A. Pengertian Akhlak yang baik dan terpuji
Menurut al- Ghazali, berakhlak mulia atau terpuji artinya “ menghilangkan adat kebiasaan yang tercela yang sudah digariskan dalam agama Islam dan adat kebiasaan yang tercela yang sudah digariskan dalam agama Islam dan menjauhkan diri dari perbuatan tercela tersebut, kemudian membiasakan adat kebiasaan yang baik, melakukannya dan mencintainya.”

Menurut Hamka, ada beberapa hal yang mendorong seorang untuk berbuat baik, diantarnya:
1. Karena bujukan atau ancaman dari orang lain
2. Mengharap pujian atau karena takut mendapat cela
3. Karena kebaikan dirinya (dorongan hati nurani)
4. Mengharapkan pahala dan surga
5. Mengharapkan keridhoan Allah semata

Akhlak yang terpuji berbarti sifat- sifat atau tingkah laku yang sesuai dengan norma- norma atau ajaran Islam.

B. Akhlak yang terpuji dibagi menjadi dua bagian:
1. Akhlak lahir
Akhlak lahir berarti melakukan seluruh amal ibadah yang diwajibkan Tuhan termasuk berbuat baik kepada sesama dan lingkungan, dan dikerjakan oleh anggota lahir. Diantara beberapa perbuatan yang dikategorikan taat lahir adalah:
– Dermawan, perbuatan mulia yang dilakukan seseorang karena kecintaanya dalam mendermakan harta kekayaannya kepada orang lain.
– Adil, suatu tindakan yang menempatkan sesuatu pada tempatnya. Adil adalah perbuatan yang dilakukan misalnya dalam memutuskan perkara atau sanksi hukum, atau dalam memperlakukan seseorang atau siapapun sesuai dengan posisinya.
2. Akhlak batin
Sedangkan akhlak batin adalah segala sifat baik, yang terpuji yang dilakukan oleh anggota batin (hati) diantara contohnya adalah:
– Tawakal, yaitu berserah diri sepenuhnya kepada Allah dalam menghadapi, mentaati, atau menunggu hasil pekerjaan.
– Sabar, dibagi menjadi beberapa baigan, yaitu sabar dalam beribadah, sabar ketika dilanda malapetaka, sabar terhadap kehidupan dunia, sabar dalam perjuangan. Dasarnya adalah keyakinan bahwa semua yang dihadapi adalah ujian dan cobaan dari Allah SWT.

Akhlak batin memiliki tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan akhlak lahir, karena batin merupakan penggerak dan sebab bagi terciptanya ketaatan lahir.
Dengan terciptanya ketaatan batin (hati dan jiwa), maka pendekatan diri kepada Tuhan (bertaqorrub)melalui perjalanan ruhani (salik) akan dapat dilaksanakan.

C. Peningkatan Akhlak terpuji
Ada banyak cara yang ditempuh untuk meningkatkan akhlak yang terpuji secara lahiriah, diantarnya:
1. Pendidikan, dengan pendidikan, cara pandang seseorang akan bertambah luas, tentunya dengan mengenal lebih jauh akibat dari masing- masing akhlak terpuji dan tercela. Semakin baik tingkat pendidikan dan pengetahuan seseorang, sehingga mampu lebih mengenali mana yang terpuji dan mana yang tercela.
2. Mentaati dan mengikuti aturan dan undang- undang yang ada di masyarakt dan Negara.
3. Kebiasaan, akhlak terpuji dapat ditingkatkan melalui kehendak dan kegiatan baik yang dibiasakan.
4. Memilih pergaulan yang baik
5. Melalui perjuangan dan usaha.

Sedangkan akhlak terpuji batiniah dapat dilakukan melalui beberapa cara, yaitu:
1. Muhasabah, yaitu selalu menghitung perbuatan- perbuatan yang telah dilakukannya selama ini, baik perbuatan buruk beserta akibat yang ditimbulkannya, ataupun perbuatan baik beserta akibat yang ditimbulkan olehnya.
2. Mu’aqabah, memberikan hukuman terhadap berbagai perbuatan dan tindakan yang telah dilakukannya. Hukuman tersebut tentu bersifat ruhiyah dan berorientasi pada kebijakan, seperti melakukan shalat sunnah yang lebih banyak dibanding biasanya, berdzikir dan sebagainya.
3. Mu’ahadah, perjanjian dengan hati nurani (batin), untuk tidak mengulangi kesalahan dan keburukan tindakan yang dilakukan, serta menggantinya dengan perbuatan baik.
4. Mujahadah, berusaha maksimal untuk melakukan perbuatan yang baik untuk mencapai derajat ihsan, sehingga mampu mendekatkan diri kepada Allah SWT. (muraqabah). Hal tersebut dilakukan dengan kesungguhan dan perjuangan keras, karena perjalanan untuk mendekatkan diri kepada Allah banyak rintangannya.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Darunnajah 3 Al-Manshur Serang Banten adalah lembaga pendidikan Islam modern yang menerapkan sistem kurikulum terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris yang intensif. Lingkungan asri dan alami yang didukung dengan fasilitas lengkap, membuat santri-santri Al-Manshur selalu bersemangat dalam menuntut ilmu. Pesantren Al-Manshur menyelenggarakan pendidikan dari tingkat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah (MD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP/SLTP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SLTA).