5 Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan

Puasa Senin Kamis tak hanya menjadi ritual keagamaan. Selain menunjang kebutuhan ibadah puasa Senin-Kamis juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Meski identik dengan ibadah, ternyata cara ini juga banyak dilakukan masyarakat. Puasa Senin Kamis ternyata memiliki karakteristik dan metode yang hampir mirip dengan diet. Puasa Senin-Kamis dan diet dinilai sama efektifnya dalam menurunkan berat badan sekaligus mengontrol produksi gula darah. Tentunya, selain kedua manfaat tersebut masih ada sejumlah khasiat lainnya yang dapat diperoleh jika rutin menjalankan puasa Senin Kamis. Apa saja manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan? Inilah beberapa manfaat dari puasa senin kamis bagi kesehatan:

  1. Puasa Senin Kamis dapat Memperpanjang Usia

Pembatasan asupan makanan dengan jeda waktu tertentu seperti puasa Senin Kamis ternyata berpengaruh dalam meningkatkan usia harapan hidup sekaligus membuat tubuh tetap prima saat usia tua. Penelitian tersebut menyatakan, puasa dapat membantu memperlambat proses penuaan sekaligus mencegah potensi munculnya penyakit akibat usia tua. Seseorang yang rutin melakukan puasa dalam jeda waktu tertentu cenderung lebih bugar dan tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan dini layaknya mereka yang tidak menjaga pola makan.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Puasa ternyata mengakibatkan tekanan oksidatif ringan dan dapat membantu sel saraf memperbaiki kerusakan oksidatif pada DNA.Puasa dan diet tinggi lemak seperti keto juga diklaim dapat melindungi otak dari potensi parkinson dan alzheimer. Mereka yang disiplin menjalankan metode diet semacam ini juga dinilai lebih fokus dan menunjukkan kemampuan daya ingat yang meningkat.

  1. Mengurangi Potensi Serangan Jantung

Seseorang yang rutin menjalankan puasa dengan jeda waktu tertentu  juga memiliki risiko serangan jantung lebih rendah.Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya penurunan tekanan darah sistolik pada partisipan yang terlibat dalam penelitian. Penurunan tekanan darah sistolik berpengaruh langsung dalam mengurangi tekanan pada arteri sekaligus mengurangi risiko serangan jantung.

4.Mengurangi Pertumbuhan Sel Kanker Tertentu

Kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang abnormal. Meski tergolong sebagai penyakit yang sulit disembuhkan, efek buruk pertumbuhan sel kanker ternyata dapat dikurangi dengan berpuasa.

  1. Mengurangi Resistansi Insulin dan Risiko Diabetes Tipe 2

Puasa banyak dianjurkan praktisi kesehatan sebagai metode terapi untuk mengurangi resistansi insulin dan diabetes tipe 2. Berdasarkan penelitian, tubuh manusia yang menjalani puasa rutin mengalami penurunan kadar gula darah hingga 5-6 persen. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa puasa dapat melindungi ginjal dari kerusakan, yang merupakan salah satu komplikasi penyakit diabetes.

Itulah lima manfaat puasa Senin Kamis yang dapat dirasakan jika rutin menjalankannya. Menjaga porsi dan asupan makan saat buka puasa merupakan kunci utama dalam meraih manfaat kesehatan dari puasa Senin Kamis. Pastikan makanan yang dikonsumsi saat buka puasa dan sahur memiliki gizi seimbang dan didampingi konsumsi air yang cukup agar tubuh tetap kuat saat beraktivitas. (RSB)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Darunnajah 3 Al-Manshur Serang Banten adalah lembaga pendidikan Islam modern yang menerapkan sistem kurikulum terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris yang intensif. Lingkungan asri dan alami yang didukung dengan fasilitas lengkap, membuat santri-santri Al-Manshur selalu bersemangat dalam menuntut ilmu. Pesantren Al-Manshur menyelenggarakan pendidikan dari tingkat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah (MD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP/SLTP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SLTA).