Berkemah Di Musim Hujan Siapa Takut ! Ikuti Langkah – Langkah Berikut.

Berkemah Di Musim Hujan Siapa Takut ! Ikuti Langkah – Langkah Berikut.
Berkemah Di Musim Hujan Siapa Takut ! Ikuti Langkah – Langkah Berikut.

Kegiatan Berkemah adalah kegiatan yang banyak digemari oleh pelajar, kegiatan yang asik dan menarik ketika berkemah menjadi hiburan tersendiri.

Apalagi kegiatan ini sering dilakukan dialam terbuka, udara yang sejuk dan pemandangan yang asri merupakan waktu paling nyaman yang dimiliki oleh para pencinta alam.

Di Indonesia yang merupakan Negara Tropis yang curah hujannya terus ada disetiap tahun akan menjadi sebuah setuasi yang tidak mendukung bagi pencinta talam untuk berkemah.

Situasi ini akan menjadi masalah bagi mereka pencinta alam baju basah, tenda kebanjiran, kegiatan tidak berjalan dengan baik, cepat terkena penyakit dll.

Berikut langkah – langkah berkemah dimusing hujan supaya kegiatan yang direncanakan tidak berantakan dengan kondisi hujan.

Pilih Lokasi Yang Dituju

Berkemah Di Musim Hujan Siapa Takut ! Ikuti Langkah – Langkah Berikut.
Berkemah Di Musim Hujan Siapa Takut ! Ikuti Langkah – Langkah Berikut.

Pilih Lokasi yanng tepat untuk tujuan berkemah anda adalah langkah awal yang tepat.

Apakah anda akan memilih wilayah Banten, Sumatra atau Bogor yang menjadi tempat curah hujan yang rutin turun disetiap harinya.

Maka jika memilih tempat berkemah ditempat yang curah hujannya tinggi bersiap – siaplah dengan kemungkinan hujan yang akan turun baik siang hari ataupun dimalam hari.

Selain memilih tempat dan lokasi yang tepat anda juga harus melihat perkiraan cuaca dijadwal yang sudah anda tentukan. di Indonesia sudah terjadwal perkiraan cuarah Hujan tinggi dibulan Oktober – Desember, maka susunlah jadwal anda dengan baik sesuai dengan perikraan cuaca.

Persiapkan Tenda Yang Baik Dan Kuat untuk berkemah dimusim hujan
Persiapkan Tenda Yang Baik Dan Kuat untuk berkemah dimusim hujan

Sebelum berangkat melakukan perkemahan anda harus memilih tenda yang bagus dan kuat jikalau cuaca hujan tiba – tiba datang.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih tenda yang bagus dan bisa menghambat hujan masuk ke dalam tenda anda, perhatikan hal – hal berikut ini:

  1. Tenda yang dipilih harus mempunyai penutu yang penuh sampai kebawah supaya ketika hujan tidak kena tampias kedalam tenda
  2. Jahitan tenda yang dipakai harus rapat dan kuat.
  3. Sisi tenda mempunyai tali yang kuat supaya bisa ditarik dengan baik ketika pemasangan.

Memasang Tenda Dengan Rapih dan Benar

Memasang Tenda Dengan Rapih dan Benar
Memasang Tenda Dengan Rapih dan Benar

Pasang tenda dengan baik dan rapih tentunya tahan dari curah hujan yang sewaktu – waktu datang.

Jika memasang tenda sebelum hujan turun maka itu hal yang mudah dilakukan, kita bisa serapih mungkin memasangnya dan sekuat mungkin kita pasang tali – talinya.

Namun Bagaimana jika memasang tenda diwaktu hujan sudah turun dan tenda kita belum terpasang dengan baik dan benar.

Langkah pertama pasanglah terpal diatas tenda dengan diikatkan dikayu yang lebih tinggi dari posisi tenda yang akan anda dirikan.

Langkah kedua pakailah jas hujan untuk melindungi tubuh anda demi menjaga kondisi badan anda tetap sehat.

Jika cuaca hujan dan badai maka berhentilah terlebih dahulu untuk memasangnya, tunggu sampai hujan dan badai berhenti baru dikerjakan lagi.

Membuat Parit Disekeliling Tenda

Membuat Parit Disekeliling Tenda ketika Musim Hujan
Membuat Parit Disekeliling Tenda ketika Musim Hujan

Membuat parit disekliling tenda adalah solusi yang tepat jika kepadatan tenda kelompok yang lain berjauhan.maka buatlah parit yang jauh dari tenda sehingga tidak meluap kedalam tenda air yang ada didalam parit.

