Banyak sekali definisi tentang ilmu. Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia, ilmu diartikan sebagai pengetahuan atau kepandaian tentang duniawi, akhirat, lahir, batin, dsb. Dan perlu kita ketahui, bahwasannya ilmu itu berbeda dengan pengetahuan.

Kemudian Apa Perbedaan Antara Pengetahuan dengan Ilmu ?

Pengetahuan adalah kumpulan fakta yang merupakan bahan dari suatu ilmu, sedangkan ilmu adalah suatu kegiatan penelitian terhadap segala suatu gejala atupun kondisi pada suatu bidang dengan menggunakan berbagai prosedur, cara, alat dan metode ilmiah lainnya, guna menghasilkan suatu kebenaran ilmiah yang bersifat empiris, sistematis, objektif, analisis dan feribikatif.

Memiliki ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang sudah pernah kita pelajari kemudian dapat kita amalkan untuk diri sendiri dan dapat kita ajarkan kembali kepada orang lain. Banyak orang yang sudah belajar dari kecil sampai dewasa belajar disekolah yang sangat ternama, tetapi ilmu nya tidak bermanfaat untuk diri sendiri maupun untuk oranglain, bisa jadi itu karena setiap belajar disekolah tidak mendengarkan guru menjelaskan, tidak pernah menulis, dan melawan kepada orangtua. Itu bisa jadi sebagai sebab tidak bermanfaatnya ilmu.

Untuk memiliki banyak ilmu, itu tidak semudah seperti kita membalikan telapak tangan, karena dengan proses belajarlah ilmu itu akan kita fahami, tidak hanya dengan belajar sekali tetapi berkali-kali.

Ilmu itu tidak ada batasnya, ilmu sangatlah luas. Orang-orang yang memiliki tingkat penasaran yang sangat tinggi itu orang-orang yang sangat mudah untuk menyerap ke otak tentang apa ilmu yang tadi sudah mereka  pelajari.

Ini dapat menjadi peringatan kepada orangtua untuk selalu mengingatkan kepada anaknya agar belajar dengan rajin dan tekun agar memiliki ilmu yang bermanfaat, tidak hanya di ucapan saja berkata belajar menuntut ilmu, tetapi ternyata tidak bersungguh-sungguh dalam meraih ilmu tersebut.

Memiliki ilmu yang bermanfaat itu sangatlah berpengaruh terhadap kehidupan kita, dapat dirasakan bahwasannya memiliki ilmu yang bermanfaat itu dapat dirasakan di kehidupan sehari-hari, yaitu selalu merasa berkah atau cukup dalam menjalankan hidupnya. Dengan mengamalkan ilmu kepada oranglain, maka terus mengalir pahala nya dengan tiada henti walaupun sudah meninggal dunia atau wafat. Karena ilmu yang kita ajarkan kepada oranglain, sampai orang itu bisa menguasai ilmu yang kita pelajari, maka pahala kita akan terus mengalir. (DN4/SipaNP)

 

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini