Adab membaca dan menghafalkan qur’an

Adab membaca dan menghafalkan qur’an
Adab membaca dan menghafalkan qur’an

Siapa yang ingin menjadi seorang hafidz?pasti semua umat islam di dunia ini mengiginkan menjadi seorang hafidz quran.tapi kalo kita belum bisa memahami  bacaan dan tata cara membaca al quran dengan baik dan benar maka bacaan kita dan cara menghafal  kita pun akan berantakan.sebelum membaca quran mulailah belajar tentang  adab membaca quran.berikut ini adalah adab membaca quran seperti:

1.memiliki wudhu atau dalam kondisi bersuci dari hadas kecil maupun besar

2.dilakukan di tempat yang bersih dan suci.

3.berkonsentrasi dan khusyu  serta berusaha memahami isinya.

4.dimulai dengan membaca taawudz dan basmalah.

5.membaca dengan tartil dan mengunakan tajwid.

6.menghadap ke arah kiblat.

7.memperindah bacaan kita.

8.tidak diselengi mengobrol dengan orang lain.

9.membacanya secara berurutan dari awal hingga akhir.

10.membacanya menjadi makruh apabila di baca dalam sholat(ketika sedang ruku,sujud,tasyawud dan mengantuk.

Jika telah bisa memahami dan lancar membaca al quran maka kita pasi lebih mudah menghafal nya ,berikut ini adab dan trik menghafal quran:

1.memulai dengan niat yang benar serta serius.

2.mengetahu waktu yang terbaik dalam menghafal quran seperi waktu subuh,sore hari,maupun malam.

3.berusaha  menjaga hafalan dan selalu mengulang ulangnya.

4.menghindari dari perbuatan maksiat.

5.tidak mengganti ganti al quran.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 berada di Pabuaran Serang Banten. Pondok Pesantren Modern terbaik ini memiliki dua jenjang pendidikan, yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan Multimedia.

Pondok Pesantren Nurul Ilmi khusus menerima santri putra dan menyediakan beasiswa bagi santri berprestasi. Nurul Ilmi memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka, seni bela diri, public speaking (latihan pidato), kursus programming, robot, desain, dan bebagai cabang olah raga seperti futsal, basket, volly, badminton.

Pondok Pesantren Modern Nurul Ilmi memiliki banyak prestasi dalam bidang IT (Informasi dan Teknologi), sering menjadi juara dalam perlombaan dari taraf regional sampai nasional.

Nurul Ilmi memiliki fasilitas lengkap seperti asrama, masjid, koperasi, laboratorium komputer, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, guest house (penginapan), perkantoran, gedung sekolah, ruang rapat, kantor organisasi santri, dll.