Santri Saat Belajar Di Luar Ruangan

Kamu mungkin gak sadar kalau kamu telah gagal dalam dunia pendidikan, lulus dari sekolah bukan acuan kamu gagal atau berhasil dalam dunia pendidikan. Kamu terbilang gagal dalam dunia pendidikan yaitu ketika kamu gak bisa mempraktikkan ilmu yang kamu dapatkan selama kamu bersekolah dalam kehidupan sehari-hari, dan kamu dikatakan berhasil dalam dunia pendidikan, ketika ilmu yang kamu dapat itu bisa sangat berguna bagi orang banyak.

Nah langsung saja, penyebab kegagalan-kegagalan itu apa aja ya?

1. Terlalu takut gagal

Dalam menjalani hidup, sangat wajar jika kita memiliki ketakutan akan sesuatu hal, namun ketakutan itu perlu kita hindari khususnya dalam dunia pendidikan. Ketakutan yang paling sering dialami siswa adalah “kegagalan dalam ujian”, sehingga membuat kita tidak konsentrasi.

Sebenarnya, ujian bukan hal yang perlu ditakuti, cukup pikirkan hal simple. Jika kita mau lulus ujian, maka hal yang perlu kita lakukan adalah belajar dengan giat, ini simple tapi terkadang kita sendiri lah yang membuatnya menjadi rumit.

2. Terlalu menginginkan peringkat, tanpa memikirkan kualitas

Peringkat merupakan acuan tertentu di dalam dunia pendidikan, sehingga tak jarang jika siswa berlomba-lomba untuk mendapat peringkat yang tinggi. Tak salah, jika kita ingin mengejar peringkat tinggi. Namun terkadang ketika ingin mendapat peringkat tinggi, kita justru malah melupakan kualitas dan melupakan makna pendidikan yang sebenarnya yaitu mencari ilmu, bukan mencari peringkat. Akhirnya yang terjadi adalah kita mendapat peringkat tinggi, tapi tidak mendapat ilmu.

3. Belum mencoba tapi sudah menyerah

Menyerah mungkin adalah pilihan bagi orang yang malas untuk mencoba, namun menyerah bukan alasan untuk tidak bangkit lagi. Bagi siswa sangat sering ketika dihadapi pada suatu masalah, bukannya mencoba untuk memecahkan masalah itu tapi malah membuatnya menjadi semakin rumit yaitu dengan berkata “Sulit”.

Ketika kita berkata “Sulit”, maka sudah pasti kita akan malas untuk berpikir, dan otomatis ilmu itu gak bakal bisa masuk dengan baik dalam pikiran kita.

4. Malas

Malas adalah musuh terbesar yang ada pada diri manusia. Mengalahkan malas itu memang gak mudah, tetapi jika malas terus dipelihara. Maka dijamin deh kamu gak bakal sukses dalam dunia pendidikan. Di dunia pendidikan diperlukan niat yang besar, sesulit apapun pelajarannya ketika kita mempunyai niat yang besar pasti bakal bisa. Tapi segampang apapun pelajarannya saat niat kita udah hilang, maka sampai kapanpun kita gak bakal pernah bisa.

5. Hanya menyukai materi yang mudah-mudah saja

Sering kali saat belajar kita hanya menyukai pelajaran yang mudah-mudah saja, tanpa mau mempelajari pengembangan dari materi itu. Dalam belajar, sangat perlu bagi kita untuk memperdalam materi itu, bukan mempelajari materi dasarnya saja.

Kalau kita hanya mempelajari materi yang mudah-mudah saja dan monoton, maka yang terjadi adalah ilmu itu gak bakal bisa berkembang di dalam pikiran kita, sehingga dalam dunia pendidikan sama saja seperti kita berada di tingkat yang itu-itu saja.

(Santri Tv/Rafi)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 berada di Pabuaran Serang Banten. Pondok Pesantren Modern terbaik ini memiliki dua jenjang pendidikan, yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan Multimedia. Pondok Pesantren Nurul Ilmi khusus menerima santri putra dan menyediakan beasiswa bagi santri berprestasi. Nurul Ilmi memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka, seni bela diri, public speaking (latihan pidato), kursus programming, robot, desain, dan bebagai cabang olah raga seperti futsal, basket, volly, badminton. Pondok Pesantren Modern Nurul Ilmi memiliki banyak prestasi dalam bidang IT (Informasi dan Teknologi), sering menjadi juara dalam perlombaan dari taraf regional sampai nasional. Nurul Ilmi memiliki fasilitas lengkap seperti asrama, masjid, koperasi, laboratorium komputer, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, guest house (penginapan), perkantoran, gedung sekolah, ruang rapat, kantor organisasi santri, dll.