Hewan Qurban

5 Manfaat Berqurban Yang Harus Kamu Ketahui

- Advertisement-

Idul Adha tinggal menghitung hari, ramai-ramai orang mencari hewan Qurban untuk dijadikan hewan sembeliahan atas namanya atupun dijadikan sebagai objek berjualan mendekati hari Raya Idul Adha. Berkurban adalah Ibadah yang diperintahkan Allah sebagai media untuk mendekatkan diri kepada-Nya yang tertulis dalam surat Al-Kautsar ayat 3:

Fa alli lirabbika wan-ar “ yang artinya : “Maka laksanakan sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah ( sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah” (QS. Al-Kautsar:3)

Mengingat kisah nabi Ibrahim bersama Ismail, yang menjadikan ayah dan anak ini sebagai Hamba-Nya yang bertaqwa, karena melakukan seluruh apa-apa yang diperintahkan oleh Allah SWT. Dengan berqurban ini, umat muslim meneladani sifat Nabi Ibrahim A.S

Kali ini penulis akan memaparkan 5 Manfaat untuk orang yang berqurban. Agar saat beribadah, kita tidak hanya melakukan tapi juga paham dan sadar mengapa harus melakukan hal tersebut.1.Bersyukur Atas Nikmat dan Karunia Allah

Denga Berqurban kita menyisihkan sebagian rezeki kita untuk dibagikan kepada orang lain. Itu termasuk sebagai tanda Syukur kita kepada Allah SWT. Apakah Berqurban hanya untuk orang yang memiliki uang banyak ? tidak selalu begitu, orang yang pas-pasan juga bisa jika tekadnya besar untuk berqurban.

  1. Pahala dan kemudahan meniti diatas shirat, dll

“Tiada suatu amalan yang dilakukan oleh manusia pada Hari Raya Kurban, yang lebih dicintai Allah selain daripada menyembelih haiwan Kurban. Sesungguhnya hewan kurban itu pada hari kiamat kelak akan datang berserta dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya, dan sesungguhnya sebelum darah kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima disisi Allah, maka beruntunglah kamu semua dengan (pahala) kurban itu.” (HR.Al-Tarmuzi, Ibnu Majah dan Al-Hakim),  dalam riwayat lain “Muliakanlah kurban kamu karena ia menjadi tunggangan kamu di titian (shirat) pada hari kiamat.”

  1. Menteladani Sifat Nabi Ibrahim A.S

Berkurban adalah salah satu teladan yang disampaikan oleh Nabi Ibrahim as. Bentuk kecintaan, dan ketaatan seorang Hamba yang tertinggi kepada Allah SWT.

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ ٱلسَّعْىَ قَالَ يَٰبُنَىَّ إِنِّىٓ أَرَىٰ فِى ٱلْمَنَامِ أَنِّىٓ أَذْبَحُكَ فَٱنظُرْ مَاذَا تَرَىٰ ۚ قَالَ يَٰٓأَبَتِ ٱفْعَلْ مَا تُؤْمَرُ ۖ سَتَجِدُنِىٓ إِن شَآءَ ٱللَّهُ مِنَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Artinya: ” Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”.(Q.S. Ash Shafaat:102)

  1. Menumbuhkan Rasa Peduli Terhadap Sesama
Mari Berqurabn Bersama Darunnajah

Berqurban berarti juga memberi pada orang lain, tetangga, Masyarakat sekitar dan kepada para Mustahiq (orang-orang yang membutuhkan) itu menjadi media kita membiasakan untuk peduli terhadap orang lain. Karena ada saja orang yang tidak pernah makan untuk memenuhi gizi baiknya kecuali pada Hari Raya saja.

5. Mensucikan Harta

Didalam harta kita, tidaklah mutlak milik kita seutuhnya , didalam harta tersebut ada sebagian milik orang lain, maka dengan berqurban itu adalah usaha kita untuk mensucikan kembali harta. Siapa tau ada harta yang belum disalurkan. Insya Allah menambah keberkahan dalam hidup.

Qurban itu berkah dan Indah mari Berqurban bersama Pesantren Darunnajah

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta adalah Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang Play Group, PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMA sampai Perguruan Tinggi. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Darunnajah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, bank, ATM, production house, asrama, koperasi, guest house (penginapan), gedung olahraga (GOR), sekolah, perkantoran, laboratorium, dll. Darunnajah menyediakan beasiswa untuk kaderisasi. Pesantren Darunnajah memiliki 16 cabang di seluruh Indonesia.