Hasil gambar untuk sanri nurul ilmi dn14System Kegiatan belajar mengajar (KBM) merupakan salah satu dari penunjang bagi lembaga pendidikan dalam menjalankan pengajaran dan pembelajan kepeada guru dan murid agar lebih baik dan lebih tertib dalam proses pendidikan. Karena dengan menggunakan system KBM yang dapat mengefektifkan kegiatan belajar dan mengajar.

Salah satu pendukung dari kegiatan belajar adalah lingkungan , karena lingkungan dapat mempengaruhi kenyamanan dalam belajar bagi para siswa untuk memberikan suasana yang dapat memberikan kenyamanan di fikiran mereka. Banyak dari siswa menginginkan suasana belajar diruang kelas atau out door learning karena belajar terlalu lama didalam kelas dapat membuat siswa penat dan bosan karena  setiap hari mereka menempati tempat yang sama dan belajar ditempat yang sama sehingga mereka tidak merasakan belajar dengan berinteraksi langsung dengan alam yang sejuk dan nyaman. Oleh karena itu banyak beberapa lembaga pendidikan yang mengadakan belajar luar kelas atau out door learning setiap minggunya. Banyak manfaat yang didapat ketika belajar di luar kelas, berikut adalah manfaat yang didapat outdoor learning :

  1. Pikiran menjadi lebih jernih.

Pikiran kita akan lebih jernih lagi apabila kita lansung berinteraksi dengan alam karena alam dapat membuat kita menbjadi lebih otak kita lebih segar dan jernih sehingga apapun yang kita lakukan menjadi lebih positif.
2. Sistem pembelajaran terasa lebih menyenangkan

Siapa sih yang gak senang ketika belajar dengan lingkungan alam terbuka karena hal tersebut secara otomatis membuat senang hati seseorang ketika belajar lingkungan alam yang asri.
3. Sistem pembelajaran menjadi lebih real dengan objek yang bisa secara langsung dilihat di luar

Alam juga dapat menjadi salah satu bahan untuk menjadi pembelajaran, dan praktek dalam pelajaran biologi karena dalam pemaraktekanya dibutuhkan allam sekitar untuk mempelajarinya tidak cukup hanya memberikan materi dan pengenalan-pengenalan melalui buku dibutuhkan pengenalan yang real dengan benda yang diperkenalkan tersebut.
4. Sistem pembelajaran menjadi lebih kreatif.

Dengan adanya alam siswa akan lebih kreatif karena mereka bisa melihat banyak hal dialam sekitar untuk dijadikan pembelajaran dan pemikran mereka untuk menciptakan sesuatu hal yan baru dari alam.
5. Peserta didik mampu mengenal dunia nyata secara lebih luas.

Terlalu sering menempatkan siswa Belajar didalam kelas dapat mempengaruhi minim pengetahuan tentang mengenal dunia yang sesungguhnya karena siswa akan lebih tahu dunia nyata apabila ia belajar di alam dan dikenalkanya tentang alam tersebut.

 

Nah itulah manfaat dari belajar di alam sekitar atau outdoor learning semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda tentang manfaat belajar diluar ruan kelas.

sumber: http://www.websitependidikan.com

by: mohdardo@mail.com

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

SOURCEManfaat Alam Bagi Kegiatan Belajar
Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 berada di Pabuaran Serang Banten. Pondok Pesantren Modern terbaik ini memiliki dua jenjang pendidikan, yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan Multimedia. Pondok Pesantren Nurul Ilmi khusus menerima santri putra dan menyediakan beasiswa bagi santri berprestasi. Nurul Ilmi memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka, seni bela diri, public speaking (latihan pidato), kursus programming, robot, desain, dan bebagai cabang olah raga seperti futsal, basket, volly, badminton. Pondok Pesantren Modern Nurul Ilmi memiliki banyak prestasi dalam bidang IT (Informasi dan Teknologi), sering menjadi juara dalam perlombaan dari taraf regional sampai nasional. Nurul Ilmi memiliki fasilitas lengkap seperti asrama, masjid, koperasi, laboratorium komputer, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, guest house (penginapan), perkantoran, gedung sekolah, ruang rapat, kantor organisasi santri, dll.