10 Tips Cara Belajar Efektif Untuk Menghadapi Ujian

Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian
Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian

Agar siswa dapat melaksanakaan ujian dengan baik, ada beberapa hal yang harus di lakukan. Hal tersebut meliputi cara belajar, bagaimana mengantisipasi soal ujian dan beberapa tips yang dapat diikuti untuk menghadapi ujian.

  1. Berdoa

Perlakuan sombong yang beranggapan bahwa keberhasilan kita semata-mata usaha dan kerja keras kita sendiri tanpa meminta kepada sang Pencipta. Untuk itu dengan segala kerendahan diri dan hati di hadapan-Nya, kita panjatkan doa agar diberi kelulusan, kesehatan, kemudahan alam menghadapi ujian nanti.

2. Hadapilah ujian dengan tenag

Hadapilah ujian ini dengan sikap yang tenang  bahwa ujian sebagai sesuatu yang harus dihadapi dan dilalui. Jika sikap kita tenang akan memungkinkan kita menyusun rencana, memetukan strategi dan menjalaninya dengan senang.

3. Bersikaplah proaktif

Proaktif adalah suatu sikap yang beranggapan bahwa kita sendirilah yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam hidup ini, termasuk dalam menghadapi ujian. Yakinlah bahwa kerja keras dan usha keras yang kita lakukan akan membuahkan hasil yang baik.

4. Perbanyaklah baca dan latihan soal

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh lembaga bimbingan belajar adalah para siswa banyak berlatih memecahkan soal-soal ujian dengan cepat. Dengan sering kita berlatih maka kita akan terbiasa dan terlatih, sehingga tidak cemas atau gerogi dalam menghadapi soal ujian.

5. Belajar kelompok

Belajar kelompok merupakan salah satu cara yang dapat dipakai para siswa untuk berbagi dengan teman yang lain dalam memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi belajar dan prestasi

Belajar kelompok merupakan salah satu yang dapat dipakai para siswa untuk berbagi dengan teman lainnya dalam memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi belajar dan prestasi

6. Belajar – Pasca Belajar

Beberapa hal yang dapat dilakukan selama belajar maupun setelah belajar, diantaranya adalah:

  • Review catatan setelah selesai sekolah
  • Review catatan dengan singkat sebelum masuk sekolah
  • Atur catatan, teks sesuai dengan gaya belajar kita sehingga mudah untuk mempelajarinya.
  • Perkirakan waktu yang dibutuhkan unutuk melakukan review secara keseluruhan sebelum pelaksanaan ujian, jika perlu buatlah schedule kapan dan dimana akan melakukan review.
  • Cobalah untik menguji kemampuan diri sendiri terhadap materi tersebut
  • Selesaikan belajar sehari sebelum ujian dimulai

7. Mengantisipasi Soal Ujian

Sebelum ujian dilaksanakan, siswa dapat mengantisipasi , kira-kira soal seperti apa yang akan keluar dan bagaimana menghadapi atau menjawabnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan.

  • Perhatikan setiap pedoman belajar yang diberikan oleh guru pada awal pembelajaran.
  • Tanyakan pada guru apa yang perlu diantisipasi dalam ujian
  • Pada saat belajar, perhatikan degan lebih seksama poin-poin yang diangkat oleh guru dan tandai jika materi tersebut terdapat dalam buku.
  • Jika ada, pelajari soal-soal ujian sebelumnya. Biasanya soal ujian tidak jauh berbeda dengan soal tahun sebelumnya.

8. Mohon doa restu dari orang tua

Mohon doa restulah pada orang tua agar kita diberi kemudahan dan kelancaran. Kedua orang tua kita akan dengan senang mendoakan putra-putrinya yang sedang berjuang menghadapi  ujian.

9. Rajin Bertanya

Rajin-rajinlah bertanya, karena dengan bertanya kita dapat mengetahui apa yang sebelumnya tidak kita ketahui. Jika ada kata/kalimat yang tidak kita ketahui di dalam buku yang kita pelajari, maka sangat dianjurkan untuk bertanya pada ahlinya, baik itu guru, orang tua, maupun kerabat kita.