Buatlah parit yang dalam dan luas untuk menampung air, buat dengan rapih sampai sekeliling tenda, dan alirkan ketempat yang lebih renda air yang mengenang di parit

Tapi lain halnya jika kepadatan tenda dengan kelompok yang lain terlalu padat maka solusi pembuatan parit akan menjadi momok buat tendanya sendiri, air yang meluap akan cepat masuk kedalam tenda.

Pilih Lokasi Tanah Yang Keras Untuk Mendirikan Tenda

Pilih Lokasi Tanah Yang Keras Untuk Mendirikan Tenda ketika Musim Hujan
Pilih Lokasi Tanah Yang Keras Untuk Mendirikan Tenda ketika Musim Hujan

Sebelum mendirikan tenda lihat beberapa hal ini supaya tenda yang kita dirikan tanah terhadap curah hujan;

Pertama lihat lokasi, loksi untuk mendirikan tenda perlu dipertimbangkan dataran tinggi atau dataran rendah, akan lebih aman jika kita mendirikan tenda didataran yang tinggi sehingga tenda kita ketika kena hujan tanahnya akan aman karena air tidak mengenang disekitar tenda.

Kedua lihat lokasi tanah yang akan didirikan, apakah lokasi tanah yang ada disitu sifatnya keras atau lembut, jika tanah disitu tanah keras maka dirikanlah tenda disitu, jika lembek supaya dicari lokasi yang lain.

Lapisi Alas Tenda Dengan Terpal Atau Yang Sejenisnya

Lapisi Alas Tenda Dengan Terpal Atau Yang Sejenisnya ketika Musim Hujan
Lapisi Alas Tenda Dengan Terpal Atau Yang Sejenisnya

Alas tempat tidur dan atap pelapis diatas tenda akan memberikan rasa aman ketika hujan turun untuk melindungi tenda dari banjir. untuk terpal diatas tenda perhatikan sisi terpal yang akan dipasang, pasang dengan baik sisi – sisinya supaya ketika hujan air tidak menumpuk di terpal tersebut.

Maka lapisilah tenda anda dengan terpal dibawahnya setelah itu baru ditambah alas kembali yang sudah anda persiapkan sebelumnya.

Jika kondisi lapangannya sangat basah maka anda bisa mencoba cara lain, menata kayu – kayu atau papan lebih tinggi dari tanah baru dialas dengan karpet dan lainya.

Siapkan Kantong Plastik Yang Banyak

Siapkan Kantong Plastik Yang Banyak
Siapkan Kantong Plastik Yang Banyak

Kunakan kantong plastic untuk membungkus semua keperluan anda ketika berkemah yang paling terpenting adalah untuk membungkus baju – baju yang ada bawa, barang – barang elektronik yang dibawa.

Disamping itu kantong plastik yang disiapkan juga bisa berfungsi untuk tempat sampah sisa dari makanan dari peserta perkemahan.

Membuat Kegiatan Yang Menarik Ketika Terjebak Hujan Sedang Kegiatan


Dalam menyusun agenda kegiatan anda perlu membuat opsi A dan opsi B dalam kegiatan dan juga membuat tempat evakuasi kegiatan jika terjadi hujan ditengah – tengah kegiatan berlangsung.

Pilih lokasi yang ada aula besar yang bisa menampung peserta untuk evakuasi ketika hujan turun, jika tidak ada aula maka anda harus berpikir untuk membuat kegiatan yang menarik dan menyenangkan di tenda masing – masing.

Daftar Online !!!

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang adalah Pondok Pesantren khusus putri pertama di Tangerang Selatan. Berlokasi di daerah Pamulang, Pesantren ini sangat strategis dan mudah dijangkau dari mana saja. Pondok Pesantren putri ini menyelenggarakan pendidikan Islam berasrama pada tingkat MTS (Tsanawiyah) dan Aliyah (MA).

Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah merupakan lembaga pendidikan Islam terpadu, menggunakan sistem pendidikan berkualitas yang sudah diakui dunia. Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah menyiapkan kader agama Islam dengan sistem Pondok Modern Gontor Ponorogo. Membentuk karakter santri dengan pengetahuan agama Islam, kemampuan dakwah serta keterampilan hidup (life skills).

Santri dididik shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an (tahfidz), dan beragam kegiatan menarik seperti percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Al-Hasanah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olah raga, auditorium, sekolah, dan lain-lain.