Ada kalanya ketika kamu melakukan rutinitas harian, kamu merasa terlalu banyak waktumu yang terbuang sia-sia. Atau kamu merasa belum maksimal dalam mengerjakan setiap tugasmu sampai-sampai kamu merasa kalau kamu nggak produktif. Sebenarnya, ada banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang nggak produktif, salah satunya adalah karena kehilangan fokus dan konsentrasi, atau bahkan karena sedang merasa tertekan.

Nah, kalau kamu sedang dalam kondisi yang seperti itu, gak perlu khawatir. Sebenarnya, ada beberapa cara lho yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi situasi itu.

1. Menarik napas dalam-dalam

Menarik Nafas Dalam Dalam (rosemary)

Sederhana banget, kan? Nah, kegiatan sederhana ini, sebenarnya bisa bermanfaat banyak banget buat kehidupanmu. Ketika kamu menarik napas dalam-dalam, kamu bisa mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam otak dan otot-otot dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh kamu akan jadi lebih rileks dan denyut jantungmu akan melambat, sehingga membantu menghilangkan ketegangan fisik. Kalau tubuhmu sudah lebih rileks, kamu bisa berpikir lebih jernih dan mengelola atau melakukan rutinitasmu dengan mood yang lebih baik. Mood yang baik bisa membantumu meningkatkan produktivitas.

2. Menulis

Menulis (shiq4)

Menulis tidak harus selalu dijadikan sebagai kegiatan yang serius dan perlu memeras otak. Menulis justru dapat membantu kamu untuk menenangkan pikiran. Dengan menulis, kamu bisa mengeluarkan semua unek-unek yang ada dalam kepalamu. Tulislah apa pun yang saat itu tengah menganggu pikiranmu atau menghambat konsentrasimu. Dengan begitu, pikiran kamu akan jadi lebih ringan dan siap untuk melakukan kembali rutinitasmu dengan produktif.

3. Mendengarkan lagu

Mendengar Musik (roselia diary FOTO)

Mendengarkan lagu dapat menjadi terapi yang paling menyenangkan. Kamu perlu mendengarkan musik yang irama hentakannya sejalan dengan detak jantungmu. Itu bisa membuat tubuh kamu lebih rileks dan siap menjalani harimu dengan lebih produktif. Selain itu, lirik lagu yang penuh dengan kalimat motivasi juga bisa membantu kamu untuk terus semangat dalam menjalani rutinitas.

4. Berdiskusi

Lewat diskusi, kamu bisa menyampaikan apa yang menganggu pikiranmu sehingga sulit untuk fokus dan produktif. Dengan berbagi pikiranmu kepada orang lain, kamu akan merasa lebih baik karena tidak perlu menanggung beban itu sendirian. Selain itu, dengan mendengarkan sudut pandang orang lain, kamu bisa menemukan apa yang membuatmu terhambat untuk produktif dan menemukan solusi untuk mengatasinya.

5. Jalan-jalan santai

Jalan Santai (stoknap)

Produktif bukan berarti menghabiskan setiap detik yang dimiliki untuk bekerja. Kita juga harus menyeimbangkan kebutuhan mental dan psikis kita, salah satunya adalah dengan berjalan-jalan santai. Di tengah rutinitas pekerjaan, kamu bisa berjalan-jalan sebentar atau sekitar 15 menit untuk me-refresh pikiran yang tengah jenuh. Dengan pikiran yang lebih fresh, kamu pun akan lebih produktif dan efisien dalam menyelesaikan tugas ataupun pekerjaan.

6. Mengingat motivasi

Mengingat Motivasi (Stoknap)

Ingat kembali alasan mengapa kamu melakukan tugas atau pekerjaan itu. Dengan mengingatnya, kamu akan terus terdorong untuk bisa menyelesaikan tugas itu dengan baik dan maksimal. Kamu akan menghargai setiap waktu yang kamu miliki agar tetap produktif sepanjang hari.

7. Membuat planning

Membuat Planning Atau Rencana (digrid FOTO)

Ini adalah hal yang penting untuk memonitor harimu agar tetap produktif dan tertata. Buat perencanaan yang akuntabel dan fleksibel. Akuntabel artinya planning-mu realistis, bisa diperkirakan dan terinci per kegiatannya. Sedangkan fleksibel, artinya jadwal kegiatanmu tidak kaku dan tetap terbuka atas segala kemungkinan yang terjadi.

Nah, sebenarnya gampang banget kan untuk menjadikan kegiatanmu kembali produktif. Kuncinya adalah sabar, fokus dan disiplin. Kamu tidak perlu terlalu keras pada dirimu sendiri, yang penting, kamu yakin dengan apa yang kamu kerjakan sekarang akan bermanfaat dan menghasilkan di masa mendatang. Tetap semangat!

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini