Alqur’an adlah kitab suci Ummat Islam yang tak perlu diragukan lagi kebenaran isinya, sebagai firman Alla yang diwahyukan kepada Rasul-Nya Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam melalui perantara malaikat jibril. Al-Qur’an merupakan panduan sekaligus pedoman bagi ummat manusia, yang sudah sangat lengksp membahas setiap aspek kehidupan. Dan kita sebagai seorang Muslim hendaknya selalu berusaha untuk selalu membacanya dan memhahami kandungan setiap ayat demi ayat Dalam Al-Qur’an.

5 tips agar bisa konsisten dalam membaca Al-Qur'an
5 tips agar bisa konsisten dalam membaca Al-Qur’an

Namun, ada kalanya kita memiliki kebiasaan menunda nunda waktu untuk setidaknya membaca 1 atau dua lembar ayat suci Al-Qur’an. Kadang karena malas, sibuk, atau alasan lainnya. Yaa.. yang namanya mengerjakan kebaikan pasti aka ada banyak sekali godaannya. Setan tidak akan pernah berhenti mengganggu.

Padahal sebenarnya, jika kita telah mempelajari lebih jauh tentang keutamaan membaca dan pahala yang akan kita dapatkan jika membaca Al-Qur’an. Pastilah kits sksn lebih rajin dan lebih sering membaca Al-Qur’an dan mentadabburinya. Untuk kemudian kita aplikasikan dalam kehidupan kita. Terlebih lagi jika kita mengajarkannya kepada orang lain.

Dan sudah seharusnya, kita sebagai seorang muslim meluangkan sedikit waktu dalam sehari misal 1 atau 2 jam untuk membaca Al-Qur’an. Kalu kita biasanya menghabiskan waktu berjam-jam di sosmed, masa’ 1 jam buat Al-Qur’an gak bisa.

Nah, Karena itu dalam artikel kali ini saya akan berbagi tips bagaimana caranya supaya kita bisa konsisten dalam membaca alqur’an. Setidaknya, 1 juz perhari.

Berikut adalah tips-tipsnya, semoga bermanfaat.

1. Pelajari dan ketahui tentang manfaat dan keutamaan membaca Al-Qur’an

 “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dari huruf itu, dan satu kebaikan itu akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan alif-lam-mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. Turmudzi)

Sekarang, coba kita bayangkan, kalau kita berhasil menyelesaikan 1 juz dalam Al-Qur’an. Dan dari setiap huruf yang kit abaca diberikan ganjaran 10 kali lipat, begitu luar biasa pahala yang kita dapatkan dari membaca Al-Qur’an.

Oke sepakat ya, ada banyak sekali keutamaan membaca Al-Qur’an. Apalagi mereka yang mempelajari dan mengajarkannya, kebaikannya akan selalu mengalir dan menjadi jariah yang pahalanya tetap mengalir walaupun sudah mati. Dan mereka juga disebutan sebagai sebaik baik makhluk sejagat raya. Dan terlebih lagi, mereka akan mendapatkan syafa’at di akhirat kelak.

Jadi, tidak ada lagi sebenarnya alasan untuk idak membaca Al-Qur’an.

2. Buat komitmen pada diri sendiri

Buatlah komitmen dan janji pada diri sendiri untuk bisa selalu Istiqomah dalam mambaca Al-Qur’an setiap hari. Yakinkan diri sendiri, bahwa tidak ada yang bisa memisahkan kita dari Al-Qur’an kecuali jika ajal suda datang menjemput. Jadikanlah Al-Qur’an sebagai pelita jika kita Tersesat dalam kegelapan. Yakinlah! Al-Qur’an akan menjadi kompas jikala kita tersesat dan kehilangan arah, dan sebagai obat jikala hati kita sakit.

3. Mencari teman yang tujuannya sama

Nah.. Menurut saya inilah sebenarnya hal yang paling berpengaruh dalam usaha kita dalam mempertahankan konsisten membaca Al-Qur’an kita. Bersama sama dengan orang yang sholeh dan sholehah yang sama sama mencintai Al-Qur’an akan mendorong keinginan kita dalam membaca dan Mempelajarinya. Secara langsung atau tidak kita akan selalu semangat dalam membaca dan mempelajarinya.

Kalau kita tidak bisa menemukan orang orang seperti itu karena beberapa alasan, maka kita bisa ikut di komunitas social media yang punya satu visi dengan kita. Contohnya komunitas One Day One Juz.

4. Bergabung dengan komunitas pecinta Al-Qur’an

Mungkin, kita tidak bisa menemukan orang di lingkungan kita yang juga mencintai Al-Qur’an dikarenakan beberapa hal. Jangan putus semangat! Ada banyak komunitas komunitas diluar sana yang juga satu tujuan dengan kita. Apalagi seiring berkembangnya zaman komunitas komunitas ini banyak yang menyediakan komunitas online.

Di dalamnya kita bisa banyak belajar dan mendapatkan banyak motivasi yang bisa kita jadikan sebagai batu loncatan untuk mempertahankan semangat serta kemauan kita dalam membaca dan mempelajari Al-Qur’an.

5.Mencintai Al-Qur’an dan memiliki hasrat untuk terus mempelajari Al-Qur’an

Dan satu lagi niih.. tipsnya agar bisa Istiqomah dan konsisten membaca Al-Qur’an. Yaitu cintailah Al-Qur’an, dan milikilah hasrat untuk selalu membacanya. Adakalanya kita merasa jenuh atau mungkin ada rasa malas yang mulai menggoda. Sesungguhnya, saat itu Al-Qur’an lagi rindu dan pengen dibaca sama kita. Maka, cintailah Al-Qur’an, Kitab Allah yang maha sempurna.

Selain itu, jangan malu untuk membaca atau bertilawah di tempat umum. Karena untuk mencapai satu juz satu hari, bisa saja kita membaca Al-Qur’an dimanapun kita berada kalau ada waktu kosong. Buat apa malu? Toh, kan mereka Cuma manusia.. masa bodo mereka mau bilang apa. Kan yang member kita pahala itu Allah, bukan mereka.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini