Mar 312008
 
Jakarta/DN.Com K.H Masrus Amien pimpinan pondok pesantren Darunnajah memberikan wejangan dan nasehat bagi para santri ba'da shalat shubuh hari ini Senin 31 Maret 2008 di masjid jami' Darunnajah. Waktu shalat shubuh di masjid pondok pesantren Darunnajah yang biasanya diisi dengan pembacaan ayat suci al quran pagi ini di ganti dengan mendengarkan nasihat dari kyai Mahrus Amien berkenaan dengan perpulangan santri yang akan di laksanakan hari ini tepat setelah ujian selesai, dhuhur nanti.

Dalam wejangannya kyai Mahrus amien mengatakan, penting sekali bagi seorang santri untuk menjaga nama baik pribadi dan lembaga dengan selalu bertatakrama baik, menghormati orang lain dan santun dalam berbuat maupun bertutur kata.

Diantara tradisi lain yang biasa dilaksanakan, adalah pemberian pembelajaran etiket kepada para santri sebagai bekal mereka berinteraksi dengan orang tua, teman,dan masyarakat dari berbagai kalangan. pemberian pendidikan etiket ini meliputi berbagai adab dan akhlaq dari segala bidang.  Mulai hal kecil seperti bagaimana tata cara makan hingga bagaimana adab menggunakana telepon apalagi dengan budaya hand phone yang sekarang marak hampir menyentuh lapisan masyarakat dari anak – anak hingga dewasa.

Ada program yang baru dilaksanakan pada liburan kali ini. adalah kewajiban piket pondok bagi para santri kelas V pengurus OSDN. Mereka secara bergilir di wajibkan untuk menjadi bulis (penjaga) pondok yang pada dasarnya di tujukan untuk menjaga keamanan pondok selama liburan dan pada segi lain mengajarkan nilai semangat berkorban kepada mereka.

seorang santri kelas V berkomentar "yah walaupun saya merasa ini beban apalagi ini kan waktu libur namun inilah kewajiban saya jadi harus di tunaikan" tukasnya mantap.
 

Sorry, the comment form is closed at this time.