Gambar, 31/10/18
Gambar, 31/10/18

Kita sebagai umat muslim, seharus nya sudah memahami bahwasan nya panutan seluruh umat muslim ialah Rosulullah SAW, bahkan tidak ada yang dapat menandingi akhlaq dan prilaku beliau, bahkan pada zaman dahulu para Quraisy mereka bahkan mengakui keagungan akhlaq beliau.

Maka dari itu haruslah kita mencontoh serta menjadikan akhlaq rosulullah SAW sebagai suri tauladan dalam keseharian kita, bahkan Allah berfirman bahwasan nya rosulullah SAW adalah manusia yang patut di contoh bagi para manusia, dalam firman-Nya :
“ sesungguhnya telah ada pada ( diri ) Rosulullah itu suri teladan yang baik bagimu…” (Al Ahzab: 21)

Berikut Ini ialah Karakteristik Dan Ciri-ciri Manudia yang Ideal Dalam Islam :

  • Aqidah Yang Bersih.

Aqidah adalah karakter pertama yang harus di miliki seseorang yang ideal. Dengan aqidah yang bersih sesorang pasti akan melakukan segala sesuatu dengan niat hanya meminta dan mengharapkan ridho Allah (lillahi ta’ala), hanya takut kepada-Nya, tunduk kepada –Nya, serta hanya kepada Allah lah yang diataati, dan tidak akan pernah menyekutukan Allah serta melakukan perintahnya serta menjauhi larangan-Nya, dan berserah diri hanya kepada-Nya.
Serta tertulis dalam firman nya, yang berbunyi :
“ sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta Alam.“ ( Al An’am : 162).
Aqidah ini sangatlah penting, Rosulullah sendiri ia memngajari dan menanamkan aqidah kepada para sahabat nya, membutuhkan waktu selama 13 tahun.

  • Memiliki Akhlaq Yang Kokoh.

Akhlak yang mulia merupakan sikap yang harus di terapkan oleh umat muslim dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam berhubungan dengat sesama muslim bahkan dalam berhubungan dengan Allah SWT.

  • Memiliki Wawasan Yang luas.

Rosulullah SAW, sendiri beliau memiliki beberapa sifat salah satu nya ialah fatonah yang artinya (cerdas), makadari itu kita sebagai umat beliau harus lah memiliki pengetahuan yang luas jika ingin menjadi seseorang yang ideal.

  • Mampu Memenej Waktu Dengan Baik.

Kita sebagai umat musli, haruslah pintar dalam pembagi waktu, karna sesungguh nya waktu itu sangatlah berharga dan mahal, bahkan Allah sendiri menyebut waktu dengan Wadh dhuha, wadh fajr wadh ashr, wadh laili, wadh subhi dll, sesungguh nya jika sudah terlewat waktu tidak akan bisa di putar ulang kembali, makadari itu kita harus pintar dalam memenej waktu.

  • Dapat Melawan Hawa Nafsu.

Sebagai umat muslim kita harus bisa dalam memerangi hawa nafsu, karna sesungguh nya musu terbesat umat muslim iala Hawanafsu, karna sesungguh nya Allah telah mengilhamkan kepada manusia ialah kedurhakaan dan ketakwaan, maka dari itu kita harus dapat menjadi orang yang bertakwa bukan berdusta dalam halini.

  • Menjadi Manusia Yang Bermanfaat Bagi Orang Lain.

Menjadi seseorang yang bermanfaat , adalah tuntutan seorang muslim seperti Mahfud’zhot yang sering kita dengar ialah:                                        “sebaik- baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” ( HR Qudhy dari Jabir ), maka sebagai manusia yang idealis kamu waruslah bermanfaat bagi orang-orang di sekitar mu.

(Adm-DN9 Tiasty katiara)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang adalah Pondok Pesantren khusus putri pertama di Tangerang Selatan. Berlokasi di daerah Pamulang, Pesantren ini sangat strategis dan mudah dijangkau dari mana saja. Pondok Pesantren putri ini menyelenggarakan pendidikan Islam berasrama pada tingkat MTS (Tsanawiyah) dan Aliyah (MA). Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah merupakan lembaga pendidikan Islam terpadu, menggunakan sistem pendidikan berkualitas yang sudah diakui dunia. Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah menyiapkan kader agama Islam dengan sistem Pondok Modern Gontor Ponorogo. Membentuk karakter santri dengan pengetahuan agama Islam, kemampuan dakwah serta keterampilan hidup (life skills). Santri dididik shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), dan beragam kegiatan menarik seperti percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Al-Hasanah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olah raga, auditorium, sekolah, dan lain-lain.