Masih bertema tentang alam dan dunia hewan siswa-siswi  kelas II SD Islam Darunnajah mengadakan outing class ke Sentul Fresh pada hari Selasa, 23 Januari 2019. Sebanyak 125-an siswa dan 10 guru pendamping diberangkatkan dari kampus Darunnajah dengan menggunakan 2 armada bus menuju ke daerah perbukitan di sekitaran Sentul Bogor Jawa Barat.

Dunia anak adalah dunia bermain, untuk itu tema pada outing class kali ini adalah bermain sambil belajar mengenal binatang ternak. Dimana pada kesempatan kali ini para siswa akan berkenalan dengan binatang ikan, kerbau, sapi, cacing, dan kelinci.

Setelah 1,5 jam berada di atas bus, tibalah rombongan para siswa SD Islam Darunnajah ke tempat tujuan. Para sisw berbaris dan dibagi ke beberapa kelompok untuk memudahkan kakak pemandu Setul Fress menjelajahi setiap pos pembelajaran yang tersedia.

Pada pos pertama para siswa diberi kesempatan untuk memberikan makan burung merpati di atas jembatan mini yang membentang diatas kolam ikan untuk selanjutnya setelah burung merpati berkumpul di atas jembatan para siswa secara bersamaan berlari untuk menangkapnya. Dan ternyata momen ini sangat menarik dan bagus untuk diabadikan dengan foto, terlihat dari hasil jepretan kamera yang diterima redaksi.

Para siswa begitu antusias mendengarkan penjelasan kakak pemandu saat memberikan pengetahuan singkat tentang kegiatan apa yang akan dilakukan di Sentul Fresh dan apa saja peternakan yang dilaksanakan di sini. Setelah acara ramah tamah selesai, paras siswa sesuai dengan kelompok dan pemandunya  menuju ke tempat atau pos masing-masing.

Pos pertama, para siswa belajar tentang budidaya ikan konsumsi. Dimana para siswa langsung belajar di kolam ternak ikan, ada bermacam-macam ikan yang sering atau dapat dikonsumi oleh masyarakat indoneisa. Ikan yang populer dan menjadi lauk sehari-hari masyarakat antara lain: ikan emas, ikan mujahir, ikan patin, ikan, gabus, dan ikan lele. Para siswa diberi kesempatan satu persatu untuk memberikan makan ikan yang telah disediakan oleh para pendampng.

Setiap siswa dapat memberikan dua atau tiga genggam pelet/makanan ikan untuk diberikan pada ikan yang ada di kolam dengan cara disebar/dilemparkan ke tangah kolam. Sangat antusias dan terlihat jelas keceriaan para siswa ketika melihat respon ikan berebutan melahap setiap biji pelet yang mengambang di air.

Selanjutnya  para siswa menuju ke kandang sapi, walaupun masih berjarak 50 meter tapi khas bau kotoran sapi sudah menyengat hidung, ada yang mual ada juga yang biasa saja mencium aroma ini. Kakak pemimbing yang bertopi koboy itu mengambil sebuah ember dan meletakannya di bawah perut sapi, kemudian secara perlahan-lahan tangannya mengurut dari atas ke bawah kantong susu yang berada di bagian bawah perut sapi. “oh seperti itu cara memerah susu sapi” kata salah seorang siswa yang jongkok di dekat sapi.

Satu per satu para siswa belajar memerah susu sapi secara bergilirian, ini menjadi pengalaman yang menarik dan mungkin sangat berkesan bagi para siswa. Yang biasanya meminum susu sapi kemasan atau instant yang tinggal minum saja, sekarang siswa secara langusng belajar proses pembuatan susu sapi dari tahap pertama yaitu pemerahan.

Ada yang baru tahu loh, ternyata cacing jug diternakan, ya di sentul Fresh ini ada tempat pembiakan dan peternakan cacing. Mungkin ada sebagian dari kita yang merasa jijik atau geli ketika melihat cacing dengan bentuknya yang kecil, panjang dan licin itu, tapi ternyata dari binatang yang menjijikan bagi sebagian orang ini bernilai ekonomis loh, buktinya cacing bisa menghasilkan uang.

Cacing yang diternakan ini biasa digunakan untuk konsumsi burung peliharaan dan ikan, dan katanya juga cacing digunakan sebagai bahan obat-obatan loh. Dan Allah sudah berkata dalam firmannya “Dan kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung, dna kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran. Dan kami telah menjadikan untukmu di bumi keperluan-keperluan hidup, dan (kami ciptakan pula) makhluk-makhluk yang kamu sekali-kali bukan pemberi rizki kepadanya (QS. Al Hijr, 15: 19-20

Jadi semua yang diciptakan Allah tidak sia-sia, semuanya memberikan manfaat secara langsung ataupun tidak langsung pada manusia. Maka sebagai manusia yang beriman kepada Allah kewajiban bagi kitalah untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah karuniakan kepada kita semua.

Semoga dengan kegiatan outing class kali ini dapat memperkaya pengetahuan para siswa kelas II atas kekayaan satwa yang allah berikan di atas bumi nusantara ini sehingga menumbuhkan kesadaran untuk selalu bersyukur atas nikmat Allah. Amin

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Sekolah Dasar Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan milik Yayasan Darunnajah. SD Islam Darunnajah menggunakan sistem pendidikan terpadu antara ilmu pengetahuan umum dan pendidikan agama Islam untuk mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia, berprestasi, terampil dan mandiri berdasarkan iman dan taqwa. Lembaga pendidikan Islam ini menyediakan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang menarik diantaranya seni bela diri, pramuka, sepak bola, renang, badminton, robotik, marawis, jurnalistik dll. Salah satu program unggulannya adalah hafalan Al-Qur’an juz 30 sehingga diharapkan lulusannya dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama bacaan surat-surat pendek dalam ibadah shalat lima waktu.