Sekilas STAI Darunnajah

Tentang

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darunnajah berdiri pada tanggal 3 Agustus 1986, dengan nama Ma’had ‘Aly, dengan spesialisasi (jurusan) Syari’ah. Program tersebut awalnya dibangun untuk para alumni Pondok Pesantren Darunnajah agar bisa melanjutkan serta memperdalam pengetahuan di bidang kajian syari’ah.

Seiring dengan ketentuan sistem pendidikan nasional, nama tersebut kemudian berganti Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah (STIS) Darunnajah, yang sebelumnya pernah bernama Institut Agama Islam Darunnajah (IAID).

Dengan perkembangan minat calon mahasiswa baru yang saat itu tidak hanya berasal dari alumni Pondok Pesantren Darunnajah, STIS Darunnajah membuka jurusan baru yaitu Pendidikan Bahasa Arab dan Kependidikan Islam, yang secara otomatis STIS Darunnajah berganti nama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darunnajah.

Saat ini STAI Darunnajah menyelenggarakan program studi Ahwal Syakhshiyyah (Syari’ah), Kependidikan Islam (Tarbiyah) dan Pendidikan Guru Raudhotul Athfal (PGRA)

STAI Darunnajah dipersiapkan untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada tingkat universitas yang mampu menjawab tantang global di era teknologi informasi, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern yang tetap berpegang kepada prinsip-prinsip dasar agama.

 

VISI, MISI, DAN TUJUAN STAI DARUNNAJAH

Visi Singkat : “Unggul, Visioner dan Kompetitif”

VISI : 

“Terwujudnya tenaga Pendidik dan Kependidikan yang profesional, handal, dan berwawasan  global dalam pengembangan ilmu-ilmu kependidikan Islam pata tahun 2020”

                          

MISI:

STAI Darunnajah memiliki misi sebagai berikut:

1. Menyelenggarakan Program Studi Kependidikan Islam yang bermutu.

2. Mendidik dan mengembangkan sumber dayainsani yang  islami pada berbagai ilmu pengetahuan.

3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat  dalam membangun peradaban islam.

4. Memadukan dan mengembangkan  studi keislaman dalam pendidikan dan pengajaran.

TUJUAN:

Secara umum tujuan pendidikan STAIDA bermuara pada upaya pengembangan manusia yang beriman, bertaqwa, bermoral, berakhlak mulia, berilmu, profesional, religius, dan memiliki integritas dan cinta terhadap bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Secara rinci tujuan itu adalah sebagai berikut:

  1. Membina dan mengembangkan mahasiswa untuk menjadi ilmuwan dalam hukum Islam, tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan tenaga profesional lainnya yang beriman, bertaqwa, profesional, berkompeten tinggi dan berwawasan kebangsaan.
  2. Melanjutkan bakat dan minat para alumni Madrasah Aliyah dan Sekolah yang sederajat dalam mengkaji dan mengembangkan Ilmu Agama Islam terutama dalambidang Hukum Islam dan Pendidikan Islam.
  3. Mendukung pengembangan kehidupan politik, ekonomi, sosial dan budaya, dan pendidikan dengan berperan sebagai kekuatan moral yang mandiri
  4. Mendukung pembangunan mansyarakat yang religius, demokratis, cinta damai, cinta ilmu, dan bermartabat.