Dec 252008
 

{mosimage}JAKARTA/dn.com – Tanggal 22 – 24 Desember 200, Para santri kelas akhir Tarbiyatul Mu'allimin/at Al-Islamiyah (TMI) Darunnajah melaksanakan pembekalan Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM). Pembekalan PPM ini diselenggarakan berkelanjutan sejak hari Senin – Rabu, 24 – 26 Dzulhijjah 1429 H. bertempat di Aula SD Islam Darunnajah. Pembekalan ini bertujuan agar para santri mempunyai dasar-dasar pengetahuan bermasyarakat secara lebih mendalam sebelum pelaksanaan PPM tersebut. Selain itu juga untuk memberikan pengarahan atau orientasi PPM mengenai mengenai gambaran-gambaran adat istiadat dan beramah tamah dengan masyarakat yang belum pernah kita kenal.

Pembekalan bagi peserta PPM ini diisi oleh beberapa materi diantaranya adalah orientasi sosial kemasyarakatan yang disampaikan langsung oleh ka Biro Kemasyarakatan H. Mardani Djuhri, M.A yang sekaligus sebagai Penanggungjawab kegiatan. Beliau berbicara mengenai ettiquet bermasyarakat. Materi lain dalam pembekalan adalah tata cara penyampaian materi pengajaran bagi anak-anak usia dini dengan pengajaran iqro', yang dipaparkan oleh tim iqro' Darunnajah, Ust.H.Muhibbin, M.Pd, Ust Muchtar Ghozali dan Usth. Nadia, S.Ag. Selain itu dipaparkan juga materi mengenai Sumber Daya Manusia yang siap terjun ke dalam masyarakat, serta materi mengenai praktik imamah, Wirid dan tahlil, sebagai pengetahuan bagi santri. Penutupan Pembekalan oleh Drs.H. SofwanManaf, M.Si yang mengisi materi tentang Peranan Sumber Daya Manusia di Masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut panitia PPM juga memberikan pengarahan maksud, tujuan dan orientasi kegiatan PPM serta tata cara menyiapkan laporan kegiatan peserta dalam kegiatan keseharian mereka. PPM akan dilaksanakan pada tanggal 26 Desember 2008 – 8 Januari 2009 yang bertempat di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Ciamis Prov Jawa Barat. Semoga melalui pembekalan ini para santri sudah memiliki pegangan dalam pelaksanakan kegiatan PPM tersebut.

 

Sorry, the comment form is closed at this time.