Maulid Nabi Muhammad SAW

pembukaan peringatan maulid nabi Muhammad SAW
pembukaan peringatan maulid nabi Muhammad SAW

Pesantren putri Al-Manshur peringati hari besar islam, yaitu memperingati hari kelahiran nabi Muhammad atau biasa disebut maulid nabi Muhammad SAW dengan kegiatan bersama, Acara tersebut berlangsung dipesantren putri AL-Manshur Darunnajah 3. Diawali dengan pembukaan oleh ustadzah Azizah,S.Ag selaku Kepala Biro Pengasuhan Santri (BPS). Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Kharismatul Khalifa, santri kelas 4 Tarbiatul Mu’allimin Wal-Mu’allimat Al-Islamiyah (TMI) setara dengan kelas 1 SMA.

Acara tersebut juga diisi degan tausiah agama oleh ustadz Empudz Mahfudz,S.Pd.I. dalam tausiah nya disampaikan “kita selaku pemuda penerus bangsa harus menjadi pemimpin yang bisa meneladani sifat raulullah SAW. Pada pembukaan tersebut bertempat di Aula sukabumi pesantren putri Al-Manshur Darunnajah 3 Serang Banten. Seluruh warga pesantren ikut serta dalam acara peringatan maulid nabi Muhammad SAW.

lomba pidato tiga bahasa
lomba pidato tiga bahasa

Usai pembukaan dan tausiah agama, santri berkumpul dilpangan basket untuk melakukan aktifitas selanjutnya yaitu perlombaan membuat ikan bakar ala santri, yang telah dibagi menjadi beberapa keompok oleh panitia, dengan teknis acara : seluruh peserta berkumpul dengan masing-masing kelompok, setiap kelompok terdiri dari kelas 1 sampai kelas 5. setelah itu setiap ketua kelompok mengambil bahan-bahan untuk membuat ikan bakar. Mulai dari proses membersihkan ikan, sampai terhidangkan oleh dewan juri, seluruhnya dilakukan oleh santri dalam lomba tersebut, kekompakan sangat terlihat dari setiap santri.

Berlanjut setelah sholat dzuhur berjama’ah, dengan perlombaan pidato tiga bahasa, bahasa arab, bahasa inggris dan bahasa indonesia. Lomba ini diikuti oleh perwakilan tiga orang dari setiap kelas dan setiap orang orang memegang satu bahasa dengan teknis lomba, ketiganya maju dalam satu waktu dan bergantian dari bahasa arab dilanjutkan bahasa inggris, lalu bahasa indonsia.

Malam harinya, betempat diAula Sukabumi pesantren putri Al-Manshur Darunnajah 3 diadakan lomba nasyid acapella, nasyid acapella adalah menyanyikan lagu-lagu religi tetapi tidak diiringi dengan alat musik, melainkan hanya dengan iringan musik ang bersal dari mulut, kali ini pesantren putri Al-Manshur mengadakan lomba tersebut, diikuti oleh kelas 1 sampai kelas 5 Mu’allimin Wal-Mu’allimat Al-Islamiyah (TMI).

Lomba nasyid acapella
Lomba nasyid acapella

Pada malam itu juga mengumuman juara dibacakan, dengan perolehan nilai dari dewan juri. Setelah pembagian hadiah, dilanjutkan dengan evaluasi oleh ustdzah Mia mulyati  selaku juri perlombaan. Dengan berakhirnya acara pada malam hari tersebut, usai sudah acara peringatan mauid nabi Muammad SAW. Adapun tujuan diadakannya peringatan maulid nabi tersebut adalah : meneladani sifat rasulullah SAW, mempererat tali silaturrahmi, membangun kekompaka, membangun komunikasi yang baik, dan membangun mental pemimpin seperti sosok nabi Muhammad SAW.

“Saya sangat antusias mengikuti acara peringatan mauid nabi ini”, ujar Fatimah Tasya selaku salah satu peserta peringatan maulid nabi. Acara yang berlangsung sehari semalam terbut meninggalkan peantren positif kepada diri setiap santri, membangun mental yang baik dan percaya diri yang tinggi bahwa setiap manusia adalah pemimpin.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Darunnajah 3 Al-Manshur Serang Banten adalah lembaga pendidikan Islam modern yang menerapkan sistem kurikulum terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris yang intensif. Lingkungan asri dan alami yang didukung dengan fasilitas lengkap, membuat santri-santri Al-Manshur selalu bersemangat dalam menuntut ilmu. Pesantren Al-Manshur menyelenggarakan pendidikan dari tingkat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah (MD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP/SLTP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SLTA).