Salah satu faktoryang mendorong seseorang untuk meraih kesuksesan adalah adanya rasa percaya diri yang tertanam pada diri seseorang tersebut. Sifat percaya diri dapat dapat kita miliki melakukan dan membiasakan diri dengan sikap-sikap berikut :

  1. TersenyumTersenyum adalah salah satu cara yang efektif dilakukan apabila anda merasa gugup dan tidak percaya diri. Anda tidak hanya tersenyum dalam keadaan senang dan percaya diri, sebaliknya dengan tersenyum anda dapat menjadi lebih baik, tersenyum sangat berhubungan dengan perasaan positif sehingga sangat tidak mungkin jika anda tersenyum dalam keadaan yang kurang baik.

Tersenyumbukan hanya sekedar menugngkapan ekspresi pada wajah, teapi senyum melepaskan hormon Endorphin yang dapat mengalirkan dan memperlancar aliran darah menuju wajah yang pastinya membuat keadaan menjadi lebih baik dan tentu akan meningkatkan kepercayaan diri.

  1. Tatap Mata Lawan Bicara

Mencari teman baru agar tidak merasa kosong

Sama halnya dengan tersenyum, tatapan wajah kepada lawan bicara atau orang yang berada dalam ruangan juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Dan berikan senyuman kepada lawan bicara anda kemudian pastikan senyuman anda di balas olehnya, karena dengan senyuman yang diberikan orang lain kepada anda dapat menumbuhkan rasa percaya diri dalam waktu singkat.

Sama seperti senyuman, kntak mata juga menunjukan kepecayaan diri seseorang, karena jika anda memalingkan pandangan dari lawan bicara dengan melihat sepetu atau meja, maka hal itu akan menimbulkan rasa gugup dan ragu-ragu.

  1. Ubahlah Suara Dalam Diri Anda

Jangan biarkan Pembaca web merasa bosan

Terkadang manusia memiliki suara dalam dirinya yang cenderung mengarah kepada hal-hal bersifat negatif seperti saya bodoh, tidak bisa, jelek, pendiam dll. Merubah suara dalam diri sendiri merupakan sebuah kunci untuk meraih kepercayaan diri dalam diri anda. Buatlah suara dalam diri anda menjadi teman pendorong anda yang paling mengenal diri serta bakat anda untuk merih sebuah cita-cita.

  1. Lupakan Standar Yang Orang Lain Katakan

         Setiap orang memiliki nilai dan pandangan masing-masing terhadap yang mereka lihat, oleh karenanya anda tidak dapat membuat semua orang senang dengan apa yang anda lakukan, Jikalau orang lain mengatakan anda gendut, pelit, kasar dll. Bertahanlah dengan standar yang anda miliki bukan pada standar yang dimilki orang lain. Inagtlah standar-standar yang ada pada masyarakat umumnya berbeda, anda tidak harus menerima standar-standar tersebut hanya karena orang lain menerimanya.

  1. Tampil Dengan Serapih Mungkin

 Meskipun anda hanya memiliki eaktu dan fasilitas seadanya, pergilah ke kamar mandi, cucilah muka anda, luruskan kerah anda, pastikan tidak ada makanan sedikitpun yang tersisa pada gigi anda. Semua hal ini dapat memperlihatkan perbedaan antara rasa percaya diri dan rasa takut dengan penampilan.

”Sempurnakan penampilan fisik anda; sudah merupakan fakta bahwa penampilan seseorang memainkan peranan penting dalam membangun rasa percaya diri. Meskipun kita tahu apa yang kita miliki dalam diri kitalah yang penting, penampilan fisik anda menentukan impresi orang terhadap diri anda.” (Building Blocks to Self-Confidence, Complete Wellbeing).

  1. Berdoa Sejenak     

Berdoalah setelah mendengarkan Adzan

  Jika anda percaya kepada Allah yang maha kuasa, Mengucapkan doa juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, Hal ini dapat membantu anda untuk mundur sesaat dari cepatnya perubahan situasi dan mencari bantuan dari Allah yang naha kuasa.

  1. Reka Ulang

   Jikalau ada hal yang terjadi diluar dugaan anda, Hal ini cukup mudah menggoyahkan kepercayaan diri anda. Mungkin anda terlambat datang karena macet, atau seseorang yang ingin anda ajak bicara memberi tanggapan dingin.

Cobalah “mereka Ulang” situasi tersebut dan tempatkan paa hal yang positif, sering kali kejadia-kejadian tersebut terjadi karen kurang perhitungan.

  1. Tentukan Langkah Anda Selanjutnya

Jika anda tidak yakin dengan apa yang harus anda lakukan, temukan satu langkah sederhana yang bisa membantu anda untuk terus maju. Hal ini mungkin saja bisa dilakukan dengan melakukan kontak mata pada seseorang, memperkenalkan diri anda pada orang yang belum dikenal, memecahkan keheningan dalam sebuah pertemuan, atau menanyakan orang yang mewawancarai anda untuk menunjukkan pengetahuan anda terhadap sesuatu yang mereka miliki.

  1. Bicara Dengan Perlahan

      Sebuah cara sederhana untuk memebuat anda merasa lebih baij adalah dengan bicara perlahan, jika anda bicara terlalu cepat maka anda akan merasa tidak nyaman dan sadar bahwa anda bicara terlalu cepat. Dengan bicara secara perlahan anda dapat memikirkan apa yang akan anda katakan selanjutnya.

Berbicara perlahan menunjukkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang yang merasa tidak layak didengarkan akan berbicara dengan cepat, karena ia tidak mau membuat orang lain menunggu hal-hal yang tidak layak didengarkan.

  1. Ikut Berpatisipasi
meningkatkan komunikasi adalah manfaat bertanya
meningkatkan komunikasi adalah manfaat bertanya

Pernahkah anda hanya bisa terdiam dalam sebuah pertemuan, atau ketika makan bersama teman-teman anda hanya dapat menatap kosong gelas yang ada di depan anda? Kemungkinan yang ter jadi pada diri anda adlah anda kurang percaya diri pada diri anda sendiri dan bisa jadi anda merasa lebih tidak enak setelah kejadian tersebut. Apapun situasinya ikutlah berpartisipasi dalam segala hal, meskipun tidak terlalu banyak dan penting dengan yang apa akan anda katakan, karena pandangan dan penilaian anda sangat berharga bagi orang di sekitar anda.

Dengan mencoba untuk berbicara setidaknya satu kali dalam setiap diskusi kelompok, anda akan menjadi pembicara yang lebih baik, lebih percaya diri mengutarakan pikiran anda, dan dikenal sebagai seorang pemimpin oleh rekan-rekan anda.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini