Visi Pendidikan

Pesantren Darunnajah 8 AnNur Cidokom Bogor

Pondok  Pesantren An-Nur (Darunnajah 8 ) merupakan lembaga pendidikan Islam yang fokus kepada pendidikan keagamaan dan pembentukan karakter santri ber-akhlaq karimah. Pesantren An-Nur juga dicanangkan sebagai ‘pesantren Multimedia’, pesantren yang memanfaatkan media kreatif dan teknologi informasi sebagai ciri khasnya pendidikannya. Pesantren ini merupakan pesantren wakaf yang dimulai sejak Desember 2006 dan merupakan cabang ke-8 dari Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta.

 

Profil Pendidikan

Sistem pendidikan dan pengajaran yang diterapkan adalah menggabungkan antara sistem pondok pesantren dengan pendidikan nasional.

Sistem pendidikan Tarbiyatul Mu’allimin/mu’allimat al-Islamiyah (TMI) adalah sistem pengajaran yang khas dikembangkan oleh Pondok Pesantren Darunnajah yang fokus menyiapkan kader pemimpin agama Islam yang diadopsi dari sistem pendidikan dan pengajaran di Pondok Modern Gontor Ponorogo.

Program ini menitikberatkan kepada pembentukan karakter dengan membekali santri pengetahuan agama Islam dan kemampuan berdakwah yang bisa diterapkan di segala lini kehidupan serta keterampilan hidup life skills yang paling mendasar yang dibutuhkan oleh peserta didik.

Disisi lain, sistem pendidikan formal yang saat ini dipakai adalah sistem pendidikan yang menginduk pada Kementrian Pendidikan Nasional (Diknas) dengan membuka lembaga Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Multimedia. Program ini akan membekali santri kemampuan untuk berfikir kreatif (out of the box thinking) dan mental wirausaha (entrepreneurship) khususnya keahlian yang berkaitan dengan dunia teknologi informasi dan multimedia. Insya Allah dalam waktu dekat juga akan di buka Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dengan menggabungkan dua sistem pengajaran ini, diharapkan menghasilkan pemimpin-pemimpin di segala bidang yang mempunyai akhlak dan karakter Islami sekaligus memiliki jiwa kreatif serta keahlian tekhnologi multimedia sehingga mampu berperan di era teknologi informasi.

Namun, program andalan dalam pendidikan di Pesantren Annur yang sesungguhnya adalah sistem kepengasuhan santri yang juga diterapkan di lembaga induk, Pesantren Darunnajah Jakarta.

Sistem ini merupakan ciri khas pendidikan integral dari pondok
pesantren yang memanfaatkan lingkungan asrama terpadu dengan menggunakan pola pendidikan ala Rasulullah, pendidikan melalui keteladanan. Tidak hanya berperan sebagai pengajar, para pengasuh dan pendidik di lingkungan pesantren juga berperan sebagai orang tua asuh yang akan memberi arahan dan tauladan serta menjaga lingkungan dan akhlak santri selama 24 jam.

Sistem kepengasuhan ini juga menggunakan disiplin sebagai alat pembentukan karakter santri dengan melibatkan santri sebagai pihak yang aktif dalam organisasi santri. Berbagai macam kegiatan ekstra kurikuler diadakan sebagai wadah kreatifitas santri termasuk ekstra kurikuler yang berkaitan dengan olahraga, seni, Pramuka, dan tentunya dunia teknologi multimedia.

Selain itu, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris menjadi bahasa resmi yang wajib digunakan didalam kegiatan sehari-hari santri. Lingkungan pesantren pun menjadi Laboratorium bahasa aktif yang dibentuk oleh kebiasaan dan disiplin.

Seluruh elemen tersebut menyatu menjadi sebuah kesatuan pendidikan yang integral dan menyentuh seluruh indra pembelajaran santri.

 

Social Entrepreneurship Development Centre

Lembaga institusi Pesantren memiliki kekhasan yang tidak dimiliki oleh lembaga pendidikan lainnya dan mempunyai posisi yang unik didalam masyarakat.

Tidak hanya menyediakan pengajaran di dalam lembaga untuk para santri, lembaga pesantren memiliki wawasan kebangsaan, kesadaran dan kewajiban untuk mengembangkan dan memberdayakan masyarakat, terutama masyarakat sekitar pondok.

Salah satunya adalah aspek ekonomi masyarakat.

Pesantren Annur memiliki visi tersebut dengan merintis “Social Entrepreneurship Development Centre” atau (SEDC).

Mengapa social entrepreneurship? karena tidak cukup dengan sekedar membangun kemampuan berwirausaha, tetapi juga harus berwirausaha yang berwawasan sosial, yang sesuai dengan ajaran Islam.

 

Profil Lembaga

  • Pendiri Darunnajah: K.H. Abdul Manaf (Waqif, Alm), K.H.Mahrus Amien dan H.Komaruzzaman (alm)
  • Badan Hukum: Yayasan Darunnajah
  • Lembaga Pendidikan: Tarbiyatul Mu’allimin al-Islamiyah (TMI), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Multimedia
  • Lembaga tertinggi: Dewan Nazir Darunnajah
  • Waqif Lahan An-Nur: H.M.Yusuf Gayo  (alm) & Keluarga
  • Ketua Yayasan: K.H.Saifuddin Arief, SH
  • Pimp. Darunnajah: K.H.Mahrus Amien dan K.H.Sofwan Manaf, MSi
  • Pimp. An-Nur Darunnajah 8: Hadiyanto Arief, S.H.,M.Bs.
  • Kep. sekolah SMK: Hadiyanto Arief, S.H. M.Bs
  • Kep. Sekolah SMP: M.Towil Akhirudin, S.S.I
  • Alamat Sekolah: Jl.Intan I Cidokom Gunung Sindur, Bogor
  • Website: www.darunnajah-multimedia..com atau www.darunnajah.com