4 Cara Mengobati Rasa Rindu Kepada Orangtua Yang Sudah Wafat.

Bagaimana caranya???

bagaimana caranya
bagaimana caranya
- Advertisement-

Memiliki salah satu orang diantara keluarga kita yang sudah wafat, itu adalah suatu kesedihan paling dalam yang datang pada diri kita.

Kalian yang memiliki orangtua yang sudah wafat, pasti sewaktu-waktu dapat merasakan rasa rindu kepada orangtua, rindu perhatiannya, kata-katanya, kasih sayangnya, dan lain sebagainya.

Namun apalah kita boleh buat semua itu tidak akan kembali lagi, karena azal yang memisahkan kita dengan orang yang kita sayang.

Orang yang sudah wafat bisa melihat kita, hanya kita saja yang tidak bisa melihatnya, karena kita sudah berbeda alam dalam artian sudah meninggal atau wafat.

Wafat, apa itu wafat ???

Meninggal dunia
Meninggal dunia

wafat adalah seseorang yang sudah dikehendaki oleh Allah Swt..  bahwa sudah tiba azalnya dan pulang kembali kepangkuan ilahi rabbi.

Kita sebagai manusia tidak dapat menghindari yang namanya azal atau kematian. Kematian itu misteri kita tidak tau kapan kematian itu datang menjemput kita.

Kematian bisa datang kapanpun, dimanapun, dan kepada siapapun. Di setiap detiknya azal selalu mengikuti kita, maka dari itu kita tidak bisa lari kemana-kemana untuk menghindari dari azal atau kematian.

Lalu, Bagaimana Cara Mengobati Rasa Rindu Kepada Orangtua Yang Sudah Wafat ???

Ada 4 cara yang harus kamu lakukan agar rasa rindu kamu terhadap orangtua mu yang sudah wafat itu terobati. Diantaranya sebagai berikut

Pertama, Dengan Do’a

4 Cara Mengobati Rasa Rindu Kepada Orangtua Yang Sudah Wafat
4 Cara Mengobati Rasa Rindu Kepada Orangtua Yang Sudah Wafat

Orangtua kita yang sudah wafat atau siapapun yang sudah wafat, mereka tidaklah bisa berbuat apa-apa, mereka hanya tidur terbujurkaku di alam kubur.

Maka dari itu kita sebagai anak yang shalih dan shaliha alangkah baiknya untuk selalu mengirimkan do’a kepada orangtua kita yang sudah wafat.

Bagaimana Do’anya :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لها وَارْحَمْها وَعَافِها وَاعْفُ عَنْها وَأَكْرِمْ نُزُلَها وَوَسِّعْ مُدْخَلَها وَاغْسِلْها بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّها مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْها دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِها وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِها وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِها وَأَدْخِلْها الْجَنَّةَ وَأَعِذْها مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

“Allahummaghfir lahaa warhamhaa wa ‘asfihaa wa fu’anhaa wakrim nudzulahaa wawasi’ mudholahaa wagsilhaa bilmaai watsalji wal barodi wanaqqohaa min khotooyaa kamaa naqoitats tsaubal abyado minad danasi wabdilhaa  daarol khoiron min daarihaa eaahlan khoiron min ahlihaa  wajaudzan khoiron nin jaudzihaa  waadhilnaj jannata wa a’idzhaa min adzaabil qobrii au min adzabin naar”
ِ
“Ya Allah! Ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), pasangan yang lebih baik daripada pasangannya (di dunia), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

Dengan mengirimkan do’a kepada orangtua kita yang sudah wafat itu merupakan salah satu cara untuk mengobati rasa rindu kita kepadanya, dan semoga orangtua kita dapat merakan do’a yang sudah dikirimkan. Aamiin.

Kedua, dengan Tahlil

Selain dengan do’a kita pun dapat mengobati rasa rindu kita kepada orangtua dengan cara bertahlil. Tahlil dapat dilakukan dengan sendiri ataupun berjamaah.

Bagaimana bacaan tahlil tersebut ?

Inilah bacaan tahlilnya :

لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ 

Kalimat tersebut dibaca berkali-kali dan sebanyak-banyaknya, agar hati kita merasa lebih tenang, tidak gelisah karena sedang rindu kepada orangtua kita yang sudah wafat.

Ketiga, Membaca Qur’an Yasin

4 Cara Mengobati Rasa Rindu Kepada Orangtua Yang Sudah Wafat
4 Cara Mengobati Rasa Rindu Kepada Orangtua Yang Sudah Wafat

Cara ini sangat sering sekali dilakukan oleh kita para kaum muslimin pada saat ada orang yang meninggal, pada saat 3 hariannya, 7 hariannya, 40 hariannya, 100 hariannya, haulannya,

dan pada setiap malam jum’at biasanya banyak majlis-majlis ta’lim atau pesantren yang mengadakan pengajian malam jum’at, salah satunya dengan membaca qur’an surat yasin.

Bagi kita yang ingin mengobati rasa rindu kepada orangtua, kita dapat mengikutinya, atau bisa kita lakukan dirumah sendiri.

Keempat, Ziarah

4 Cara Mengobati Rasa Rindu Kepada Orangtua Yang Sudah Wafat
4 Cara Mengobati Rasa Rindu Kepada Orangtua Yang Sudah Wafat

Cara yang paling jitu dalam mengobati rasa rindu kita kepada orangtua kita yang sudah wafat, yaitu dengan mendatangkan kuburannya kemudian duduk tepat samping kuburannya lalu berdo’a baca tahlil tahmid menghususkan untuk orangtua kita yang sudah wafat.

Biasanya, kebanyakan orang mendatangi makam orang-orang yang sudah meninggal itu pada waktu hari raya iedul fitri.

Padahal lebih bagusnya seminggu sekali pada setiap hari jum’at kita datang ke makam orangtua kita untuk mendo’akan, membacakan kalimat kalimat tahlil tahmid, dan membacakan ayat-ayat suci al-qur’an surat yasin.

Dengan lebih seringnya kita mengunjungi kuburan orangtua kita yang sudah wafat, maka orangtua kita inshaa Allah akan merasakan senang, karena memiliki anak yang shalih dan shalihah, anak yang mau mendo’akan orangtuanya.

Karena sebagaimana ada tiga amalan yang tidak akan terputus bagi orang yang meniggal, yang diantaranya itu adalah ilmu yang bermanfaat, anak yang shalih dan shaliha, dan sedekah jariyah. Sebagaimana tertera dalam hadist Nabi :

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Allah telah menentukan dan menghendaki kapan dan dimana kita akan wafat. Semua itu sudah menjadi ketentuan dan kehendak Allah Swt..

kita tidaklah bisa berbuat apa-apa. Kita hanya bisa pasrah dengan terus berdo’a dan beribadah kepada Allah Swt.. menggapai ridhonya agar kita senantiasa mati dalam keadaan khusnul khatimah.

Semoga 4 cara ini bermanfaat bagi kalian yang selalu rindu kepada orangtua kalian yang sudah wafat. (DN4/SipaNP)

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini