Disiplin sangat penting dalam kehidupan santri. Padatnya kegiatan menuntut pribadi santri untuk dapat mengatur atau me manage waktu dengan sangat baik.

Seyogyanya, disiplin lebih condong untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari sehingga feedback atau umpan baliknya berdampak positif dalam diri para santri.

Pembahasan kali ini adalah aturan – aturan dalam disiplin.5 Aturan ini sangat penting dalam memberi disiplin ke anak maupun santri – santri.

1. Menerapkan Peraturan
Langkah terbaik dalam menerapkan dasar disiplin adalah membuat peraturan. Dan ingat jangan hanya dibuat, tetapi diterapkan dan tidak dilanggar.

2. Bersikap Konsisten
Asatidz dan dewan guru harus bersikap konsisten dalam memberi disiplin. Sekali tidak, maka seterusnya harus tidak. Anda harus teguh pendirian, jika anda teguh dengan aturan – aturan yang telah dibuat, pada akhirnya anak akan menyadari bahwa perbuatannya salah dan memiliki konsekuensi.

3. Setiap Tindakan Mempunyai Konsekuensi
Tingkah laku yang baik mendapat imbalan dan tingkah laku yang buruk mendapat hukuman. Carilah konsekuensi yang memberi pengaruh besar terhadap santri.

4.Miliki Empati
Sering dengar tentang keputusan dan kebijakan? nah, empati ini adalah kata lain dari kebijakan. Tunjukkan kepada mereka bahwa anda paham perasaannya. Kemudian, luangkan waktu untuk mengerti dan mendengar.

5. Jika taat, beri pujian
Bentuk disiplin yang paling kuat adalah memberikan pujian terhadap perilaku baik yang telah mereka lakukan. Dengan begitu, mereka akan senang dan terus melakukan hal baik.

(Adm Dn 9 Raihanah)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang adalah Pondok Pesantren khusus putri pertama di Tangerang Selatan. Berlokasi di daerah Pamulang, Pesantren ini sangat strategis dan mudah dijangkau dari mana saja. Pondok Pesantren putri ini menyelenggarakan pendidikan Islam berasrama pada tingkat MTS (Tsanawiyah) dan Aliyah (MA). Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah merupakan lembaga pendidikan Islam terpadu, menggunakan sistem pendidikan berkualitas yang sudah diakui dunia. Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah menyiapkan kader agama Islam dengan sistem Pondok Modern Gontor Ponorogo. Membentuk karakter santri dengan pengetahuan agama Islam, kemampuan dakwah serta keterampilan hidup (life skills). Santri dididik shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), dan beragam kegiatan menarik seperti percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Al-Hasanah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olah raga, auditorium, sekolah, dan lain-lain.