Sep 142007
 

AN-NUR DARUNNAJAH VIII CIDOKOM GUNUNG SINDUR BOGOR

Pimpinan Pesantren  : Drs.H. Sofwan Manaf, M.Si
Alamat                          : Cidokom,Gunung Sindur,Bogor
Telp./Fax.                      : +2173883665

MODIMAH 

Pada awalnya tanah Pesantren An Nur adalah milik seorang bernama M Yusuf Gayo Beliau Setelah lama memikirkan ke mana dia akan mewakafkan tanah tersebut maka ia mencari lembaga mana yang cocok untuk menerimanya, dan pada akhirnya beliau memutuskan untuk mewakafkanya kepada Darunnajah .
Sebelum beliau mewakafkan tanah tersebut terlebih dahulu beliau memberi amanat kepada warga untuk dimanfaatkan sebagai sarana untuk membina warga cidokom dan setelah itu barulah beliau mewakafkan secara tertulis di KUA kecamatan gunung sindur. Pihak Darunnajah di wakili oleh :  H. Saefuddin Arief, SH,.MH, Drs.H. Sofwan Manaf, M.Si, H. Abdul Haris Qodir, dengan Pihak H. M Yusuf Gayo dan keluarga (sebagai wakif).
Dari pertemuan tersebut disepakati diwakafkan tanah seluas 25.100 m2 ke Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami. Setelah pertemuan  tersebut Yayasan Darunnajah membuat surat pernyataan wakaf yang ditanda tangani pada tanggal 6 Maret 2004.
Untuk pengelolaan tanah wakaf tersebut pengurus Pondok Pesantren Darunnajah mengadakan rapat yang antara lain memutuskan dua orang ustadz untuk membina pesantren tersebut. Maka didirikanlah  Pesantren diatas diatas tanah tersebut. Ust. Sofwan Manaf memberikan nama Pondok Pesantren Darunnajah 8 AN NUR.

SEJARAH SINGKAT PESANTREN ANNUR
Sejarah berdirinya Pondok Pesantren An-Nur (Darunnajah 8), di dasari keinginan untuk membina ummat  memberikan pendidikan yang memadai untuk ummat islam khususnya masyarakat Desa Cidokom. Pondok Pesantren AN NUR adalah salah satu cabang pesantren Darunnajah Jakarta yang ke-8 dengan usia yang seumur jagung ini AN NUR berdiri di atas tanah wakaf seluas areal 2.5 hektar. Pondok Pesantren AN NUR didirikan pada Tanggal 5 Desember 2006 M yang tempatnya berada di perbatasan Bogor dan Tangerang tepatnya Desa Cidokom Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor, dan hingga kini pesantren AN NUR di kelola oleh Ustadz-Ustadz Alumni Darussalam Gontor dan Darunnajah 

SUSUNAN PENGURUS PESANTREN DAN KEADAAN PESERTA DIDIK
Pimpinan                             : Drs.H. Sofwan Manaf, M.Si
Guru                                   : 11 orang
Santri                                  : 120 orang

KEGIATAN PENDIDIKAN
Jenjang pendidikan yang ada di Pesantren ini, baru diniyah awaliyah dengan jumlah santri 120 santri dan Sekolah tambahan kurikulum adalah BTA (Belajar, Tulis Al-Qur’an) juga pemantapan agama dengan akhlaq sebagai benteng utamanya.
Tahun ini Pondok Pesantren Annahl mendapat pendidik-pendidik dari Pondok Modern Darussalam Gontor, mereka semua mengabdikan dirinya di pondok untuk belajar di Masyarakat. Alhamdulillah pula pondok pesantren ini telah mengadakan beberapa kegiatan baik di dalam maupun di luar pondok sendiri. Jenjang yang akan dibuka Juli 2008; Diniyah Awaliyah, SMP, SMK berasrama dan pulang pergi.

KEGIATAN SANTRI
Adapun keiatan Santri terdiri dari sekolah tambahan dan mengaji Al-qur’an. Kegiatan Sekolah Pagi di adakan untuk anak-anak putus sekolah yang mau untuk mengenbangkan dirinya dengan memperdalam keilmuan tentang agama islam, bahasa arab dan inggris serta pengetahuan umum lainya berdasarkan kurikulum SMP
Seluruh santri TPA mulai belajar mengaji (belajar baca tulis Al-qur’an dan materi agama) pada pukul 18.00 WIB kegiatan tersebut diawali dengan membaca doa bersama, dan dalam belajar tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu:

Kelompok Pertama: IQRA (khusus anak-anak yang belum bisa baca tulis Al-Qur’an).
Kelompok Kedua : Al-Qur’an ( untuk anak-anak yang sudah bisa membaca Al-Qur’an dan menulis Arab dan latin).
         
Adapun materi yang disampaikan kepada santri tidak hanya belajar Al-Qur’an saja tetapi juga teori dan praktek, seperti praktek shalat, adzan, wudhu, serta hafalan doa-doa pilihan. Poin yang paling penting adalah penanaman aqidah dan akhlak kepada santri.
Proses kegaiatan belajar ini berlangsung sampai pukul 20:00 WIB. kemudian melaksanakan shalat berjamaah, setelah itu anak-anak pulang. Rutinitas ini berjalan kegiatan belajar tersebut dilaksanakan Setiap hari

KEADAAN BANGUNAN
Areal bangunan yang sudah ada terdiri atas :
1.Gedung Putih (kamar guru-guru)
2.Gedung Kelas 1 lokal
3.Kamar mandi santri 2 lokal

4. Masjid dari Qatar

5. Aula

6. 12 ruang kelas dan asrama dari Bapak Yusuf Kalla

 

KEGIATAN KEMASYARAKATAN
1.Pemotongan Hewan Qurban

Pada Idul Adha tahun ini di PonPes An nur Mengadakan pemotongan hewan kurban dengan bantuan dari SDI Darunnajah dari dana yang terkumpul SDI Darunnajah dengan bantuan dari murid dan wali murid  1 ekor sapi dan 5 ekor kambing tahun ini menjadi kurban untuk mengikuti sunnah rasul

2.Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM)

Sudah menjadi kewajiban santri Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta yang akan terjun ke masyarakat untuk mengikuti Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) guna melatih mereka agar tidak canggung ketika terjun ke masyarakat nanti. Pondok Pesantren An-Nur tahun ini di percaya untuk membina 1 kelompok peserta PPM yang mana 1 kelompok tersebut di sebar di sekitar Pondok. Pesantren An-Nur untuk pengabdian santri ke masyarakat yaitu dengan mengisi kegiatan yang ada dalam masyarakat misalnya dengan memberikan cermah di majlis ta’lim, mengajar iqra dan al qur’an serta membantu mengajar di sekolah-sekolah sekitar kampung.

3.Perkemahan Kamis &Jum’at Santri putri
Perkemahan yang diadakan untuk santri putri ini adalah acara rutin Pesantren Darunnajah 1 Ulujami Jakarta yang pada kali ini di adakan di Pesantren An Nur Darunnajah 8. Santri diajarkan bagaimana hidup di alam terbuka dan sebagai pengalaman santri.

FAKTOR PENDUKUNG
1.Memiliki lahan seluas 2,5 ha.
2.Lokasi hanya berjarak 1 jam perjalanan dari Jakarta

 

 

Sorry, the comment form is closed at this time.