Bersih itu indah

bersih adalah keadaan yang bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. Sehingga membuat kita tidak nyaman dimana pun kita berada.

Bersih itu Sehat loh !

 

Kebersihan adalah salah satu tanda dari  kesehatan yang baik. kita perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat, tidak berbau, tidak menyebarkan kotoran, atau menularnya kuman dan penyakit bagi diri sendiri mau pun untuk orang lain di sekitar.

Bersih kan badan kita !

Kebersihan badan meliputi kebersihan diri sendiri, seperti mandi, menggosok gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian yang bersih. Karna agar kita tidak mudah terserang bakteri yang akan mengakibatkan penyakit yaitu penyakit kulit

Jangan malas mencuci tangan dan pakaian !

Mencuci adalah salah satu cara menjaga kebersihan dengan memakai air dan sejenis sabun detergen. Mencuci tangan dengan air dan sabun, atau menggunakan produk kebersihan tangan merupakan cara terbaik dalam mencegah penularan virus influenza dan batuk.

Menjaga lingkungan sangat penting !

kebersihan itu indah tau
kebersihan itu indah tau

Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja, dan berbagai

sarana umum.

Bersih kan tempat tinggal

bersih
Santri beriman mencintai lingkungan

Ada beberapa tipsnya yaitu :

  1. Mengelap jendela

Membersihkan jendela sangat penting sekali karna pasti anda sering menjumpai atau melihat jendela di rumah anda mungkin jendala kamar, ruang tamu, dll. Banyak sekali debu yang menempel di atas jendela,  maka dari itu anda harus singkirkan debu di jendela tersebut dengan cara mengelap dengan kain basah atau dengan alat pembersih jendela.

Jendela yang berdebu akan menimbulkan penyakit influenza yang akan membuat anda bersin-bersin sehingga keluarga anda terkena serangan penyakit flu, karna penyakit flu dapat membuat hidung anda tersumbat oleh cairan yang ada di dalam hidung (ingus).

  1. Membersihkan kasur dan sofa

Kasur dikamar dan sofa di ruang tamu harus rutin dibersihkan, karna untuk menghindarkan keluarga kita terkena penyakit scabies.

 

Apa itu Scabies ? yaitu penyakit gatal yang di sebabkan Tungau atau kutu kecil yang bernama Sarcoptes Scabiei Varian Hominis, ditandai dengan keluhan gatal, terutama pada malam hari dan penyakit ini mudah menular pada orang lain melalui kontak langsung atau tidak langsung.

Menyapu lantai rumah

Lantai rumah harus rutin di sapu minimal 3x sehari agar lantai terlihat sehat dan nyaman untuk di injak dan anak-anak nyaman bermain jika lantai nya bersih.

Menyikat kloset kamar mandi

Kloset yang ada dikamar mandi harus rutin kita sikat minimal 1 minggu sekali maksimal 3 hari sekali, menjaga kebersihan kloset agar tidak kotor bahkan sampai berkerak yang membandel sehingga sangat sulit di bersihkan dan mengeluarkan bau yang tak sedap.

Menguras bak

Bak yang ada di kamar mandi harus rutin di kuras jika air yang ada didalam bak sudah kotor atau keruh, karna untuk menghindar jentik-jentik nyamuk malariya di dalam bak tersebut.

 

Sehingga mengancam kesehatan lingkungan keluarga, karna nyamuk malariya mengakibatkan penyakit Demam Ber Darah (DBD) yang berujung kematian`

 

  1. Membuang sampah

Sampah adalah salah satu yang mengganggu lingkungan sekitar kita baik di dalam atau diluar ruangan. Karna dampak sampah sangat berpengaruh bagi lingkungan kita yang dapat mengganggu kesehatan bahkan menimbulkan bencana yang sangat besar.

Sampah bisa menimbulkan bencana ???

Sampah yang berserakan dijalan, selokan, irigasi air, sungai, dan pantai yang di buang dan di lempar begitu saja dengan tidak ada rasa berdosa dan tanpa berfikir bahwa sampah tersebut akan membuat lingkungan tercemar sehingga menimbulkan bencana yaitu banjir dan longsor yang dapat merugikan semua orang yang ada di sekitar lingkungan tersebut.

Bersihkanlah hati dan sadarlah !

Maka dari itu sadarlah ! tinggalkan sifat egois terhadap lingkungan disekitar kita, karna ke egoisan terhadap lingkungan akan menimbulkan dampak yang sangat buruk bagi lingkungan alam sekitar dan mahluk hidup sekitar.

Apakah ada solusinya ?

Solusi

Sulosinya yaitu pendidikan yang islami, mengapa harus pendidikan islam ?

Pendidikan islam dengan dengan seluruh totalitasnya dalam konteks islam intheren dengan konotasi istilah tarbiyah, ta’lim, dan ta’dib. Ketiga istilah ini mengandung makna yang mendalam menyangkut manusia dan masyarakat sekitar serta lingkungan dan hubungan dengan tuhan itu saling berkaitan satu sama lain.

Dan dalam lingkungan yang bersih berpeganng teguh dengan keimanan kepada Allah yaitu kebersihan sebagian dari iman.

Dimanakah pendidikan tersebut ???

Yaitu di :

PONDOK PESANTREN MODERN

Pondok pesantren adalah sarana yang sangat mendukung dalam pendidikan keislaman karna didalamnya mengajarkan tentang tiga hal yaitu “tarbiyah, ta’lim, dan ta’dib. Dengan hal tersebut dapat menumbuhkan karakter pada generasi muda yaitu generasi yang ber ahlak serta cinta terhadap lingkungan sekitar.

Pesantren manakah yang mengajarkan hal itu ?

Pondok Pesantren Darunnajah

Adalah pondok pesantren yang modern yang mana terdapat bapat banyak pendidikan didalamnya mulai dari (MI/Mts/MA sederajat). Dan kurikulumnya sama dengan Pondok Pesantren Darussalam Gontor,

Darunnajah adalah salah satu pondok pesantren alumni karna pendiri nya adalah alumni dari Pondok Pesantren Gontor.

Kegiatan nya di Darunnajah banyak sekali mulai dari kegiatan harian, mingguan, bulanan,dan tahunan. Yang meliputi pendidikan, olahraga, kesenian dll.

Ayo daftarkan !

Daftarkan anak anda caranya mudah tinggal klik daftar

Daftar

 

 

 

.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Berada di di Padarincang Serang Banten, Pondok Pesantren Tsurayya Darunnajah 4 menyelenggarakan pendidikan berkualitas bagi siswa siswi dhuafa berprestasi. Pondok Pesantren Tsurayya memiliki program unggulan Tahfidzul Quran (menghafal Al-Quran) dan kegiatan ekstra kurikuler seperti Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Pramuka, Pidato, Olahraga, Jurnalistik, Marawis, Qosidah, Silat, Kesenian, Teater, Hadroh, Nasyid, dan lain-lain. Lingkungan alam yang asri dan indah mendukung santri Pondok Pesantren Tsurayya untuk belajar dengan riang dan penuh semangat.