(1) Mulailah dari yang halal
Syarat untuk bisa memiliki anak yang shaleh adalah memastikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh sang anak haruslah dari sumber yang halal dan makanan yang bersifat halal. Terlebih lagi jika anaknya menjadi seorang penghafal Al Quran. Lewat pemberian asupan yang halal, setiap doa yang dipanjatkan akan cepat mustajab dan anak jadi lebih mudah diarahkan.

- Advertisement-

Pernyataan ini bersumber dari Hadist Nabi.

“Wahai Saad perbaikilah makananmu, makanlah dari makanan yang baik-baik. Niscaya kamu akan menjadi orang yang mustajab doanya” (HR Ath Thabrani)

(2) Mendengarkan Al Quran pada setiap kesempatan
Selain memberikan asupan yang halal dan toyyib, maka langkah selanjutnya adalah mengenalkan Al Quran sejak dini kepada anak yaitu pada masa mereka masih balita. Tujuannya adalah agar setiap lantunan ayatnya tidak asing di pendengaran mereka.

Teknik yang dilakukan supaya anak hafiz ini sama seperti saat kita mengajak anak untuk bisa berbicara yang dimulai dengan mendengar sesuatu dari orang tuanya. Sifat anak yang masih balita adalah mudah menyerap berbagai hal yang ada di sekitarnya. Terlebih jika hal tersebut dilakukan secara berulang-ulang. Jadi perdengarkanlah lantunan ayat Al Quran dimanapun dan kapanpun.

(3) Jadilah contoh bagi anak
Mau tidak mau, orang tua akan menjadi cermin yang mempengaruhi perkembangan anak. Lalu bagaimana menjadikan seorang anak bisa menghafal Al Quran? Sebagai orang tua yang baik apalagi berkeinginan agar sang anak bisa mengahafalkan Al Quran mulailah menghafalkan Al Quran sekarang juga

(4) Membaca Al Quran sejak bayi dalam kandungan
Bayi atau janin yang masih berada dalam kandungan memiliki kemampuan untuk mendengarkan lingkungan yang ada di luar tubuh sang ibu. Otaknya pun mampu berkembang dari sifat pendengarannya tersebut. Dengan sering mendegarkan Al Quran ataupun membacanya saat mengandung seorang anak, itu akan mempermudah anak dalam mengingat setiap ayatnya, kelak setelah balita karena secara tidak langsung ia akan memanggil memorinya yang dahulu saat ia berada dalam kandungan.

(5) Cari cara mengajar yang unik
Masa anak-anak memang menjadi masanya untuk bermain. Ini yang membuat mereka sulit untuk fokus pada satu hal dan mudahnya teralihkan oleh hal lain. Sehingga sebagai orang tua, kita perlu membuat strategi agar anak bisa menghafal Al Quran secara cepat dan efektif. Salah satu strateginya adalah dengan menggunakan metode pembejaran yang unik. Keunikan dari pembelajaran disesuaikan dengan karakter anak tersebut. Jika anak memiliki sifat hiperaktif, gunakanlah tempelan potongan ayat Al Quran di dinding rumah sehingga saat bergerak kesana kemari, anak masih bisa menghafal Al Quran.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan agar anak menjadi seorang Hafiz Quran. Lakukanlah secara konsisten, bimbing anak dan jangan lupa belajar juga buat diri sendiri.

Baca Juga : Wisuda Angkatan Perdana TK&SD Islam Modern Darunnajah

(santritv/ihsan)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini