Jakarta 30 Januari 2016
Kepala Sekolah RA Darunnajah 10 Usth. Bahliah, S.Pd.I

Pelatihan Kepala Sekolah (PAUD) Sejakarta Selatan RA Darunnajah 10
Pelatihan Kepala Sekolah (PAUD)Sejakarta Selatan RA Darunnajah 10
mengikuti pelatihan LDK Latihan Dasar Kepemimpinan Kepala Sekolah Sejakarta Selatan yang di adakan di musholla Al-Muttaqin Dengan tema:
TIPS MENJADI GURU PAUD YANG DISUKAI ANAK
Menjadi guru PAUD yang disukai anak-anak tentu menjadi dambaan tiap pendidik. Melalui artikel ini, Kak Zepe akan memberikan tips mengajar dan mendidik yang baik dalam kegiatan pembelajaran dan pengasuhan di PAUD. Berikut ini tips dari Kak Zepe:

1. Cintai dan sayangi anak didik seperti anak kita sendiri.;

Layaknya sebuah keluarga, ada anak-anak dan ada orang tua. Orang tua akan membimbing dan menjadi teladan bagi anaknya. Seorang pendidik yang baik akan dapat meresapi di dalam hatinya bahwa ia sangat mencintai dan menyayangi anak didiknya disekolah seperti ia mencintai dan menyayangi anak-anaknya sendiri di rumah.

2. Menjaga penampilan yang baik, dan tampil menarik

Jangan sampai anak didik anda berkata, “Kak, kok bajunya tidak dimasukin?” Atau secara spontan anak mengatakan, “Bajunya bau”. Seorang pendidik harus memberikan penampilan yang baik dan kemampuan yang terbaik dalam mengajar, misalnya dalam menyanyi seorang pendidik PAUD harus berusaha menyanyi dengan suara yang baik dan merdu didengar anak. demikian juga dalam aspek-aspek lainnya, seperti pakaian, cara bersikap, dan sebagainya.

3. Memahami kebutuhan dan perkembangan anak dalam mengajar;

Apa yang dilakukan pendidik di sekolah dan lembaga PAUD berorientasi pada kebutuhan perkembangan anak, pendidik yang baik akan selalu memperhatikan kebutuhan anak dalam belajarnya. Setiap anak diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan keinginan yang ditanggapi dengan antusias yang sama oleh pendidik.

4. Memiliki “banyak mata”

Jangan lengah, jangan lelah. Setiap kejadian di kelas harus kita perhatikan setiap saat. Jelilah dalam mengawasi dan memperhatikan anak sampai kesetiap sudut, agar dapat menangkap setiap gerakan anak. Dalam situasi tertentu kontak mata dengan anak tidak lagi dibutuhkan, lihat seluruh anak dengan rata-rata air diseluruh kepala mereka saja untuk mengetahui keberadaan kawanan secara lebih cepat.

5. Semangat dalam mengajar

Jangan tidur terlalu larut malam. Supaya terlihat fresh di pagi hari. Pendidik harus terlihat bersemangat dan penuh motivasi dalam mengajar, semangat keceriaan yang sesuai dengan dunia anak harus dilakukan agar anak juga termotivasi untuk belajar di kelasnya.

6. Menjaga intonasi suara dalam memberikan instruksi

Keras namun tidak berteriak, tegas tapi tidak dengan amarah. Hal itu memang akan sulit dilakukan, dan membutuhkan waktu bagi pendidik untuk belajar. Semakin kita berteriak dan ulangi maka anak akan semakin mengabaikannya di hari berikutnya. Jadi lebih baik tunggu jeda ketika anak sudah tenang barulah kita lakukan satu kali perintah dengan jelas dan tegas.

7. Disiplinkan diri, agar bisa mendisiplinkan

Dalam menerapkan disiplin dan peraturan pendidik harus tegas dan konsisten tetapi tidak terlihat emosi apalagi dengan marah-marah. Kepada anak berikan sebuah komitmen bahwa kita mempunyai aturan dan batasan tindakan yang harus diperhatikan anak.

8. Be Creative

Kretifitas yang tinggi dan selalu up to date harus selalu jadi ciri pendidik PAUD yang baik. Setiap hari kita harus selalu berfikir ide apa yang menarik, efektif, dan membantu perkembangan belajar anak supaya lebih baik. Pendidik PAUD harus selalu berusaha meninggkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar dan mendidik anak-anaknya.

9. Berikan kesan yang baik di hari pertama

Hal ini penting bagi pendidik yang baru dan hendak berkenalan apalagi mengajar anak-anak didiknya. Tariklah perhatian anak dengan sesuatu yang menarik atau “catching” untuk mengajak anak memperhatikan kita, misalnya dengan bunyi-bunyian, lagu, bentuk, cahaya, gerakan dll. Sehingga pendidik tidak perlu berteriak-teriak memanggil anak-anak untuk menarik perhatiannya.

10. Siap mendengar keluh kesah anak didiknya

Pendidik harus menanggapi setiap keluhan anak yang bersifat kemajuan dalam perkembangan belajar anak, tetapi kadang kita harus tahu ada anak tertentu yang bersikap malas, keluhannya karena rasa malas yang dimiliki anak tidak kita berikan toleransi dalam rangka penegakan disiplin pada anak.

Selain tips di atas, Kak Zepe juga menyarankan agar seorang pendidik PAUD mengenalkan lagu-lagu anak yang bernilai pendidikan dalam mengajar. Karena lagu-lagu yang edukatif tidak hanya membuat anak menjadi ceria, namun juga akan menambah pengetahuan mereka. Lagu yang diberikan alangkah baiknya adalah lagu yang sesuai dengan tema pelajaran. Bila anda mencari lagu anak bertema Alam, Kak Zepe bekerjasama dengan Educa Studio telah menciptakan sebuah aplikasi yang dapat menunjang proses pembelajaran di kelas. Aplikasi ini bernama “LAGU ANAK KAK ZEPE”. Aplikasi ini berisi 12 lagu anak karya Kak Zepe bertema pengenalan alam, hewan, tumbuhan, dan lagu-lagu bernilai pendidikan karakter.

Silakan download lagu ini secara GRATIS dengan klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1&hl=

sumber: www.lagu2anak.blogspot.com

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

TK Islam Darunnajah 10, adalah taman kanak-kanak berbasis islami yang berada di jl. H. Gari Rt 001/003 Pesanggrahan Bintaro jakarta selatan. Tk islam darunnajah berdiri di bawah naungan lembaga Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami. Tk ini mengajarkan tentang pendidikan anak usia dini umur 3- 6 tahun.
Tujuan pendirian lembaga pendidikan ini adalah membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap, perilaku, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan anak usia dini dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Kegiatan yang dimulai dari, upacara bendera(Setiap hari senin), membaca iqro sebelum masuk kelas, kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, bertujuan mengenalkan sikap motorik halus dan kasar.
Direncanakan secara terprogram dan dikembangkan melalui kegiatan bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain. Berbagai kegiatan Ekstrakulikuler yang terdiri, les Bahasa Inggris, Sains, Komputer, Menari dan Berenang.
Visi dan Misi dari Tk Islam Darunnajah 10 adalah membentuk kepribadian Islam dan mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan dasar yang lebih baik berdasarkan islam.