Ujian Semester Ganjil

Ujian merupakan cara terbatas untuk mengukur kemampuan seseorang. Pelaksanaan ujian dimaksudkan untuk mengukur pengetahuan seseorang atau peserta didik. Ujian juga dijadikan sebagai alat evaluasi untuk menilai berapa jauh pengetahuan sudah dikuasai dan ketrampilan yang sudah diperoleh.

Ujian dapat mendorong seseorang dalam kegiatan pembelajaran baik itu secara wawasan atau pun pengetahuan lainnya. Dalam Pesantren  kita mengenal 2 ujian yaitu ujian lisan dan tulis.

- Advertisement-

Ujian lisan ditujukan untuk menguji kemampuan santri dalam percakapan penggunaan bahasa resmi sehari hari di pesantren. Ujian lisan juga dapat membantu kita di masa depan ketika di interview oleh orang lain dan memecahkan masalah ketika dihujani berbagai pertanyaan.

Ujian tulis juga memiliki manfaat untuk melatih daya ingat dan spontanitas kita dalam mengisi jawaban yang ada di atas kertas.

بالامتحان يكرم المرء او يهان

“Dengan ujian seseorang bisa dimuliakan atau dihinakan”

Kita juga jangan sampai meremehkan ujian karena dengan ujian kita akan dimuliakan dengan keluasan ilmu pengetahuan yang akan kita dapatkan dan mendapatkan nilai yang terbaik, sedangkan kita bisa dihinakan karena tidak adanya persiapan yang matang dalam mempelajari pelajaran yang akan diujikan, dan mendapatkan nilai kecil setelah ujian nilai kecil.

Janganlah merasa ujian adalah beban tapi berfikirlah bahwa ujian adalah ajang untuk evaluasi diri setelah kita melaksanakan pembelajaran selama beberapa bulan terakhir.

(Santri Tv/Rafi)

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 berada di Pabuaran Serang Banten. Pondok Pesantren Modern terbaik ini memiliki dua jenjang pendidikan, yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan Multimedia. Pondok Pesantren Nurul Ilmi khusus menerima santri putra dan menyediakan beasiswa bagi santri berprestasi. Nurul Ilmi memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka, seni bela diri, public speaking (latihan pidato), kursus programming, robot, desain, dan bebagai cabang olah raga seperti futsal, basket, volly, badminton. Pondok Pesantren Modern Nurul Ilmi memiliki banyak prestasi dalam bidang IT (Informasi dan Teknologi), sering menjadi juara dalam perlombaan dari taraf regional sampai nasional. Nurul Ilmi memiliki fasilitas lengkap seperti asrama, masjid, koperasi, laboratorium komputer, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, guest house (penginapan), perkantoran, gedung sekolah, ruang rapat, kantor organisasi santri, dll.