Apr 192008
 
Acheff
[email protected]

Pertanyaan :
Assalamu'alaikum
Ust/ah, kenapa anak2 apabila dirumah nilai2 ibadahnya hilang semua tanpa bekas, sholat selalu di akhir waktu, busana tdk pernah diperhatikan sbg akhwat, malasnya semakin jadi. bgmana dg penanaman aqidah/akhlak anak2 di pesantren ?

Jawaban :
Ass, Bapak yang terhormat terima kasih atas pertanyaan bapak. Pendidikan santri di pesantren seperti shalat berjamaah, berpakaian dan sebagainya memang memakai sistem kewajiban dan semua aktivitas mereka di awasi oleh berbagai bagian pesantren. Dilain pihak para ustadz dan ustadzah memberikan pengertian secara teoritis tentang semua kewajiban di atas.
Namun perlu juga di perhatikan, ketika mereka pulang ke rumah masing – masing, mereka hidup dilingkungan yang beda sekali dengan lingkungan pesantren. tidak ada peraturan dan tidak ada para ustadz yang mereka segani ketika berada di pesantren. untuk itu peran orang tua menjadi sangat vital dimana penekanan dan kontrol atas hal – hal syar'i di atas menjadi sangat penting dan kadang harus memaksa.
ada 2 hal yang perlu di perhatikan dalam memahami para santri dalam kasus di atas :
1- bahwa usia para santri yang berkisar antara 12 – 17 tahun menjadi usia yang sangat riskan dan penuh perubahan yang sangat kontradiktif karena mereka sedang mengalami masa puber dan terkadang terkesan sangat cuek.
2 – masa ini merupakan masa pencarian jati diri, dimana mereka mencari sosok ideal yang pas yang sayangnya mereka banyak meniru dari peradaban barat yang tidak islami. untuk itu penekanan dan bimbingan orang tua sangat di perlukan,
mohon menjadi perhatian pendidikan di pesantren hanya merupakan penggodokan, sementara orang tua tetap menjadi penuntun yang abadi bagi seorang anak. maka kerja sama yang baik antara instansi pendidikan (pesantren) dan orang tua di rumah akan mengantarkan santri pada tujuan tertinggi dari pendidikan.

narasumber : Ust Sofwan Manaf  

Sorry, the comment form is closed at this time.