Botol plastik bekas menjadi barang yang sering sekali kita buang karena kita anggap sudah tidak berguna lagi. Mungkin kita tidak pernah memikirkan bahwa botol pelastik ini bisa di jadikan sebagai sesuatu yang sangat berguna.

Botol plastic bekas merupakan limbah anorganik yang susah terurai dalam tanah. Dan pastinya, tidak baik kalau kita membuagnya begitu saja. Sangat baik, jika kita dapat mengolah sampah botol plastic tersebut menjadi hal yang bermanfaat dan mungkin berguna bagi orang lain.

Solusi Daur Ulang Plastik

- Advertisement-

Mendaur ulang botol plastic adalah cara bijak untuk memanfaatkan sampah anorganik menjadi sebuah barang yang memiliki nilai guna.

Ada banyak kerajinan yang bisa kita coba dengan menggunakan botol bekas. Membuat aneka kerajinan dari botol plastik, Indonesia adalah rajanya. Karyanya sangat kaya, beragam dan inovatif. ada banyak contoh yang bisa ditiru. Dan untuk mendukung program daur ulang botol plastik, Berikut ini ada 10 ide kreatif daur ulang botol plastik menjadi barang- barang yang menarik.

10 Kerajinan yang bisa kita buat dengan botol plastik

1. Mainan Anak Robot-Robotan

mengolah botol plastik menjadi robot
mengolah botol plastik menjadi robot

Sering kita menemukan botol – botol warna hijau atau biru yang tidak terpakai, kita bisa melakukan daur ulang botol plastik menjadi mainan yang yang akan di sukai oleh anak-anak .

Dengan cara sederhana menggunting dan menambahkan sedikit aksesoris seperti gambar di bawah bisa kita jadikan aneka bentuk robot, bahkan kalau ada peminatnya bisa kita jadikan bisnis juga.

Mengajarkan anak bermain dengan barang – barang sederhana seperti ini apalagi jika kita mengajarkan cara membuatnya akan sangat bermanfaat untuk mereka ke depan nya. Menambah kecerdasan dan imajinasi mereka dalam proses tumbuh kembangnya.

Baca juga, mengolah plastik bekas sampai memiliki nilai jual

2. Pot Gantung Lucu Dalam Rumah

Pot bunga dari botol plastik
Pot bunga dari botol plastik

Dengan bermodalkan bawahan botol plastik kita juga bisa daur ulang botol plastik menjadi sebuah pot gantungan yang lucu dan unik di rumah.

Dengan sedikit sentuhan warna dan gambar- gambar hasil cat hias yang lucu. Kita bisa menggambar apapun sesuai selera di samping-samping botol yang bisa menjadi pot gantungan lucu yang di gantung dalam rumah.

Pot-pot bunga seperti ini juga bagus untuk di pajang di depan halaman rumah, yang bisanya kosong. Sekarang kita bisa mengisinya dengan sesuatu yang lebih unik, lucu dan membuat halaman rumah kita lebih terlihat asri karena banyak tanaman dengan pot bunga yang menarik.

3. Game Papan Catur

Papan catur
Papan catur

Tutup botol juga bisa kita ubah menjadi bidak-bidak catur, dengan tambahan papan catur yang dibuat dari karton bekas atau kardus bekas,  dan pewarnaan sesuai selera, maka tutup botol bekas bisa jadi bahan daur ulang botol plastik yang bermanfaat.

Dengan menambahkan warna-warna di tutup botol untuk menandai bidak-bidaknya juga bisa menjadi ciri untuk menjadikannya lebih unik.

Permainan catur juga baik untuk anak dalam melatih daya ingatan, ajarkan anak bermain catur yang terbuat dari bahan ini agar mereka tahu bahwa permainan ini juga menarik untuk dimainkan anak – anak melalui bentuknya yang lucu.

4. Bunga Hias Cantik

Bunga hias
Bunga hias

Bunga-bunga hias juga bisa kita buat dari sebuah botol plastik, cara membuatnya juga cukup sederhana. Dengan menggunakan guntingan di ujung- ujung botol menjadi lancip lalu menambahkan cat warna akan mengubahnya menjadi mirip seperti bunga sungguhan.

Bunga bunga ini juga bisa menjadi teman pajangan di halaman seperti gantungan pot di halaman tadi, jadi selain tanaman hijau, kita juga bisa menaruh tanaman hias warna- warni sehingga membuat halaman kita lebih menarik untuk di pandang mata.

5. Hiasan Lampu Unik di Ruang Tamu

Lampu hias
Lampu hias

Hiasan lampu di ruang tamu menjadi lebih unik dengan menambahkan hiasan lampu unik dari daur ulang botol plastik ini, botol-botol air mineral yang biasanya kita buang coba kita ubah menjadi seperti gambar di bawah.

Ruang tamu kita akan lebih terlihat istimewa karena menambahkan hasil dari kreatifitas kita dalam memanfaatkan bahan- bahan limbah menjadi lebih memiliki nilai.

Lampu ini juga bisa di pasang di kamar, jika kamar ingin terlihat berbeda, dengan menyiapkan ujung botol plastik bekas warna biru, atau bisa sesuai warna favorit masing-masing. Tambahkan hiasan dengan membentuk seperti bunga kecil di ujung ujungnya lalu pasangkan di lampu kamar kita.

6. Kebun Vertikal di Halaman Rumah

Taman Vertikal
Taman Vertikal

Sekarang di kota sangat jarang tanah kosong untuk kita menanam lagi, dengan melakukan daur ulang botol plastik menjadi kebun vertikal yang bisa di tempel di dinding rumah, Kita bisa menanam lagi dengan cara yang cukup sederhana seperti gambar di bawah ini.

Kebun vertikal seperti ini sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat kota, selain membuat tanaman lebih banyak, hal ini juga dapat sedikit mengurangi polusi udara yang semakin lama semakin parah.

Membuat tanaman vertikal seperti ini akan lebih membuat kita proaktif terhadap lingkungan dimana kita tinggal.

7. Dompet Tahan Air

dompet tahan air
dompet tahan air

Dompet yang terbuat dari kain atau kulit sudah biasa, dompet yang kreatif tentu saja dengan memanfaatkan bahan yang tidak biasa. Membuat dompet dari bahan daur ulang pastinya memerlukan kreatifitas.

Menyulap dua bawahan botol plastik air mineral  ditambah dengan ritsleting sederhana menjadi dompet adalah hal yang memiliki nila lebih. Kreatif, sederhana, dan tahan air tentunya.

8. Tempat Pensil Yang Rapi

tempat pensil
tempat pensil

Jika kita adalah seorang yang senang menggambar, membuat pensil – pensil kita menjadi lebih rapi dan tidak berantakan tentu memerlukan tempat pensil yang banyak.

Selain memudahkan kita untuk menggambar dan memilah warna di pensil gambar kita, hal ini juga baik untuk membuat meja tempat kita menggambar lebih nyaman.

Jika tempat menggambar kita lebih nyaman tentu saja akan mendorong kreatifitas kita dalam menghasilkan gambar yang lebih bagus lagi oleh karena itu manfaatkanlah kreatifitas kita dalam daur ulang botol plastik ini.

9. Wadah Aksesori Perhiasan

tempat perhiasan
tempat perhiasan

Benda-benda kecil seperti perhiasan, sering kali kita lupa di mana menyimpan setelah dipakai, apalagi ketika sedang terburu-buru.

Menyimpannya di tempat khusus dengan memanfaatkan barang hasil daur ulang botol plastik seperti membuat wadah aksesori, bisa membantu kita untuk lebih mengetahui di mana kita harus mencari perhiasan kita.

Bagi para wanita karir yang bekerja hampir setiap hari, ada baiknya juga untuk tetap mencoba hal baru, dengan membuat wadah aksesori perhiasan yang bisa berguna juga bagi diri sendiri dan membantu memanfaatkan limbah anorganik menjadi barang yang berguna bagi diri sendiri.

10. Gantungan Kunci

Gantungan kunci dengan motif berwarna putih yang terlihat seperti kristal salju. Tentu saja daur ulang botol plastik ini menarik untuk dibuat, selain mudah juga indah di lihat.  Jika tidak suka dapat juga mengubahnya menjadi warna hijau, yang akan terlihat seperti gantungan bermotif dedaunan.

Caranya dengan membuat bagian belakang botol air mineral di gunting lalu bentuklah sisa hasil guntingan botol menjadi seperti sebuah bunga, jika di cat warna putih maka hasilnya akan menjadi seperti ini.

gantungan kunci
gantungan kunci

Sekian dari saya. Kalau bermanfaat, silahkan share, agar lebih banyak lagi yang mendapat manfaatnya.

-Iyadh Nazih-

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini