Kebayakan pelajar kalau sudah menemukan hal yang sulit dalam pelajaran pasti tidak akan mau berusaha lagi untuk mengerjakan nya. Kalian tidak usah kwatir lagi saat ini  saya kan membagi rahasia agar kalian semua mudah dalam memahami pelajaran yang sulit.  Penasaran kan pasti ….

Okey kita langsung bahas saja ya …..

Ubah tulisan menjadi menyenangkan dengan sebuah gambar berupa peta konsep

                                            Peta Konsep

Sebelumnya pasti kalian belum mengerti peta konsep itu apas si???? Peta Konsep ini yang akan membuat setumpukan materi yang tidak jelas menjadi jelas, singkat, padat dan mudah dipahami oleh kalian. Oleh karena itu, cobalah untuk merubah pelajaran sulitmu dengan peta konsep yang mudah dipahami oleh kalian. Cukup ambil inti dari setiap bagian, lalu buatlah menjadi kerangka berpikir yang praktis untuk dipelajari.

Jangan paksakan otak, mulailah belajar secara bertahap

Jangan paksakan otak mkalian jika sudah tidak bisa menampungnya

Terkadang kebayakan pelajar ataupun mahasiswa  jika bertemu dengan pelajaran yang sulit pasti selalu memaksakan otaknya untuk berfikir keras atau memaksakan otak untuk mencerna semua materi secara sekaligus. Itu adalah cara yang sangat salah seharusnya  membagi materi tersebut menjadi beberapa bagian, lalu simak secera pelahan-lahan setiap bagiannya. Baru setelah kamu berhasil menyimak semuanya, kamu satukan menjadi konsep yang utuh lagi. Nah kalau kalian pakai cara seperti  inikan lebih enak dari pada memaksakan otak kalian dan membuat kalian kalian psing sendiri.

Membuat ringkasan materi versi dirimu sendiri

Kalian yang memiliki tipe belajar  visual pasti menyukai hal-hal berwarna pada buku catatan kalian iya kan??? Nah jadikan itu semua sebagai cara untuk memahami materi yang sulit. Baca Semua materi lalu tulis ulang ke dalam ringkasan versi  diri kalian sendiri diman hanya kalian lah yang mengerti tulisan dan maksut tulisan tersebut. Yang harus diperhatikan adalah point-point penting yang harus kalian tulis secara jelas meskipun dirangkai dalam kata-kata versi kalian sendiri. Kemudian berkresilah dengan pena warna-warni yang indah dan membuat kalian tidak suntuk membacanya.

Singkatan yang menarik dan unik bisa mepermudah ingatan kalian

Dengan menggunakan trik ini merupakan trik lama yang dilakukan oleh guru. Jika kalian cocok dengan cara belajar seperti ini, maka kembangkanlah imajinasi kalian. Buat singkatan-singkatan yang unik dalam materi pelajaran yang sulit, misalnya seperti rumus-rumus MTK ataupun IPA.

Ubah pelajaran menjadi sebuah permainan seru

Bayak siswa dan siswi jika pelajaran sulit itu dilakukan dengan game pasti akan mengatakan kalau ternyata itu sangat mudah. Oleh karena itu semangkin kemajuan teknologi yang membuat generasi milennials puas disuguhkan berbagai kecanggihan yang membuat semuanya menjadi mudah. Misalnya aplikasi belajar bahasa asing yang kini tersaji dalam animasi yang menarik. Sehingga proses belajar kalian tidak akan merasa kelelahan, sebab kalian menikmati permainan tersebut.

Mencari teman untuk belajar dan berdiskusi bersama

Teman bisa membatu kita dalam kesulitan dan saling bertukar pikiran

Masa-masa sekolah memang masa yang paling indah, sebab selalu ada teman yang setia mendampingi. Manfaatkan pertemannanmu menjadi sesuatu yang bernilai positif, seperti dalam urusan pelajaran yang kalian rasa itu sulit. Kalian bisa meminta bantuan kepada teman kalian untuk mengajari atau memberi tau bagaimana memahami materi, biasanya bertanya dengan teman sebaya yang memiliki pemikiran yang sama bisa memudahkan kita dalam memahami materi.

Nah bagi kalian yang belum pernah mencoba cara yang telah saya sebutkan tadi coba saja, kali aja ada salah satu dari yang telah disebutkan  cocok buat kalian untuk memahami pelajaran yang sulit.

Semoga kalian tidak bingung lagi yah sama pelajaran yang membuat kalian sulit dan tetap semangat untuk memahami materi tersebut……

(hwatihera99/WARDAN)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini