Pimpinan Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor sekaligus Ketua Dewan Nazir, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc didampingi ibu kyai dan 250 orang lainnya yang terdiri dari para kiai, guru, santri, manajemen dan keluarga besar Pesantren Darunnajah menggelar long march pada Sabtu, 7/2/2015 dalam rangka memperingati Milad Lembaga Pendidikan Darunnajah ke-54 tahun ( 1961 – 2015).

Iring-iringan rombongan memulai start dari SMA 24, Senayan, Jakarta, yang dulu lokasi Madrasah Islamiyah sebagai cikal bakal Pesantren Darunnajah yang didirikan KH. Abdul Manaf Mukhayyar. sebelum berangkat mereka mendapatkan briefing dari beberapa anggota keluarga KH. Abdul Manaf Mukhayyar dan berdo’a yang dipimpin oleh KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc

- Advertisement-

Sepanjang perjalanan menuju Yayasan Jamiat Kheir, Tanah Abang, iring-iringan terus mengumandangkan shalawat dan Mars Bangkit Darunnajah sambil membagi-bagikan selebaran profil Wakif, KH. Abdul Manaf Mukhayyar.

Di sepanjang longmarch sejauh 4 Km ini, KH. Syaifudin Arief mengingatkan kepada para peserta dan masyarakat sekitar tentang pentingnya wakaf untuk membangun kemandirian dan kesejahteraan umat. Putra tertua pendiri Darunnajah itu juga mengajak untuk menggelorakan semangat memberi seperti yang dicontohkan KH. Abdul Manaf Mukhayyar.

Darunnajah berhasil mengembangkan wakaf dari lahan seluas 300 m2 menjadi lebih dari 629 Ha lahan dan usaha produktif penopang 15 pesantren Darunnajah. Tak hanya itu, berbagai usaha produktif juga dibangun diatas lahan wakaf tersebut.

Gedung perkantoran, ruko, usaha perkebunan sawit, dan aset-aset penting lainnya telah dimiliki dari pengembangan wakaf,” ujar KH. Syaifudin Arief saat dijamu Pimpinan Yayasan Jamiatul Khair, Tanah Abang.

Dalam pertemuan di Jami’at Khaer tersebut terungkap bahwa KH. Abdul Manaf Mukhayyar merupakan salah-satu murid kesayangan pendiri dan pimpinan Jami’at Kaher periode awal (berdiri pada tahun 1901). hal ini karena kecintaan KH. Abdul Manaf Mukhayyar terhadap bahasa Arab.

Para peserta napak tilas tampak haru dan bangga manakala diperlihatkan profile Jami’atKhair yang memperlihatkan foto KH. Abdul Manaf Mukhayyar semasa belajar di lembaga pendidikan tertua di Indonesia tersebut. apalagi lembaga ini juga melahirkan tokoh-tokoh muslim nasional seperti KH. Ahmad Dahlan, KH. Hasyim Asy’ari dan lain-lain.

Disepakati bahwa kedepannya akan lebih diintensifkan kerjasama antara Darunnajah dan Jami’at Khair. tampak dengan jelas masing-masing kedua lembaga memiliki maziyyah. Darunnajah dianggap sudah go international dan Jamiat Khair tampak kuat dalam bahasa arab dan hazanah keislaman.

Sementara itu, KH. Sofwan Manaf, putra bungsu pendiri Darunnajah, mengatakan bahwa Yayasan Jamiatul Khair telah memberikan inspirasi awal kepada ayahnya pertama kali mendirikan lembaga pendidikan Islam.

Dia juga menekankan, semangat memberi dan keinginan untuk menanamkan nilai Islam dalam pendidikan anak-anak yang dimiliki ayahnya harus terus ditularkan oleh segenap pengelola PP Darunnajah dan Keluarga Besar Abdul Manaf.

KH. Abdul Manaf telah mendirikan PP Darunnajah dan cita-citanya agar Darunnajah terus eksis dan berkembang harus terpatri didalam niat para pengelola dan keluarga besar Darunnajah,” tambah KH. Sofwan Manaf dalam siaran persnya.

Adapun peserta long march dari Darunnajah 2 Cipining sebagai berikut :
Ust. Jeje Juraemi, S.Ag (Pengawas Pesantren)
Ust. Ridha Makky Jamhari, S.Pd.I (Kepala Biro Pendidikan)
Ust. Muhlisin Ibnu Muhtarom, S.H.I (Kepala Biro Pengasuhan Santri)
Ust. Ahmad Rasikhin Wasyraf, S.Pd.I (Kepala Biro Pengkaderan)
Ust. Sholeh Ahmad, S.Kom (Kepala Biro IT)
Ust. H. Trimo, S.Ag (Kepala Biro usaha)
Ust. H. Mustajab Anwar, S.Pd.I (BRT)
Ust. Ismail Amin,S.Pd.I (Amin Shunduq)
Ust. Kamilin Asmui (Kepala Asrama Kampus 1 Putri)
Ust. Sholehuddin Hidayat (Kepala Asrama Kampus 2 Putra – Putri)
Ust. Syarqi Suganda Sa’in, S.H.I (Kepala Asrama Kampus 3 Putra)
Ust. Afif maghfuri, S.Pd.I (Wakil Kepala Asrama Kampus 3 Putra)
Ust. Husnul Mubarok, S.Pd.I (Staff Bagian Keamanan)
Ust. Ahmad Huseini, S.Pd.I (Sekretaris Pesantren)
Ust. Hanafi Salman, S.Pd.I (Bagian Kurikulum)

Teguh Kurniawan (alumni Darunnajah 2 Cipining, putra Ust. Syaeful Hadi Scada, S.Pd.I, MT, Kepala Biro Pramuka dan Pengembangan Prestasi Santri).
(wardan/abu ezzat)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.