Akhlak adalah tingkah laku seseorang yang didorong dengan keinginan terhadap sesuatu. karena akhlak merupakan hal yang paling utama melihat baik buruknya seseorang terhadap apa yang ia lakukan, oleh karena itu apabila seseorang ingin baik atau mulia terhadap penilaian orang lain maka akhlak orang itupun harus mulia seperti apa yang orang lain inginkan.

contoh paling baik adalah mencontoh dari akhlak nabi Muhammad S.A.W yang telah mencontohkan kepada umatnya tentang bagaimana berprilaku terhadap sesama, orang yang lemah, orang yang lebih tua dan bahkan sampai kepada aktifitas sehari-hari beliau selalu mencontohkan akhlak tersebut kepada kita semua, namun pada zaman kita sekarang perlu membaca riwayat Rasullah S.A.W agar kita mengetahui akhlak atau tangkah laku yang beliau lakukan seperti apa.

keutamaan akhlak mulia seseorang dapat dilihat dari tingkah laku baiknya yang dilakukan berulang-ulang tidak cukup hanya sekali atau sewaktu-waktu untuk melakukan hal baik tersebut. Seseorang dapat dikatakan memiliki akhlak yang mulia apabila tingkah lakunya timbul dari dorongan motivasi dalam dirinya dan tidak banyak pemikiran apalagi pertimbangan melakukan kebaikan tersebut secara berulang-ulang sehingga terkesan sebagai keterpaksaan dalam pengerjaanya, apabila melakukan kebaikan secara terpaksa bukan dari dalam dirinya maka orang tersebut tidak termasuk orang yang memiliki akhlak yang mulia.

Jadi apalagi yang ditunggu untuk jadi insan(orang) mulia mari kita bersama-sama menjadi insan mulia dengan mencontoh akhlak Rasulallah S.A.W sebagaimana Allah S.W.T berfirman :

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.

                                                                                                              وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

 

Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.

oke mulai sekarang kita mulai mencontoh akhlak rasulullah S.A.W karena kalo gak sekarang kapan lagi kalo bukan kita siapa lagi.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 berada di Pabuaran Serang Banten. Pondok Pesantren Modern terbaik ini memiliki dua jenjang pendidikan, yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan Multimedia. Pondok Pesantren Nurul Ilmi khusus menerima santri putra dan menyediakan beasiswa bagi santri berprestasi. Nurul Ilmi memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka, seni bela diri, public speaking (latihan pidato), kursus programming, robot, desain, dan bebagai cabang olah raga seperti futsal, basket, volly, badminton. Pondok Pesantren Modern Nurul Ilmi memiliki banyak prestasi dalam bidang IT (Informasi dan Teknologi), sering menjadi juara dalam perlombaan dari taraf regional sampai nasional. Nurul Ilmi memiliki fasilitas lengkap seperti asrama, masjid, koperasi, laboratorium komputer, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, guest house (penginapan), perkantoran, gedung sekolah, ruang rapat, kantor organisasi santri, dll.