1. Beasiswa Prestasi

Beasiswa Prestasi
Beasiswa Prestasi

Tidak hanya belajar dikelas, santri juga dituntut aktif untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler. Ini yang menjadi tantangan mereka untuk bisa membagi waktu dengan baik. Meraih beasiswa dengan nilai diatas rata-rata menjadi tujuan utama sebagian santri. Kerena hal tersebut bisa dikatakan sebagai dorongan untuk terus maju dan berkembang.

Sering kali para santri mencoba berbagai macam metode belajar yang pas untuk dilakukan demi tercapaianya beasiswa prestasi. Keunggulan sebuah pesantren adalah, semua sistem yang ada di pesantren sudah sangat mendukung para santri untuk mendapatkan beasiswa. Bagaimana tidak, mereka tinggal satu asrama (satu atap) dengan gurunya, kapan dan dimanapun mereka ingin bertanya, pasti bisa dijawab dengan cepat dan hasilnyapun memuaskan.

Belajarnya seorang santri tidak akan pernah terbatas. “Sebaik-baiknya teman duduk adalah buku”. Buku selalu menemani mereka, disaat duduk, makan, berjalan, bahkan sampai ketika sedang antri mandi sekalipun. Suasana inilah yang hanya ada di pesantren. Metode diskusi, tanya jawab dengan sesama teman atau guru selalu dilakukan. Pembiasaan untuk aktif bertanya akan menjadi karakter para santri, dan akan terus dilakukan meskupun sudah lulus pesantren.

Beasiswa prestasi santri yang ada, hanya diberikan kepada santri yang berhasil mencapai nilai ujian diatas rata-rata yang sudah ditentukan. Beasiswa tersebut berlaku hanya satu semestar. Sehingga, jika semester selanjutnya mereka tidak mencapai target nilai, maka mereka tidak berhak mendapatkan beasiswa prestasi. Tetapi, mereka sering menggunakan kebijakan tersebut sebagai motivasi belajar.

2. Tahfidz Al-Quran

Siapa yang membaca Al-Quran, memperlajarinya, dan mengamalkannya, maka diapaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahayanya seperti cahaya matahari dan kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan) yang tidak pernah didapatkan di dunia. Keduanya bertanya, “Mengapa kami dipakaikan jubah ini?” dijawab, “Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk memperlajari Al-Quran”. (HR. Al-Hakim).

Program ini disediakan kepada siapa saja yang ingin fokus untuk menghafal Al-Quran sekaligus melanjutkan pendidikannya di pesantren. Program ini berlaku bagi mereka yang telah lulus SD/MI & SMP/MTs, dan siap menghafal dengan target yang sudah ditentukan, sampai dia mencapai kelulusan.

Setelah mencapai kelulusan dan berhasil menghafal 30 juz, maka akan ada kewajiabn untuk mengulang hafalan dua kali putaran selama satu tahun lamanya. Tujuannya agar hafalan yang telah dimiliki bisa tetap terjaga. Selain itu, ada kewajiban juga untuk mengamalkan ilmu yang telah didapatkan selama masa belajar, sekaligus membantu program pesantren.

Hal tersebut akan terus dilakukan demi terciptanya generasi penghafal Al-Quran yang islami.

3. Beasiswa Tahfidz Ashabunnajah

Ashabunnajah adalah keder umat. Mereka diutus oleh lembaga untuk belajar di Darunnajah dan kelak akan kembali ke masyarakatnya. Ashabunnajah merupakan cita-cita wakif untuk memberi kesempatan belajar bagi mereka yang tidak mampu. Mereka yang berkeinginan tinggi untuk melanjutkan pendidikanya, tetapi terhambat oleh faktor ekonomi, maka akan sangat terbantu dengan adanya program beasiswa tahfizh ashabunnajah ini.

4. Beasiswa Untuk para Mahasiswa/i

Tidak berhenti ditingkat Aliyah, tetapi Pesantren Darunnajah juga menyediakan beasiswa untuk para mahasiswanya. ini berlaku untuk S1, S2, S3 yang diberikan untuk kader lembaga yang berasal dari daerah masing-masing, dan akan kembali kedaerahnya.

Yang lebih hebat lagi, mereka yang sudah mendapatkan beasiswa di Pesantren, sering kali berusaha dan berhasil melanjutkan pendidikannya ke luar negeri, tentunya dengan program beasiswa juga. Mereka tidak pernah memikirkan banyak hal, yang terpenting adalah bisa menjlanjutkan pendidikan. Sungguh besar niat mereka untuk menjadi generasi penerus bangsa yang berpengetahuan dan berpengalaman luas.

Merekalah para pejuang yang perlu di pertahankan, di dukung, dan diberikan banyak motivasi. Karena melalui para santri, dengan keadaan Indonesia yang saat ini lemah dengan sistem pendidikannya, pasti akan bisa diperbaiki dan dikembalikan lagi kejayaan Islam dalam sistem pendidikan Indonesia. Salah satu arti dari kata SANTRI adalah Siap Amankan Negara Tercinta Republik Indonesia. (WARDAN/Mbafer)

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.