Tahun 1432 H terasa istimewa bagi keluarga besar Pondok Pesantren Darunnajah Cipining Bogor, hal ini dikarenakan salah-satu Anshor Ma’had yang sudah mengabdi belasan tahun di pesantren modern tersebut, bisa berangkat menunaikan rukun Islam kelima, Haji.

Salah-satu Dhuyufur Rahman (tamu Allah) tersebut adalah Kepala BRT yang notabene kepala Madrasah Diniyah Darunnajah, Ust. Mustajab Anwar, S.Pd.I. Ustadz asal Kendal Jawa Tengah ini berangkat bersama istri tercinta, Siti Khoirimah. Pasangan suami-istri (pasutri) yang telah dikaruniai 2 anak ini (Luthfi, alumni TMI Darunnajah Cipining 2011 dan Fina, santriwati kelas 1 TMI) tercatat masuk dalam kelompok terbang (kloter) 39 yang akan berangkat ke Makkah Al Mukarramah pada Senin, 17 Okober 2011.

Terkait dengan walimatussafar, keluarga besar ust. Mustajab telah menyelenggarakannya pada Jum’at,  16 Dzulhijjah 1432 H / 14 Oktober 2011 M, bertempat di rumah beliau yang terletak 100 m di sebelah selatan pesantren. Di samping asatidz, ustadzat dan santri senior yang menghadiri acara tersebut, juga tampak ramai tamu dari masyarakat dan tokoh masyarakat sekitar pesantren.

Adapun pelepasan oleh keluarga besar Pondok Pesantren Darunnajah Cipining dilaksanakan pada Sabtu malam ba’da Isya di masjid Jami’ Darunnajah. Dalam pertemuan yang dihadiri seluruh asatidz, ustadzat, santri putra dan santri putri tersebut, pimpinan pesantren, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc menyampaikan sambutan dan memimpin do’a.

Dalam kesempatan nan khidmat tersebut, bapak kyai menyampaikan kebahagiaan yang mendalam dengan berangkatnya ust. Mustajab bersama istri ke tanah suci. Beliau sangat berharap agar kepergian tersebut menjadi ‘pembuka pintu’ yang akan diikuti oleh para guru, santri, alumni, karyawan dan seluruh simpatisan Darunnajah Cipining.

Masih menurut pak Kyai, bahwa kesempatan beribadah haji tidak semata-mata karena kesiapan harta, namun yang lebih penting lagi adalah persiapan keimanan dan keilmuan. Beliau kemudian berbagi pengalaman nyata anugerah yang beliau terima dari Allah SWT, berupa kesempatan berhaji 5 kali berturut-turut selama menjadi mahasiswa di Ummul Qura University Arab Saudi dan juga haji yang keenam kalinya dengan wasilah menjadi Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIH). Bahkan pada haji yang terakhir itu, beliau sekaligus berkesempatan untuk membimbing kedua orang-tua beliau, Bapak Abdul Jalal Syafi’i dan Ibu Saryati, yang juga sedang menunaikan ibadah haji.

Seusai menyampaikan arahan, pak kyai kemudian memimpin do’a agar kiranya Allah SWT memudahkan dan melancarkan seluruh rangkaian proses manasik haji ust. Mustajab beserta istri, juga para wali santri yang menunaikan ibadah haji pada tahun ini, sehingga mereka menjadi haji mabrur yang tidak ada balasannya kecuali syurga. Juga kepada para jama’ah yang belum mendapat panggilan haji, bisa segera menyusul mereka untuk menunaikannya.

Rangkaian pelepasan ustadz yang akan berangkat haji di masjid jami’ ini, mengingatkan penulis (waktu itu masih seorang santri-red) ke dalam suasana syahdu nan berkah beberapa tahun silam, tepatnya tahun 1996 ketika salah-satu ustadz senior akan berangkat haji, yaitu ust. Hafidz Ma’mur dan kemudian pada tahun berikutnya 1997 disusul oleh Mandor/kepala karyawan, bapak Sholihin yang mendapatkan undangan Allah ke rumah-Nya nan suci. (WARDAN/ Mr.MIM).

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur’an.

Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll.

Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.