Bukan Sekedar Menghafal Al-Qur’an. Kenali Juga Keutamaannya

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Menghafal Al-Qur’an? Apa sih keutamaan menghafal Al-Qur’an?

Yuk sama-sama kita cari tahu keutamaan menghafal Al-Qur’an melalui artikel ini

Pada era saat ini sudah sangat banyak sekali lembaga-lembaga islam khususnya, yang memprioritaskan hafalan Al-Quran dalam sistem pendidikannya. Dan juga tak jarang saat ini kita bisa temukan pondok pesantren tahfizh Al-Qur’an yang tersebar di seluruh Indonesia.

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat islam yang diwahyukan kepada nabi Muhammad SAW 14 abad yang lalu. Namun, masih terjaga keaslian isi dan kandungannya hingga sekarang. Tak berubah 1 hurufpun sejak diwahyukan melalui pesuruh Allah, Malaikat Jibril yang mulia kemudian dijaga oleh para sahabat

Kenapa Al-Qur’an bisa terjaga sampai sekarang? Yap benar, karena menghafal Al-Quran memiliki beberapa keutamaan jika dibanding kitab suci sebelumnya. Berikut keutamaan Al-Qur’an berdasarkan Hadits:

  1. Penghafal Al-Qur’an menjadi keluarga Alllah

“Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, “Siapakah mereka ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Para ahli Al Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya.” (HR. Ahmad)

  1. Lebih diutamakan untuk dihormati dan didahulukan

“Yang menjadi imam suatu kaum adalah yang paling banyak hafalannya.” (HR. Muslim)

  1. Mendapat syafaat dari Alquran

“Penghafal Quran akan datang pada hari kiamat dan AlQuran berkata: “Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia. Kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan). AlQuran kembali meminta: Wahai Tuhanku, ridhailaih dia, maka Allah meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu, bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga). Dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan.” (HR Tirmidzi)

  1. Termasuk sebaik-baik manusia

“Sebaik-baik orang di antara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya” (HR. Bukhari)

  1. Dimuliakan oleh Allah

“Sesungguhnya termasuk mengagungkan Allah menghormati orang tua yang muslim, penghafal Al Qur’an yang tidak melampaui batas (di dalam mengamalkan dan memahaminya) dan tidak menjauhinya (enggan membaca dan mengamalkannya) dan Penguasa yang adil.” (HR. Abu Daud)

  1. Orang lain boleh iri padanya

“Tidak boleh seseorang berkeinginan kecuali dalam dua perkara, menginginkan seseorang yang diajarkan oleh Allah kepadanya Al Qur’an kemudian ia membacanya sepanjang malam dan siang, sehingga tetangganya mendengar bacaannya, kemudian ia berkata, ’Andaikan aku diberi sebagaimana si fulan diberi, sehingga aku dapat berbuat sebagaimana si fulan berbuat” (HR. Bukhari)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Video Call Santri Dengan Orang Tua

Pesantren memberi fasilitas video call gratis bagi santri untuk menjalin komunikasi yang baik dengan ayah dan ibu tercinta Darunnajah Principal’s Speech On The Courtesy Call