cupuk panjang. Tanduk tumbuh tegak lurus ke atas.

Bobot tubuh sapi ayrshire jantan bisa mencapai 725 kg dan betina 550 kg. Produktivitas susu sekitar 3500 liter per masa laktasi.

Baiklah setelah kita mengenal beberapa jenis sapi perah kita akan berlanjut dengan pembahasan kita yaitu cara memerah sapi:

  1. Pastikan sapi diikat dengan tali ke sebuah penahan yang kokoh atau ke sebuah tiang penopang.
  2. Bersihkan Puting dengan air sabun atau yodium. Air sabun hangat dapat membantu “memperlancar” susu. keringkan, tapi jangan menggosok atau mengiritasi puting.
  3. Letakan ember di bawah ambing. Lebih baik lagi, tahan ember diantara kaki Anda. Hal ini membutuhkan latihan, tetapi bisa dilakukan, mudah dan nyaman. Posisi ini akan mengurangi kemungkinan sapi menendang ember yang hampir penuh dengan susu.
  4. Duduklah atau berjongkoklah dalam posisi yang memungkinkan Anda untuk menjauh dengan cepat jika sapi menjadi tidak kooperatif. Duduk bersila di tanah, misalnya, adalah tidak aman. Lihat Peringatan di bawah. Sebuah bangku untuk memerah susu umumnya dibuat menggunakan dua potong papapn berukuran 2×4 dan dipaku membentuk “T” – dipotong sesuai ukuran bokong Anda dan pastikan ia cukup rendah untuk mendapat akses yang nyaman ke bagian bawah sapi.
  5. Berikan pelumas seperti Vaseline ke tangan Anda untuk menjaga gesekan seminimal mungkin.
  6. Letakan tangan Anda di dua dari empat dot yang ada. Pilih dot diagonal (kiri depan dan kanan belakang, misalnya). Atau, coba dot depan pertama, kemudian yang belakang.
  7. Remas dasar dot, setelah ia melembut jepit setiap dot antara ibu jari dan jari pertama, sehingga dot tampak mengisi telapak tangan saat Anda menekan ke bawah.
  8. Remas ke bawah untuk mendorong keluar susu, jaga pegangan Anda pada dasar dot sehingga ASI tidak mengalir kembali ke ambing. Jangan bergeser atau mencabut dot. Gerakan ini dilakukan secara berurutan dengan meremas jari Anda dari tengah ke arah kelingking untuk memaksa susu keluar. Jadilah lembut namun tegas. Jauhkan mata Anda untuk menghindari mastitis.
  9. Ulangi dengan tangan yang lain. Kebanyakan orang lebih memilih alternatif (kanan, tangan kiri, tangan kanan, dan lain-lain) gerakan meremas ke bawah karena dibutuhkan sedikit usaha melakukannya daripada melakukannya sekaligus pada waktu yang sama.
  10. Lanjutkan hingga puting yang Anda perah terlihat kempes. Petani yang berpengalaman dapat merasakan ambing untuk tahu persis ketika semua susu telah turun. Bahkan cukup dengan melihat puting dapat memberitahu Anda jika itu telah diperah atau belum.

Sumber: http://www.sumbarprov.go.id

https://id.wikihow.com

by:fuadboy97@gmail.com

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 berada di Pabuaran Serang Banten. Pondok Pesantren Modern terbaik ini memiliki dua jenjang pendidikan, yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan Multimedia. Pondok Pesantren Nurul Ilmi khusus menerima santri putra dan menyediakan beasiswa bagi santri berprestasi. Nurul Ilmi memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka, seni bela diri, public speaking (latihan pidato), kursus programming, robot, desain, dan bebagai cabang olah raga seperti futsal, basket, volly, badminton. Pondok Pesantren Modern Nurul Ilmi memiliki banyak prestasi dalam bidang IT (Informasi dan Teknologi), sering menjadi juara dalam perlombaan dari taraf regional sampai nasional. Nurul Ilmi memiliki fasilitas lengkap seperti asrama, masjid, koperasi, laboratorium komputer, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, guest house (penginapan), perkantoran, gedung sekolah, ruang rapat, kantor organisasi santri, dll.