adab-makan

Manusia mempunyai sebuah aktifitas yang dilakukan setiap hari, bahkan beberapa kali dilakukan dalam sehari dimana bila tidak melakukan hal tersebut akan membuat manusia menderita bahkan yang terparah sampai kehilanngan nyawa yaitu aktifitas makan.

Begitu pentingnya aktifitas tersebut, Rasulullah saw mencontohkan kepada ummatnya bagaimana supaya kegiatan yang sering dikerjakan tersebut selain bermanfaat untuk kehidupannya juga bernilai ibadah sebagai bentuk kecintaannya melaksanakan sunnah-sunnah Rasulullah saw.

Lalu, bagaimanakah adab makan yang diajarkan oleh Rasulullah saw? Melalui sabdanya, Rasulullah saw bersabda, “Wahai ghulam, bacalah “Bismillah”, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah yang ada di hadapanmu”. (HR Bukhari Muslim)

Mengingat kegiatan makan hal yang sering dilakukan dalam keseharian manusia, Rasulullah saw mengajarkan agar sebelum makan diawali dengan membaca Basmallah “Bismillah” atau “Bismillahirrahmanirrahiim” dilanjutkan dengan menyantap menggunakan tangan kanan (tangan yang baik) dan yang harus diperhatikan juga makanlah yang berada dihadapannya (khususnya ketika makan bersama, makanlah yang berada dihadapannya tidak menjulurkan tangan untuk mengambil makanan yang jauh dari jangkauannya).

Sederhana namun menyimpan keberkahan tiada tara karena bersumber dari Rasulullah saw, semoga kita semua bisa mempraktekan dalam kehidupan sehari-hari.

(MAS)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.