Saat kamu baca tulisan ini, berarti kamu sedang mencari cara bagaimana belajar Bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan. Ya, dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap namun sederhana.

Bahasa Inggris adalah bahasa Dunia, bahasa yang digunakan hampir di seluruh negara. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris, merupakan idaman hampir semua orang, khususnya mereka yang sedang mencari kerja. Ternyata rata-rata, syarat yang diperlukan adalah mampu berbahasa Inggris aktif.

Di sekolah-sekolah, maupun di Pesantren Modern, Bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran yang diajarkan, bahkan menjadi syarat kelulusan. Itu menggambarkan betapa pentingnya bahasa Inggris.

Namun ada kalanya kesulitan itu datang. Belajar bahasa asing, yakni bahasa inggris ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi jika kosa kata baru yang didapatkan (dalam bahasa Inggris), tidak langsung diterapkan dalam komunikasi sehari-hari. Belajar di sekolah pun waktunya tidak cukup, hanya 2 sampai 4 kali pertemuan saja dalam satu pekan. Lalu kapan bisanya?

Berikut ini adalah salah satu tips, langkah mudah dan cepat untuk belajar Bahasa Inggris, yang bisa kamu coba;

  1. Belajar dari Lagu

Yang paling enak belajar Bahasa Inggris adalah belajar dari lagu-lagu berbahasa Inggris. Dalam hal ini kami sarankan menggunakan video klip nya Maher Zain. Selain berbahasa Inggris,

Lagu Maher Zain berisi nasehat dan memberikan semangat positif, serta ingat kepada Allah dan Rasul-Nya. Jangan lupa, belajar lewat lagu gunakan teks liriknya. Tiru pengucapannya sambl ikut menyanyikan lagu. Inilah cara belajar bahasa inggris yang menyenangkan.

  1. Belajar dari Film

Belajar lewat Film, tak kalah serunya. Bagaimana caranya? Gampang saja, kamu cari Film berbahasa Inggris, gunakan subtitlenya. Namun tidak seperti biasanya kita menggunakan subtitle Indonesia, justru sebaliknya. Film berbahasa Inggris, gunakan teks subtitle inggrisnya. Dari situ kita bisa cek pengucapan dan teks kalimatnya. Perhatikan dan berusaha untuk menirukannya.

Ya, biasanya kita nonton film menggunakan subtitle bahasa indonesia, kali ini ganti. Gunakan teks subtitle Bahasa Inggris! Tidak peduli faham artinya apa tidak. Yang penting telinga kita sudah terbiasa mendengarkan pengucapan-pengucapan dalam bahasa Inggris.

3. Belajar dari YouTube

YouTube saat ini sudah menjadi media raksasa, tempat belajar apa saja yang kita mau. Semua ada! Mulai dari belajar memasak, belajar bermain musik, sampai belajar bahasa Inggris. Untuk belajar Bahasa Inggris di YouTube, silakan subscribe channel-channel yang memiliki konten khusus berisi pelajaran bahasa Inggris.

Ada banyak contohnya, seperti Channel Youtube bernama “BBC Leraning English”, “Oxford Online English”, “English with Lucy” dll, silakan cari dan subscribe, agar kamu bisa mendapatkan video-video terbaru mereka. Ingat, belajar dari video jauh lebih mudah dan menyenangkan dari pada belajar lewat Buku. Bukan begitu?

4. Belajar dari Aplikasi Mobile

Ada banyak aplikasi Mobile, baik android maupun iOS yang bisa kita manfaatkan untuk membantu belajar Bahasa Inggris. Diantaranya adalah “Duolingo: Belajar Ingris”, di Duolingo, kamu bisa belajar bahasa inggris sambil bermain. Setiap pelajaran ada tahapannya dan penilaiannya. Dan kamu bisa mengetahui perkembangannya. Selain itu, ada juga “Memrise: belajar bahasa Inggris”, “Learn 50 Languages”, “Lingualy – Practice a Language”, “Learn English Converstion” dan masih banyak lagi.

5. Belajar di Media Sosial

Kamu punay Facebook? Manfaatkan untuk mencari teman yang ada di luar negeri. Kamu ajak berkenalan dan menggunakan bahasa Inggris. Sebagai permulaan mungkin cukup dengan berbalas komentar di wall, lalu menggunakan pesan pribadi (mesenjer).

Jika sudah kenal baik, kamu bisa ajak video call dan kamu bisa berkomunikasi dengan mereka, tentu dengan berbahasa Inggris. Selain mencari teman orang luar negeri, bisa juga kamu ikuti grup-grup facebook khusus belajar Bahasa Inggris. Kamu juga bisa belajar disana.

6. Praktek bersama teman

Belajar Bahasa InggrisSudah lakukan hal semua diatas? Jangan lupa langkah ini juga perlu dicoba. Silakan bentuk club dan kelompok belajar Bahasa Inggris. Cari teman-teman sekolah atau sepermainan yang memiliki minat sama untuk belajar bahasa inggris. Ajak mereka untuk berbahasa Inggris.

Jika kamu membentuk kelompok belajar bahasa Inggris bersama teman, tanamkan komitmen saat bertemu dengan mereka untuk menggunakan bahasa inggris saat bertemu. Itu akan mengasah kemampuan kamu dalam menguasai bahasa inggris.

Bagaimana, tips ini layak di coba? Silakan praktekkan, dan jangan lupa. Share artikel ini agar teman kamu juga mendapatkan manfaatnya. [WARDAN/DR]

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.