Tanam padi di tengah sawah
Sawah subur selalu basah
Pagi hari pergi sekolah
Sore hari pergi ke madrasah

Rabu, 11 Juli 2018 sebagian sekolah telah memulai tahun ajaran barunya, para siswa sudah mulai masuk kelas seperti biasa. SD Islam Darunnajah termasuk salah satu sekolah di bilangan Jakarta Selatan yang siswanya sudah mulai masuk sekolah. Seperti pagi ini terlihat para siswa yang sebagian besar diantarkan oleh ayah bundanya telah ramai di halaman sekolah menunggu dimulainya upacara pembukaan tahun pelajaran 2018/2019.

Para siswa telah memulai aktifitasnya di sekolah dengan upacara pagi yang langsung dipimpin oleh kepala sekolah dan seluruh dewan guru hadir mengikuti kegiatan ini. Ucapan selamat datang dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh siswa yang sudah tepat waktu hadir di sekolah dan siap kembali berjibaku menuntut ilmu disampaikan oleh ibu Nur Amalia, S.H.I selaku kepala sekolah dalam sambutannya.

Alhamdulillah seluruh guru dan administrator yang berjumlah 65 telah 100% hadir di sekolah pagi ini yang menandakan bahwa bapak dan ibu guru telah siap mentransfer ilmu kepada anak didiknya. Begitu juga para siswanya yang berjumlah kurang lebih 650 siswa telah hadir seluruhnya dengan seragam khas darunnajah yaitu batik hijau dipadukan dengan celana panjang hijau yang melambangkan semangat untuk tumbuh dan berkembang.

Bapak Asro, S.H.I selaku kepala kurikulum memperkenalkan kepada seluruh siswa para wali kelas yang akan mendampingi anak-anak selama setahun di kelasnya masing-masing. Ketika nama guru disebut dan maju ke depan untuk memperkenalkan diri para siswa menyambutnya dengan tepuk tangan. Inilah pengganti orang tua kalian di sekolah, bila ada perlu, ada keluhan atau masalah di sekolah jangan sungkan sungkan untuk berbicara dengan wali kelas, ujar Pak Asro di akhir sambutannya.

Setelah selesai upacara, acara dilanjutkan dengan halal bil halal seluruh warga sekolah. Acara halal bil halal ini diisi dengan salam salaman atar guru dengan siswa yang dimulai dari siswa kelas 2, 3, 4, 5, dan diakhiri dengan salaman dengan siswa kelas 6. Gema shalalawatan mengiringi prosesi salam salaman menambah kental suasana lebaran walaupun acaranya dilaksanakan di penghujung akhir bulan syawal.

Walaupun hari ini adalah hari petama masuk sekolah, namun di SD Islam Darunnajah proses belajar mengajar langung aktif berjalan seperti biasa dan berakhir pada jam 14.10 siang nanti. Yang membedakan dengan hari biasanya adalah pada awal masuk jam petama sampai jam ke 4 diperguanakan untuk perkenalan dengan wali kelas baru, membuat jadwal piket, jadwal imam, dan membuat struktur kelas dengan memilih ketua kelas dan bagian-bagiannya.

Selamat memulai aktifitas belajar!!!

Jika pergi ke padang datar

Jangan lupa pulang berlabuh

Jika kita kepingin pintar

Belajarlah sungguh-sungguh

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Sekolah Dasar Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan milik Yayasan Darunnajah. SD Islam Darunnajah menggunakan sistem pendidikan terpadu antara ilmu pengetahuan umum dan pendidikan agama Islam untuk mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia, berprestasi, terampil dan mandiri berdasarkan iman dan taqwa. Lembaga pendidikan Islam ini menyediakan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang menarik diantaranya seni bela diri, pramuka, sepak bola, renang, badminton, robotik, marawis, jurnalistik dll. Salah satu program unggulannya adalah hafalan Al-Qur’an juz 30 sehingga diharapkan lulusannya dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama bacaan surat-surat pendek dalam ibadah shalat lima waktu.