Apr 252007
 

PONDOK PESANTREN  DARUNNAJAH 5 ANNAHL

Pimpinan Pesantren      : Muhammad Shodiq
Alamat                              : Ciseureuh, Tanjungan, Cikeusik, Pandeglang, Banten
Telp./Fax.                          : 081318063699, 081384777382

{mosimage}MUQODIMAH
Pada awalnya tanah yang sekarang di bangun Pondok Pesantren Annahl adalah milik H. Syarifudin beliau adalah wali murid sekolah Al-Azhar kebayoran Baru yang mana ke-enam anaknya sekolah di tempat tersebut.
Niat semula H. Syarifudin beserta keluarga ingin mewakafkan tanah tersebut ke-Al-Azhar  namun dengan pertimbangan tertentu pihak Al-Azhar mensarankan tanah tersebut untuk di wakafkan ke pondok Pesantren Darunnajah. Kemudian pihak Al-Azhar mempertemukan pihak Darunnajah yang di wakili oleh:  H. Saefuddin Arief, SH,.MH, Drs. Baharudin Moyansyah, H Abdul Haris Qodir, dengan Pihak H. Syarifudin yang bertempat di toko buku Anggrek Mayestik (toko buku milik H. Syarifuddin).
Dari pertemuan tersebut disepakati bahwa tanah yang luasnya 1700 m2 di wakafkan ke Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami. Setelah pertemuan  tersebut Yayasan Pondok Pesantren Darunnajah membuat surat peryataan wakaf yang ditanda tangani pada tanggal 6 Maret 2004.
Untuk pengelolaan tanah wakaf tersebut Yayasan Darunnajah mengadakan rapat yang antara lain memutuskan bahwa Drs. KH. Mad’Rodja Sukarta untuk mendirikan Pesantren diatas diatas tanah tersebut. Untuk pengelolaan tanah wakaf tersebut Yayasan memberikan jangka 10 tahun. Setelah menindak lanjuti keputusan Yayasan beliau melaksanakan untuk kegiatan pesantren pada Januari 2004.

SEJARAH SINGKAT PESANTREN ANNAHL

Sejarah berdirinya Pondok Pesantren cabang Darunnajah ke 5 yang diberi nama oleh Ust. Drs.H.Sofwan Manaf adalah Annahl, diawali dari munculnya ide-ide besar berupa keinginan untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan Islam yang standar dan berkualitas, dari segi kualifikasi mutu alumni, serta pelayanan dan manajemen pengelolaannya. Pondok Pesantren Annahl dirintis oleh Drs.K.H. Mad Rodja Sukarta, beliau mengutus  dua asatidz yaitu M. Shodiq dan M. Fauzan untuk mukim di atas tanah wakaf tersebut
Pondok pesantren Annahl adalah salah satu cabang pesantren Darunnajah Jakarta yang ke-5 dengan luas areal 2 hektar. Pondok Pesantren Annahl didirikan pada bulan 18 Juli 2004 yang tempatnya berada di ujung Barat pulau Jawa, tepatnya di Kampung Ciseureuh Desa Tanjungan Kecamatan Cikeusik Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten., dan semenjak berdirinya hingga saat ini Pondok Pesantren Annahl dilimpahkan pengelolaanya kepada Pondok Pesantren Darul Muttaqin Parung Bogor.

Susunan Pengurus Pesantren dan Keadaan Peserta Didik

  1. Pengasuh    : Drs.K.H. Mad Rodja Sukarta
  2. Pimpinan      : Muhammad Shodiq
  3. Sekretaris    : Tb. Rusli
  4. Bendahara   : Muhammad Fauzan
  5. Guru             : 7 orang
  6. Santri            : 80 orang

{mosimage}KEGIATAN PENDIDIKAN
Jenjang pendidikan yang ada di Pesantren ini, baru diniyah awaliyah dengan jumlah santri 80 santri dan kurikulum adalah BTQ (Baca, Tulis Al-Qur’an) juga pemantapan agama dengan akhlaq sebagai benteng utamanya.
Tahun ini Pondok Pesantren Annahl mendapat pendidik-pendidik dari Pondok Modern Darussalam Gontor, mereka semua mengabdikan dirinya di pondok untuk belajar di Masyarakat. Alhamdulilah pula pondok pesantren ini telah mengadakan beberapa kegiatan baik di dalam maupun di luar pondok sendiri.