10. Memotivasi Diri

Motivasilah diri kita sedini mungkin untuk belajar, karena dengan adanya motivasi dapat meningkatkan keinginan untuk selalu dan terus belajar. Salah satu cara memotivasi diri adalah dengan membuat beberapa afirmasi, seperti “Kalau dia bisa, kenapa aku nggak bisa?”.

Tips saat ujian

Tips Menghadapi Ujian

Saat pelaksanaan ujian, siswa dapat mengikuti beberapa tips berikut ini.

  • Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal

saat akan mengikuti ujian, uahakan Anda sudah benar-benar siap lahir batin. Perlengkapan ujian harus sudah Anda siapkan sehari sebelum pelaksanaan ujian. Jangan lupa membawa semua alat tulis yang di butuhkan.

  • Tenang dan percaya diri

Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah siap dan akan mengerjakan ujian dengan baik.

  • Bersantai tetapi tetap waspada.

Pastikan Anda mendapatkan tempat yang cukup baik dan nyaman untuk mengerjakan soal-soal ujian. Pertahankan posisi duduk tegak.

  • Preview soal-soal ujian dulu(terutama untuk soal uraian atau yang memiliki waktu yang cukup banyak)

Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan pusatkan beberapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, barun soal yang tersulit.

  • Jawablah soal-soal ujian secara strategis.

Anda dapat memulai dengan menjawab pertanyaan mudah terlebih dahulu, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya dikerjakan antra ain: soal paling sulit, yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya dan memiliki nilai terkecil.

  • Ketika mengerjakan soal ujian esai/uraian, pikirkan terlebih dahulu jawabannya sebelum menulis.

Buat kerangka jawaban singkat untuk esai/uraian dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin ditulis. Setelah itu jabarkan ide-ide sesuai dengan pertanyaan. Jangan menuliskan jawaban panjang lebar tanpa memperhatikan pertanyaan atau apa yang diminta dari penrtanyaan tersebut. Jawablah dengan singkat namun jelas dan tepat.

  • Sisihkan 10% waktu ujian untuk memeriksa ulang jawaban yang telah Anda kerjakan.

Periksa jawaban secara teliti, hindari keinginan kita untuk segera meninggalkan ruang ujian. Periksa sekali lagi dan yakinkan bahwa Anda telah menjawab semua pertanyaan. Baca ulang setiap jawaban untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca.

  • Analisa hasil ujianmu.

Setiap ujian dapat membantu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang paling sesuai untuk diri sendiri dan hanya diri sendiri lah yang menegtahuinya.

 

 

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

TK Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan anak usia dini antara usia 3-6 tahun. TK Islam Darunnajah berlokasi di area Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta Selatan. Kami menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai aspek pengembangan diantara aspek Bahasa, Kognitif, Motorik, Kreativitas, Sosial emosional dan Moral agama. Kami menyadari bahwa aspek-aspek ini sangatlah penting bagi perkembangan anak usia dini dalam menyiapkan diri menuju tingkat Pendidikan sekolah dasar dan jenjang berikutnya.

TK Islam Darunnajah memiliki empat ekstrakurikuler yaitu menari, melukis, futsal dan jarimatika. Kegiatan mingguan di TK Islam Darunnajah meliputi senam pagi, kunjungan ke perpustakaan dan belajar komputer. Kegiatan bulanan yaitu renang dan makan sehat. Serta Kegiatan tahunan yaitu field trip, outbound, manasik haji, peringatan hari besar Islam dan nasional, pentas seni dan wisuda.

TK Islam Darunnajah ingin mewujudkan TK yang berbasis Islam, peserta didik dibekali berbagai pengetahuan agama seperti mampu mempraktekan cara berwudhu dan shalat berjama’ah, menghafal doa-doa harian, menghafal surat pendek Al Quran, membaca iqro dengan lancar dan mampu menghafal Asmaul Husna.