Tips Menghadapi Ujian Dengan Baik Dan Tenang.

Harus Fokus
Harus Fokus

Mendengar kata ujian pasti membuat kita menjadi takut akan banyak nya soal dan hafalan yang membuat otak pusing.Tapi sebenarnya ujian bisa memberi kita banyak pelajaran dan manfaat yang dapat membuat kita lebih baik di kemuduan hari.

Berikut ini beberapa cara menghadapi ujian dengan baik dan tenang:

1.jangan mudah gelisah.

Student
Student

Pasti hampir semua orang gelisah jika harus  berhadapan dengan yang namanya ujian.karena yang selalu ada di dalam pikiran kita adalah bagaimana susahnya menjawab soal yang begitu rumit.maka dari itu hadapi ujian dengan hati yang tenang dan jangan mudah terbawa dengan materi ujian yang tidak menyenagkan.

2.perhatikan soal sebelum menjawab.

ketika ingin menjawab soal ujian,pikirkan dahulu jawabanya yang ingin dijawab
Buat kerangka jawaban singkat untuk soal dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis. Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak  dituliskan dulu.

3.perbanyak pemahaman.

Dalam ujian jangan selau terpacu dengan hafalan,jika kita selalu terpacu pada hafalan dan kurang terhadap pemahaman maka kita akan kesulitan dalam menjawab soal akibat kurang penjelasan.

4.datanglah dengan persiapan matang.

Bawalah peralatan ujian seperti pulpen,penghapus,pensil dan lain lain dan persiapkan materi ujian ynag akan dilaksanakan esok hari.

5.tenang dan percaya diri.

Percaya terhadap diri sendiri bahwa kita mampu melakukan dan berhasil dalam ujian.

6.jangan menganggap remeh ujian.

Seperti banyak orang lakukan jika melihat pelajaran yan dianggap mudah pasti akan meremehkan pelajaan tersebut yang berakibat lemah atau kesulitan saat mengerjakan soal karena soal yang diperkirakan tidak masuk dalam soal ujian.

7.belajar di luar kelas.

Selain belajar di dalam kelas belajarlah di luar kelas sehabis belajar di kelas yan berguna mengulangi atau review materi pelajaran yang telah diberikan diberikan di kelas.

8.banyak berdoa.

Usaha yang dilakukan tanpa doa adalah sombong.maka dari itu kita harus banyak berdoa agar ujian kita baik dan lancar.laksanakan lah berdoa di wakti yang nustajab seperti waktu sehabis sholat,waktu sehabis membaca alquran,doa diantara waktu adzan dan iqomah dan masih banyak lagi waktu yan mustajab dalam berdoa.

9.ujian sebagai waktu kita mengevaluasi diri.

Dalam ujian kita dapat mengetahuai sejauh mana diri kita mampu belajar dengan baik.apakah sudah baik atau jelek.

10.disiplin dalam belajar.

Tidak menunda waktu kita saat belajar merupakan kesalahan yan membuat kita tiadk dapat menatur waktu dengan baik.

11.memahami pelajaran yang akan dipelajari.

Saat dikelas pasti dari kita memiliki banyak sekali materi yang dipelajari,maka dari itu jika kita ingin memahami pelajaran dengan baik maka ambil poin penting atau kesimpulan dari setiap pelajaran yan diajarkan.

12.berlatih sebelum menhadapi ujian.

Semakin banyak kita berlatih akan dapat membantu kita dalam mengerjakan soal tersebut.

13.ciptakan suasana yang nyaman.

Dalam melakukan persiapan ini, kita harus menciptakan suasana yang nyaman dan tenang untuk belajar, agar tidak mengganggu konsentrasi. Jangan sampai aktivitas belajar mengganggu dan terganggu oleh pihak lain. Hal ini mengingat bahwa masing-masing diri kita memiliki gaya belajar sendiri-sendiri, nah kita harus menyesuaikan dengan diri Tentu persiapan yang paling utama sebelum menghadapi ujian adalah belajar. Kalau bisa belajarnya sendiri misalnya, bisa belajar di luar ruangan dengan suasana yang fresh dan tenang atau kamu bisa juga belajar sambil mendengarkan alunan musik yang sesuai dengan mood kita sendiri.

14.pilih waktu yang tepat dan terencana.

Tentu tidak semua orang mempunyai waktu belajar yang sama. Pilihlah waktu belajar yang tepat disesuaikan dengan ketersediaan waktu yang kalian miliki. Waktu belajar yang paling pas adalah pada saat tubuh kita masih segar. Biasanya saat pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh.

Selain memilih waktu belajar yang tepat, kamu juga harus merencanakan waktu belajar yang terstruktur. Waktu belajar yang sudah terencana dengan baik, harus dilakukan dengan konsisten misalnya, setelah belajar materi yang pertama, lanjut ke materi yang kedua. Selang istirahat dan makan, lanjut lagi materi yang ketiga.

Persiapkan dengan matang dari jauh hari sebelum waktu ujian akan lebih efektif daripada harus belajar sehari sebelumnya atau yang sering dikenal dengan SKS (Sistem Kebut Semalam)atau pun the power of kepepet. Fokuslah terlebih dahulu pada materi yang kurang dikuasai. Buatlah rencana waktu belajar yang realistis.

 

15.belajar memahami materi yang akan di ujikan.

Untuk memahami materi yang akan diujikan, kita juga harus rajin membaca materi-materi baru ataupun materi-materi yang sudah dipelajari. Buatlah target minimal membaca materi baru dua kali dalam sehari serta mengulang materi yang sudah dipelajari minimal satu kali dalam sehari. Adanya target untuk mengulang materi akan membuat lebih memahami terhadap materi yang akan diujikan.

Tips agar  mudah memahami materi yang akan diujikan adalah dengan menuliskan intisari atau kesimpulan dari setiap materi yang telah dibaca ulang. Temukan kata-kata kunci dalam materi tersebut. Kata-kata kunci akan berguna saat kita mengulang materi sebelum menghadapi ujian. Selain menemukan kata-kata kunci, kamu juga bisa membuat peta konsep, karena dengan adanya peta konsep akan menambah daya ingatmu terhadap materi yang sedang dipelajari.

Mungkin inilah beberapa tips dalam menghadapi ujian dengan baik dan tenang agar kita sebagai seorang pelajar tidak perlu lagi merasa was was dan tidak tenang trhadap berbagai jenis ujian yang akan kita hadapi dan akan merubah mind set kita terhadap ujian yang kita pandang selama ini menakutkan.

MUHAMMAD RAFI ALIEFANTO

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 berada di Pabuaran Serang Banten. Pondok Pesantren Modern terbaik ini memiliki dua jenjang pendidikan, yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan Multimedia.

Pondok Pesantren Nurul Ilmi khusus menerima santri putra dan menyediakan beasiswa bagi santri berprestasi. Nurul Ilmi memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka, seni bela diri, public speaking (latihan pidato), kursus programming, robot, desain, dan bebagai cabang olah raga seperti futsal, basket, volly, badminton.

Pondok Pesantren Modern Nurul Ilmi memiliki banyak prestasi dalam bidang IT (Informasi dan Teknologi), sering menjadi juara dalam perlombaan dari taraf regional sampai nasional.

Nurul Ilmi memiliki fasilitas lengkap seperti asrama, masjid, koperasi, laboratorium komputer, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, guest house (penginapan), perkantoran, gedung sekolah, ruang rapat, kantor organisasi santri, dll.