KEGIATAN SANTRI
Seluruh santri mulai belajar mengaji (belajar baca tulis Al-Qur’an dan materi agama) pada pukul 14.00 WIB kegiatan tersebut diawali dengan membaca doa bersama, dan dalam belajar tersebut dibagi menjadi tiga kelompok yaitu:
Kelompok Pertama: dibawah umur 10 tahun (khusus anak-anak yang belum bisa baca tulis Al-Qur’an).
Kelompok Kedua dan ketiga: untuk anak-anak usia 10 ke-atas ( untuk anak-anak yang sudah bisa membaca Al-Qur’an dan menulis Arab dan latin). Adapun materi yang disampaikan kepada santri tidak hanya belajar Al-Qur’an saja tetapi juga teori dan praktek, seperti praktek shalat, adzan, wudhu, serta hafalan doa-doa pilihan. Poin yang paling penting adalah penanaman aqidah dan akhlak kepada santri.
Proses kegaiatan belajar ini berlangsung sampai pukul 15.30 WIB. kemudian melaksanakan shalat berjamaah, setelah itu anak-anak pulang. Rutinitas ini berjalan kegiatan belajar tersebut dilaksanakan dari hari sabtu sampai kamis dan untuk hari jumat libur.

{mosimage}KEADAAN BANGUNAN
Areal bangunan yang sudah ada terdiri atas dua lokal, diantaranya gedung untuk perumahan guru dan gedung untuk kegiatan majlis ta’lim dan kegiatan bimbingan untuk santri. Akhir bulan Desember 2006 Pondok Pesantren Annahl akan mendirikan masjid jami dengan ukuran 15x17m2. dan rencana selanjutnya akan dibangun juga tiga lokal kelas dan tiga lokal asrama yang selanjutnya digunakan untuk santri yang mukim di Pondok Pesantren Annahl.

 

 

 

 

{mosimage}KEGIATAN KEMASYARAKATAN
Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM)
Sudah menjadi kewajiban santri Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta yang akan terjun ke masyarakat untuk mengikuti Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) guna melatih mereka agar tidak canggung ketika terjun ke masyarakat nanti. Pondok Pesantren Annahl tahun ini mendapatkan kiriman 1 kelompok peserta PPM yang mana 1 kelompok tersebut dipecah menjadi dua yang disebarkan ke dua kampung di sekitar Pondok. Pesantren Annahl untuk pengabdian santri ke masyarakat yaitu dengan mengisi kegiatan yang ada dalam masyarakat misalnya dengan memberikan cermah di majlis ta’lim, serta membantu mengajar di sekolah-sekolah sekitar kampung.

 

 

 

 

{mosimage}Pembangunan Masjid
Alhamdulillah, Akhir tahun 2006 Pondok Pesantren Annahl Darunnajah V akan membangun Masjid yang akan menjadi pusat aktivitas santri, guru-guru dan masyarakat. Karena Selama ini, para santri belajar di rumah tempat tinggal guru, begitu juga dengan pengajian masyarakat seminggu sekali. Dengan kehadiran masjid, maka pendidikan para santri dan masyarakat dengan aktivitasnya lebih nyaman dan luas.

 

 

FAKTOR PENDUKUNG
1.    Memiliki lahan luas 2 ha.
2.    Akses menuju lokasi lahan bisa dijangkau dengan mobil
3.    Lokasi pesantren dekat dengan kawasan  wisata pantai
4.    Persediaan air yang memadai
5.    Akses ke pasar dekat
6.    Peralatan komunikasi sudah ada (telepon)
7.    Alat transportasi: motor dan mobil adaBahan-bahan bangunan tersedia

KEGIATAN USAHA
1.    Perkebunan kelapa
2.    Perkebunan jengjeng (Abasia)
3.    Peternakan ayam kampung
4.    Pertanian (padi, sayur-sayuran)

Sorry, the comment form is closed at this time.